Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu Teknologi Pendidikan

8600302072

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi secara kritis, sistimatis, mendasar, integral dan mendalam tentang ontologi,epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat Teknologi Pendidikan sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu teknologi pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

Pustaka

Utama :

  1. Lone, J. M., & Burroughs, M. D. (2016). Philosophy in education: Questioning and dialogue in schools . Rowman & Littlefield.2.Noddings, N. (2018). Philosophy of education . Routledge.3.OConnor, D. J. (2016). An introduction to the philosophy of education . Routledge.4.Smeyers, P. (Ed.). (2018). International handbook of philosophy of education . Springer.5.Richard Pring. 2005. Phylosophy of Education. London: Continuum6.Dearden, R. F. (2011). The philosophy of primary education: An introduction (Vol. 11). Routledge7.Rusijono & Rusdiana, F.K. (2020). Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka8.Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia:https://staff.washington.edu/lynnhank/Popper-1.pdf .9.Kuhn, T.S. (1997). The structure of scientific revolutions (3rd ed.). Chicago, IL: University of Chicago Press.10.Ki Hadjar Dewantara (1977). Pendidikan. Persatuan Taman Siswa.11.Ki Hadjar Dewantara (1977). Kebudayaan. Persatuan Taman Siswa.12.R.A. Kartini. (2009). Habis Gelap Terbitlah Terang RA Kartini Terjemahan Armijn Pane. Jakarta: Balai Pustaka.13.Mochamad Nursalim, dkk (2024) Filsafat Ilmu, Memahami hakekat ilmu Pengetahuan dan metode Ilmiah, Nganjuk. Dewa Publishing.14.Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Educational Philosophy: Reflections On The Teacher's Personality In The Story Of The Prophet Ibrahim As In The Qur'an.Continuous Education: Journal of Science and Research 4 (3), 23- 3615.Mochamad Nursalim, dkk (2023)Membingkai ilmu dengan filsafat. Surabaya: Yayasan Giri Prapanca Loka.

Pendukung :

  1. Moser, P. K. (Ed.). (2002). The Oxford handbook of epistemology. Oxford university press.2.Suriasumantri, J. S. 2000. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan3.Rukiyati & Purwastuti. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. UNY Press4.Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based InteractiveMultimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.5.Suryanti, S., Widodo, W. and Yermiandhoko, Y. 2021. Gadget-Based Interactive Multimedia on Socio-Scientific Issues to Improve Elementary Students’Science Literacy. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). 15, 01 (Jan. 2021), pp. 56–69. DOI:https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.13675.6.Sari, D.A.P, Widodo, W., Rosdiana, L., Sari, D.P, Aulia, E.V. (2023). H5P Based Learning Media to Reinforce Pre-Service Science Teachers’ Critical ThinkingSkills: Development and Validation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10689–10697. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5452.7.Berbagai produk hukum terkait kebijakan pendidikan di Indonesia (UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, PP ttg SNPT, Peraturan terkait kurikulum8.Nursalim, Mochamad .dkk. , 2023. Implications Of The Theory Of Coherence, Correspondence And Pragmatism Of Truth For Education. EducationAchievement: Journal of Science and Research, 87- 95

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd.

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami pengertian filsafat dan filsafat ilmu

    Konstruktivis CTL
    2 X 50

    0%

    2

    Minggu ke 2

    A. Mampu memahami perbedaan ilmu dan filsafat B. Memahami manfaat belajar filsafat

      Konstruktivis CTL
      2 X 50

      0%

      3

      Minggu ke 3

      Dapat menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni Dapat menjelaskan kedudukan filsafat

        Konstruktivis CTL
        2 X 50

        0%

        4

        Minggu ke 4

        Dapat menjelaskan berbagai cara yang ditempuh manusia dalam mencari kebenaran dan karakteristik filsafat dalam mencari kebenaran

          Konstruktivis CTL
          2 X 50

          0%

          5

          Minggu ke 5

          a. Dapat menjelaskan bagian-bagian filsafat b. Dapat menjelaskan pengertian filsafat ilmu

            a. Konstruktivis a. CTL b. Ceramah Tanya jawab
            2 X 50

            0%

            6

            Minggu ke 6

            Dapat menjelaskan sumber pengetahuan menurut aliran rasionalme dan empirisme

              a. Konstruktivis b. CTL c. Ceramah Tanya jawab
              2 X 50

              0%

              7

              Minggu ke 7

              UTS


                2 X 50

                0%

                8

                Minggu ke 8

                Dapat menjelaskan struktur ilmu (definisi, descripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi .

                  a. Konstruktivis b. CTL c. Ceramah Tanya jawab
                  2 X 50

                  0%

                  9

                  Minggu ke 9

                  Dapat menjelaskan struktur ilmu (definisi, descripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi

                  ·

                  a. Konstruktivis b. CTL c. Ceramah Tanya jawab
                  2 X 50

                  0%

                  10

                  Minggu ke 10

                  Dapat menjelaskan struktur ilmu (definisi, descripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi

                    a. Konstruktivis b. CTL c. Ceramah Tanya jawab
                    2 X 50

                    0%

                    11

                    Minggu ke 11

                    Dapat menjelaskan metode ilmiah

                      a. Konstruktivis b. CTL a. Ceramah Tanya jawab
                      2 X 50

                      0%

                      12

                      Minggu ke 12

                      Dapat menjelaskan produk ilmiah, berupa: konsep, prinsip, dan teori

                        a. Konstruktivis b. CTL c. Ceramah d. Tanya jawab
                        2 X 50

                        0%

                        13

                        Minggu ke 13

                        a. Dapat menjelaskan peran bahasa dalam proses berpikir ilmiah b. Dapat menjelaskan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah. c. Dapat menjelaskan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah.

                          Diskusi dan Tanya jawab
                          2 X 50

                          0%

                          14

                          Minggu ke 14

                          a. Dapat menjelaskan peran bahasa dalam proses berpikir ilmiah b. Dapat menjelaskan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah. c. Dapat menjelaskan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah.

                            Diskusi dan Tanya jawab
                            2 X 50

                            0%

                            15

                            Minggu ke 15

                            Dapat menjelaskan hubungan antara filsafat, ilmu, teknolofi, dan kebudayaan

                              Diskusi dan Tanya jawab
                              2 X 50

                              0%

                              16

                              Minggu ke 16

                              UAS


                                2 X 50

                                0%



                                Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

                                No Evaluasi Persentase
                                0%

                                Catatan

                                1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
                                2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
                                3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                                4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                                5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
                                6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
                                7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
                                8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
                                9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
                                10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
                                11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
                                12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.