|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8620702264 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
3 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar kurikulum khususnya untuk Pendidikan Anak usia Dini
|
PO - 2 |
Memanfaatkan sumber belajar dengan memanfaatkan TIK untuk mengimplementasikan kurikulum sebagai bekal menjadi guru kelas khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini
|
PO - 3 |
Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur implementasi kurikulum PAUD yang sesuai dengan Konsep Dasar PAUD.
|
PO - 4 |
Membuat keputusan dalam merancang dan melaksanakan kurikulum PAUD yang relevan dengan perkembangan, dan karakteristik anak.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang pengelolaan /pembelajaran dan melakukan asesmen untuk anak usia dini sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD yang relevan dengan kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan professional. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning
- Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek
- Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
- Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
- Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
|
Pendukung : |
|
- Putri, A. S., & Maulidiyah, E. C. Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD |
Menyusun perangkat pemebelajaran sesuai ramburambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu-rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: konsep keterampilan kerajinan anak usia dini Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: mengenai macam-macam jenis kerajinan yang sesuai dengan karakteristik anak Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan, motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu -rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan , motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan motorik halus untuk anak berbahan dasar anak Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
- panduan kinerja dan produk hasil karya
- Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD
- panduan kinerja dan produk hasil karya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain untuk aud Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
skor |
Kriteria:
mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2 X 50 |
|
Materi: ketrampilan kerajinan untuk aud Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun. |
Kriteria:
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran berbahan dasar kain Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum |
Kriteria:
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: kegiatan dari bahan bekas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: kegiatan dari bahan bekas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes
|
|
Materi: UAS Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
5% |