|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Teknik Seni Kriya |
9020103093 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.
|
.......................................
|
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Memerinci konsep teoretis, prinsip, dan prosedur dengan menerapkan creative thinking dalam penciptaan karya seni rupa yang berbasis masalah kontekstual |
PLO-8 |
Menganalisis dan mengkaitkan historisitas, konsep ontology, epistimologi, aksiologi dalam ilmu seni rupa untuk mengolah kreativitas. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu membuat karya dua dan tiga dimensi dengan menggunakan teknik kriya logam, kriya kayu, kriya keramik dan batik.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen teknik kriya level dasar. Teknik Seni Kriya yang diajarkan meliputi keramik, logam, kayu dan Batik. Matakuliah ini ini ditujukan agar mahasiswa punya bekal tambahan yaitu teknik berkarya sebagai proses eksperimentasi. Semua kegiatan dilakukan dengan merode ceramah, praktikum, diskusi dan problem solving |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press
|
Pendukung : |
|
- Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan pembuatan karya seni dengan menggunakan teknik kriya kayu, kriya logam, kriya keramik dan batik. |
- Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam
- Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya kayu
- Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya keramik
- Mengetahui alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya batik
|
Kriteria:
- A = Jika mampu menjelaskan dengan benar dan runtut tentang alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam, kriya kayu, kriya keramik dan kriya batik.
- B = Jika mampu menjelaskan dengan benar alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam, kriya kayu, kriya keramik dan kriya batik.
- C = Jika kurang mampu menjelaskan dengan benar alat, bahan dan cara pembuatan karya kriya logam, kriya kayu, kriya keramik dan kriya batik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. ceramah, 2. diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Untuk materi tentan kriya Logam Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
4% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu membuat desain untuk berkarya seni logam dengan teknik tekan |
- mengetahui alat dan bahan pembuatan karya kriya logam dengan teknik tekan
- mampu membuat desain
|
Kriteria:
- A =Jika mahasiswa mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain tanpa perbaikan.
- A- = Jika mahasiswa mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain dengan sedikit perbaikan (20%).
- B =Jika mahasiswa kurang mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain dengan sedikit perbaikan (20%).
- B=Jika mahasiswa kurang mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain dengan perbaikan 30%.
- C =Jika mahasiswa kurang mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain dengan perbaikan 40%.
- C= Jika mahasiswa kurang mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan mampu membuat desain dengan perbaikan 50%.
- D=Jika mahasiswa kurang mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan membuat desain dengan perbaikan 51%-80%
- E=Jika mahasiswa tidak mengetahui alat dan bahan pembuatan karya logam teknik tekan dan membuat desain dengan perbaikan 81-100%.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
praktikum dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Materi tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu membuat karya seni logam dengan teknik tekan |
Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan pada tahap memindahkan desain di atas logam aluminium. |
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu memindah seluruh desain di atas logam aluminium tanpa perbaikan.
- A-= Jika mahasiswa mampu memindah seluruh desain (100%) di atas logam aluminium sedikit perbaikan (20%).
- B =Jika mahasiswa mampu memindah sebagian desain (80%) di atas logam aluminium sedikit perbaikan (20%).
- B= Jika mahasiswa mampu memindah sebagian desain (70%) di atas logam aluminium sedikit perbaikan (20%).
- B-=Jika mahasiswa mampu memindah sebagian desain (60%) di atas logam aluminium dengan perbaikan 30%.
- C = Jika mahasiswa mampu memindah sebagian desain (60%) di atas logam aluminium dengan perbaikan 40%.
- C =Jika mahasiswa mampu memindah sebagian desain (50%) di atas logam aluminium dengan perbaikan 50%.
- D =Jika mahasiswa hanya mampu memindah desain antara 20%-49%% di atas logam aluminium dengan perbaikan 70%.
- E = Jika mahasiswa tidak mengerjakan apa2. Memindah desain 0%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, demonstrasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa mampu berkarya seni logam dengan teknik tekan |
Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan pada tahap membuat bentuk cekungan pada bagian negatif logam. |
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- A-= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
- B =Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- B= Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
- B-=Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- C = Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain 10% perbaikan.
- C =Jika mahasiswa mampu membentuk 15% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- D =Jika mahasiswa hanya mampu membentuk 5% bagian cekung sesuai desain dengan perbaikan.
- E = Jika mahasiswa tidak mengerjakan apa2. Membentuk cekungan 0%.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
praktikum, demonstrasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu berkarya seni logam dengan teknik tekan |
Mampu membuat karya kriya logam teknik tekan pada tahap membuat bentuk cekungan pada bagian negatif logam. |
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- A-= Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
- B =Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- B= Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cekung sesuai desain dengan sedikit perbaikan (10%).
- B-=Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- C = Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cekung sesuai desain 10% perbaikan.
- C =Jika mahasiswa mampu membentuk 15% bagian cekung sesuai desain tanpa perbaikan.
- D =Jika mahasiswa hanya mampu membentuk 5% bagian cekung sesuai desain dengan perbaikan.
