Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Alat Permainan Edukatif

8620702292

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis rancangan APE dengan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji pengetahuan tentang beragam APE yang sesuia dengan karakteristik usia anak sehingga mahasiswa mampu merancang, membuat dan mengaplikasikannya

Pustaka

Utama :

  1. Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC
  2. Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar
  3. Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  4. Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011.
  5. Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI ISO 8124-2-2010
  6. Standar Keamanan Mainan Anak 2012

Pendukung :

  1. Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1)

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis pengertian APE serta jenis jenis alat APE 2D, 3D, 4D

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan terkait pengertian APE dan jenis-jenis APE 2D, 3D, 4D

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Ceramah, tanya jawab
2 X 50
luring
Materi: - Pengertian APE untuk anak - Jenis jenis APE 2D, 3D, 4D - APE untuk kemampuan berbahasa peabody - APE ciptaan Montessori - Balok Cruissenaire - APE ciptaan Froebel - Puzzle Besar - Kotak Alfabet - Kartu lambang bilangan - Kartu pasangan - Puzzele jam - Foto warna dan bentuk
Pustaka: Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar
2%

2

Minggu ke 2

Pemahaman pengembangan APE berdasarkan aspek perkembangan

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan APE berdasarkan aspek perkembangan

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode ceramah, tanya jawab
2 X 50

Materi: Teori perkembangan sosial/ emosional, fisik motorik, kognitif dan bahasa AUD - Kurikulum PAUD 2013
Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC
2%

3

Minggu ke 3

Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan kehidupan dan panca indra

Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project Method
2 X 50

Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

4

Minggu ke 4

Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan bahasa, keterampilan nomerik dan sains

Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Method
2 X 50

Materi: - APE terapan keterampilan bahasa - APE terapan keterampilan nomerik - APE keterampilan sains
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

5

Minggu ke 5

Pemahaman penilaian APE 2D Busy Book

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan penilaian APE 2D Busy Book

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
case study
2 X 50

Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains
Pustaka: Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1)

Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
8%

6

Minggu ke 6

Dapat menjawab soal

Dapat menjawab soal

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
cermah, tanya jawab, penugasan
2 X 50

Materi: soal study casus
Pustaka: Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011.
2%

7

Minggu ke 7

Pemahaman keterampilan pembuatan APE 3D

Mahasiswa dapat memahami keterampilan membuat APE 3D

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah
2 X 50

Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra
Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC
2%

8

Minggu ke 8

Pemahaman keterampilan penempatan APE berdasarkan area

Mahasiswa dapat memahami keterampilan penempatan APE bedasarkan area

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Tes
Metode Ceramah
2 X 50

Materi: keterampilan penempatan APE berdasarkan are
Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
20%

9

Minggu ke 9

Pemahaman cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE

Mahasiswa dapat menganalisis cara guru menilai APE dan mejelaskan guru dan orang tua menggunakan APE

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
problem solving method
2 X 50

Materi: cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE
Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
2%

10

Minggu ke 10

Keterampilan membuat APE : survei pasar dengan membuat instrument

Mahasiswa dapat membuat instrument

Kriteria:

instrument yang dibuat sesuai


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
problem solving method
2 X 50

Materi: membuat instrument
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

11

Minggu ke 11

Keterampilan membuat APE : pengambilan data angket dan analisis angket

Mahasiswa dapat menganalis data angket

Kriteria:

Diskusi Kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
problem solving method
2 X 50

Materi: Keterampilan membuat APE
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
15%

12

Minggu ke 12

Keterampilan merancang APE 3D

Mahasiswa dapat membuat APE 3D

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Method
2 X 50

Materi: membuat APE 3D
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

13

Minggu ke 13

Keterampilan merancang APE 3D

Mahasiswa dapat membuat APE 3D

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Method
2 X 50

Materi: membuat APE 3D
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

14

Minggu ke 14

Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk

Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Method
2 X 50

Materi: presentasi dan uji produk APE
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
15%

15

Minggu ke 15

Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk

Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Method
2 X 50

Materi: Penilaian APE
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
2%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menjawab soal

Soal Study kasus

Kriteria:

Jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertanyaan
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Praktik / Unjuk Kerja 18%
4. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.