|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Alat Permainan Edukatif |
8620702292 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis rancangan APE dengan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji pengetahuan tentang beragam APE yang sesuia dengan karakteristik usia anak sehingga mahasiswa mampu merancang, membuat dan mengaplikasikannya |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC
- Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar
- Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011.
- Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI ISO 8124-2-2010
- Standar Keamanan Mainan Anak 2012
|
Pendukung : |
|
- Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1)
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis pengertian APE serta jenis jenis alat APE 2D, 3D, 4D |
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan terkait pengertian APE dan jenis-jenis APE 2D, 3D, 4D |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Ceramah, tanya jawab 2 X 50 |
luring
|
Materi: - Pengertian APE untuk anak - Jenis jenis APE 2D, 3D, 4D - APE untuk kemampuan berbahasa peabody - APE ciptaan Montessori - Balok Cruissenaire - APE ciptaan Froebel - Puzzle Besar - Kotak Alfabet - Kartu lambang bilangan - Kartu pasangan - Puzzele jam - Foto warna dan bentuk Pustaka: Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman pengembangan APE berdasarkan aspek perkembangan |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan APE berdasarkan aspek perkembangan |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode ceramah, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Teori perkembangan sosial/ emosional, fisik motorik, kognitif dan bahasa AUD - Kurikulum PAUD 2013 Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan kehidupan dan panca indra |
Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan bahasa, keterampilan nomerik dan sains |
Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan bahasa - APE terapan keterampilan nomerik - APE keterampilan sains Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman penilaian APE 2D Busy Book |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan penilaian APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
case study 2 X 50 |
|
Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains Pustaka: Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1) Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat menjawab soal |
Dapat menjawab soal |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
cermah, tanya jawab, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: soal study casus Pustaka: Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman keterampilan pembuatan APE 3D |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan membuat APE 3D |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Metode Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Pemahaman keterampilan penempatan APE berdasarkan area |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan penempatan APE bedasarkan area |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Tes |
Metode Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: keterampilan penempatan APE berdasarkan are Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE |
Mahasiswa dapat menganalisis cara guru menilai APE dan mejelaskan guru dan orang tua menggunakan APE |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Keterampilan membuat APE : survei pasar dengan membuat instrument |
Mahasiswa dapat membuat instrument |
Kriteria:
instrument yang dibuat sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: membuat instrument Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Keterampilan membuat APE : pengambilan data angket dan analisis angket |
Mahasiswa dapat menganalis data angket |
Kriteria:
Diskusi Kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan membuat APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Keterampilan merancang APE 3D |
Mahasiswa dapat membuat APE 3D |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: membuat APE 3D Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Keterampilan merancang APE 3D |
Mahasiswa dapat membuat APE 3D |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: membuat APE 3D Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk |
Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: presentasi dan uji produk APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk |
Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: Penilaian APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjawab soal |
Soal Study kasus |
Kriteria:
Jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Pertanyaan 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
20% |