- E = Jika mahasiswa tidak mengerjakan apa2. Membentuk cekungan 0%.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, demonstrasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa mampu membuat karya seni logam teknik tekan |
mahasiwa mampu membuat karya logam teknik tekan membentuk bagian cembung pada bagian positif logam sesuai desain |
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membentuk 40% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
- A-= Jika mahasiswa mampu membentuk 30% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
- B=Jika mahasiswa mampu membentuk 20% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
- C=Jika mahasiswa mampu membentuk 10% bagian cembung sesuai desain tanpa perbaikan.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa mampu memfinishing karya seni logam teknik tekan |
mahasiwa mampu mewarnai karya logam teknik tekan |
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (80-100)
- B= Jika mahasiswa kurang mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (70- 79)
- C=Jika mahasiswa tidak mampu mewarnai karya logamnya dengan benar secara teknik dan komposisi pemilihan warna (60- 69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang finishing karya logam Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu membuat karya seni logam teknik tekan dan mempresentasikannya |
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pewarnaan logam aluminium
- mahasiwa mampu mewarnai karya logam aluminium
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (85-100)
- B= JIka mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (75-84)
- C = Jika mahasiswa tidak mampu mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara terinci (60-74)
- D =Jika mahasiswa tidak dapat mempresentasikan konsep dan pertanggungjawaban karyanya secara rinci (50-59)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, ceramah, diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Materi tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu membuat karya seni keramik |
- mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni 3 dimensi berbahan keramik
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuat karya seni berbahan keramik
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
- B = Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (70-79)
- C =Jika mahasiswa mampu membuat karya keramik 3 dimensi dengan benar (60-69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang keramik Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mampu membuat desain karya seni berbahan kayu/batik |
- mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni berbahan kayu/ batik
- mahasiwa mampu membuat desain karya seni kriya kayu/ batik
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
- B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (700-79)
- C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat desain karya keramik 3 dimensi dengan benar (60- 69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktek, deminstrasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang batik dan ukir kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu membuat karya seni berbahan kayu/batik |
- mahasiwa mampu menyebutkan teknik pembuatan seni berbahan kayu/batik
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuat seni berbahan kayu/ batik
- mahasiwa mampu membuat karya seni kayu/ batik
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
- B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
- C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
3 X 50 |
|
Materi: Tentang batik dan ukir kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mahasiswa mampu membuat karya seni batik/ kayu |
- mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan batik/ kriya kayu
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan batik/ kriya kayu
- mahasiwa mampu membuat karya batik/ kriya kayu
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
- B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
- C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum,diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang batik dan ukir kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mahasiswa mampu menerapkan glasir pada karya seni keramik |
- mahasiwa mampu menjelaskan teknik mengglasir pada karya keramik
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan dalam mengglasir keramik
- mahasiwa mampu mengglasir karya keramik yang dibuat
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (80-100)
- B =Jika mahasiswa kurang mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (70-79)
- C = Jika mahasiswa tidak mampu mengglasir karya keramik 3 dimensi dengan benar (60-69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum,diskusi dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang keramik Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mahasiswa mampu membuat karya seni batik/ kayu |
- mahasiwa mampu menyebutkan teknik pembuatan karya batik/ kriya kayu
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan karya batik/ kriya kayu
- mahasiwa mampu membuat karya batik/ kriya kayu
|
Kriteria:
- A = Jika mahasiswa mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (80-100)
- B= Jika mahasiswa kurang mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (70-79)
- C=Jika mahasiswa tidak mampu membuat karya kayu/batik dengan benar (60- 69)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktiku, diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang batik dan ukir kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu membuat karya seni batik |
- mahasiwa mampu menjelaskan teknik pembuatan karya seni berbahan kayu/ keramik/ batik
- mahasiswa mampu menyebutkan alat dan bahan pembuatan karya batik/ keramik/ kriya kayu
- mahasiwa mampu membuat karya seni batik/ keramik/ kriya kayu
|
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa menjelaskan dan mampu membuat karya seni dari media kayu/keramik/batik dengan baik.
- B=
- C=
- D=
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum, diskusi dan demonstrasi 3 X 50 |
|
Materi: materi tentang batik, keramik dan kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mahasiswa mampu membuat sebuah portofolio teknik kriya keramik, logam, kayu , batik |
mahasiswa mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif, estetik dan beresensi |
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
- B= Jika mahasiswa kurang mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
- C= Jika mahasiswa tidak mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
- D=Jika mahasiswa samasekali tidak mampu menyusun portofolio yang menarik, komunikatif tentang teknik kriya kayu, keramik dan batik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
pengumpulan project 3 X 50 |
|
Materi: Materi tentang teknik tekan Pustaka: Angge, Indah Chrysanti. 2003. Kerajinan Logam . Surabaya: Unesa University Press Materi: Tentang batik dan ukir kayu Pustaka: Angge, Indah Chrysanti , 2021, Dasar dasar Teknik Kriya, Unesa Press |
16% |