Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penanganan Cedera Olahraga

8520602055

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

3

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menyebutkan jenis-jenis cidera olahraga yang umum terjadi serta tanda dan gejalanya.

PO - 2

Menerapkan teknik pertolongan pertama pada cidera olahraga dengan menggunakan metode R.I.C.E (Rest, Ice, Compression, Elevation) dan teknik dasar lainnya.

PO - 3

Menyusun rencana rehabilitasi untuk atlet yang mengalami cidera olahraga.

PO - 4

Menggunakan alat dan metode pemulihan untuk mempercepat proses penyembuhan cidera.

PO - 5

Menyusun strategi pencegahan cidera untuk atlet berdasarkan jenis olahraga dan kondisi tubuh.

PO - 6

Mampu berkomunikasi dengan pelatih, atlet, dan tenaga medis lain dalam penanganan cidera olahraga.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-7
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Umum: Mata kuliah Penanganan Cidera Olahraga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai cara mendiagnosis, merawat, dan menangani cidera yang terjadi pada atlet selama beraktivitas fisik atau berolahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis cidera olahraga, prosedur pertolongan pertama, penggunaan teknik pemulihan dan rehabilitasi, serta pemahaman tentang pencegahan cidera. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi tenaga profesional yang siap menangani cidera olahraga dengan pendekatan yang tepat, baik dalam konteks latihan maupun kompetisi.

Pustaka

Utama :

  1. Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
  2. Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
  3. Brukner, P., & Khan, K. (2012). Clinical Sports Medicine (4th ed.). McGraw-Hill Education.
  4. Hunt, N., & Hurley, J. (2010). Sports Injuries: Prevention, Diagnosis, Treatment and Rehabilitation. Elsevier.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 1: Pengantar Penanganan Cidera Olahraga
Materi:
Pengantar tentang cidera olahraga.
Jenis-jenis cidera olahraga dan faktor penyebabnya.
Pengenalan teori dasar penanganan cidera olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Brukner, P., & Khan, K. (2012). Clinical Sports Medicine (4th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 2: Anatomi Dasar dan Proses Penyembuhan Cidera
Materi:
Anatomi tubuh manusia dalam konteks cidera olahraga.
Proses fisiologis penyembuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 3: Penanganan Cidera Akut: R.I.C.E.
Materi:
Teknik dasar penanganan cidera akut dengan metode R.I.C.E. (Rest, Ice, Compression, Elevation).
Indikasi dan cara penggunaan setiap langkah.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 4: Cidera pada Otot dan Ligamen
Materi:
Cidera otot (Strain) dan ligamen (Sprain): penjelasan, gejala, dan penanganannya.
Perbedaan antara strain dan sprain.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 5: Cidera pada Tulang dan Sendi
Materi:
Cidera pada tulang (Fraktur) dan sendi (Dislokasi, Subluksasi).
Teknik stabilisasi dan pemindahan pasien.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 6: Teknik Pencitraan dan Diagnosa Cidera
Materi:
Pengenalan teknik pencitraan medis (X-Ray, MRI, CT scan) untuk cidera olahraga.
Prosedur diagnosa cidera oleh tenaga medis.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Brukner, P., & Khan, K. (2012). Clinical Sports Medicine (4th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 7: Manajemen Cidera Olahraga - Asesmen Awal
Materi:
Proses asesmen awal cidera oleh tenaga medis.
Pengumpulan informasi melalui wawancara, observasi, dan pemeriksaan fisik.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Hunt, N., & Hurley, J. (2010). Sports Injuries: Prevention, Diagnosis, Treatment and Rehabilitation. Elsevier.
6%

8

Minggu ke 8

rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian teori mengenai jenis cidera, penanganan awal cidera, dan teknik R.I.C.E.
Diskusi kasus nyata mengenai cidera olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Rehabilitasi Cidera Olahraga
Materi:
Proses rehabilitasi cidera berdasarkan jenis cidera.
Fase-fase rehabilitasi: akut, sub-akut, dan kronis.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 10: Pemulihan dengan Fisioterapi
Materi:
Teknik-teknik fisioterapi yang digunakan untuk pemulihan cidera olahraga.
Pengenalan alat-alat fisioterapi dan aplikasinya.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 10: Pemulihan dengan Fisioterapi
Materi:
Teknik-teknik fisioterapi yang digunakan untuk pemulihan cidera olahraga.
Pengenalan alat-alat fisioterapi dan aplikasinya.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 12: Teknik Pengobatan Non-Farmakologis untuk Cidera
Materi:
Penggunaan teknik pengobatan alternatif seperti cryotherapy, hydrotherapy, dan terapi panas.
Indikasi dan kontraindikasi penggunaan metode tersebut
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Brukner, P., & Khan, K. (2012). Clinical Sports Medicine (4th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 13: Cidera Kepala dan Leher pada Olahraga
Materi:
Penanganan cidera kepala, gegar otak, dan cidera leher.
Protokol penanganan darurat untuk cidera kepala dan leher.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Prentice, W. E. (2016). Fitness & Wellness (11th ed.). Pearson.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 14: Pencegahan Cidera melalui Teknik Latihan
Materi:
Pengaruh teknik latihan yang benar dalam pencegahan cidera.
Evaluasi dan koreksi teknik atlet untuk mencegah cidera.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Brukner, P., & Khan, K. (2012). Clinical Sports Medicine (4th ed.). McGraw-Hill Education.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 15: Persiapan untuk Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Review materi perkuliahan dan persiapan ujian akhir.
Diskusi dan analisis kasus cidera nyata.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Ujian tertulis dan praktikum mengenai penanganan cidera olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Khan, K., & Scott, A. (2009). Management of Soft Tissue Injuries in Sport (2nd ed.). Elsevier Health Sciences.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 81%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3%
3. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.