|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bendungan* |
2220102226 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PLO-6 |
Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil. |
PLO-9 |
Mampu menguasai konsep ilmu keteknisipilan dan menerapkan dalam berbagai industri jasa konstruksi. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan definisi Bendungan dan Bangunan Pendukung dalam penggunaannya dalam bidang teknik sipil, Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian klasifikasi, tahapan pemilihan lokasi, jenis-jenis bendungan Mahasiswa mampu menjelaskan definisi bangunan intake, fungsi berbagai bendung pelimpah, bagian-bagian bendungan Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis, dan menghitung bendungan gaya berat, Bendungan urugan Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan prinsip dan jenis bendungan kayu Mahasiswa memahami dan mampu manganalisis prinsip bendungan rip-rap, bendungan berpenopang. Mahasiswa memahami dan mampu menganalisis contoh desain hidraulik pada bendungan dan menjelaskan prinsip bendungan busur |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anonimous . https://1902miner.wordpress.com/bfiabhfcbafhueceaj/bendungan-urugan-tanah-earthfill-dam/
- Anonimous . https://www.google.co.id/search?q=ukuran bendungan&biw=1366&bih=643&tbm=isch
- Anonimous . http://olvista.com/teknologi/10-manfaat-bendung-waduk/
- Anonimous . http://mfakhrypriambodo.blogspot.com/2010/02/mengenal-bendungan-bendung-dan-waduk.html
- Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
- Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
- Chow Ven Te, dkk. 1992. Hidrolika Saluran Terbuka (Open Channel Hydraulic), Penerbit Erlangga. Jakarta
- Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
- Sosrodarsono, Suyono dan Takeda Kensaku. 1994. Perbaikan dan Pengaturan Sungai. Pradnya Paramita. Jakarta
- Ripiningtati, 2000. Pengembangan Sumber Daya Air . Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Pengertian bendungan |
Menjelaskan pengertian bendungan |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami jenis bendungan |
Menjelaskan jenis bendungan |
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami jenis Bendungan menurut ketinggian, dam besar lebih tinggi dari 15 meter dan dam utama lebih dari 150 m. Sedangkan, dam rendah kurang dari 30 m, dam sedang antara 30 - 100 m, dan dam tinggi lebih dari 100 m. |
Mahasiswa mampu menjelaskan Bendungan menurut ketinggian, dam besar lebih tinggi dari 15 meter dan dam utama lebih dari 150 m. Sedangkan, dam rendah kurang dari 30 m, dam sedang antara 30 - 100 m, dan dam tinggi lebih dari 100 m. |
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Reservoir |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Jenis reservoir
- layanan reservoir
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Waduk dan Bendungan |
- Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
- Bendungan
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Waduk dan Bendungan |
- Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
- Bendungan
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Waduk dan Bendungan |
- Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
- Bendungan
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS 2 X 50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Sedimen di Waduk |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
- Kelayakan sebuah Waduk
- Produksi Sedimen Waduk
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Sedimen di Waduk |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
- Kelayakan sebuah Waduk
- Produksi Sedimen Waduk
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Sedimen di Waduk |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
- Kelayakan sebuah Waduk
- Produksi Sedimen Waduk
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
|
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Stabilitas Bendung |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
- Bangunan Pengambilan
- Kantung Lumpur
- Bangunan Pembilas
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Stabilitas Bendung |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
- Bangunan Pengambilan
- Kantung Lumpur
- Bangunan Pembilas
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Stabilitas Bendung |
- Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
- Bangunan Pengambilan
- Kantung Lumpur
- Bangunan Pembilas
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Perhitungan Bendung |
- Mahasiswa mampu menjelaskan :Perhitungan Bendung Bentuk Saluran Segi Empat
- Perhitungan BendungBentuk Saluran Trapesium
|
Kriteria:
Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air 2 X 50 |
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta. Pustaka: Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor. Pustaka: Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya. Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS 2 X 50 |
|
15% |