Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bendungan*

2220102226

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-9

Mampu menguasai konsep ilmu keteknisipilan dan menerapkan dalam berbagai industri jasa konstruksi.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan definisi Bendungan dan Bangunan Pendukung dalam penggunaannya dalam bidang teknik sipil, Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian klasifikasi, tahapan pemilihan lokasi, jenis-jenis bendungan Mahasiswa mampu menjelaskan definisi bangunan intake, fungsi berbagai bendung pelimpah, bagian-bagian bendungan Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis, dan menghitung bendungan gaya berat, Bendungan urugan Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan prinsip dan jenis bendungan kayu Mahasiswa memahami dan mampu manganalisis prinsip bendungan rip-rap, bendungan berpenopang. Mahasiswa memahami dan mampu menganalisis contoh desain hidraulik pada bendungan dan menjelaskan prinsip bendungan busur

Pustaka

Utama :

  1. Anonimous . https://1902miner.wordpress.com/bfiabhfcbafhueceaj/bendungan-urugan-tanah-earthfill-dam/
  2. Anonimous . https://www.google.co.id/search?q=ukuran bendungan&biw=1366&bih=643&tbm=isch
  3. Anonimous . http://olvista.com/teknologi/10-manfaat-bendung-waduk/
  4. Anonimous . http://mfakhrypriambodo.blogspot.com/2010/02/mengenal-bendungan-bendung-dan-waduk.html
  5. Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
  6. Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
  7. Chow Ven Te, dkk. 1992. Hidrolika Saluran Terbuka (Open Channel Hydraulic), Penerbit Erlangga. Jakarta
  8. Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
  9. Sosrodarsono, Suyono dan Takeda Kensaku. 1994. Perbaikan dan Pengaturan Sungai. Pradnya Paramita. Jakarta
  10. Ripiningtati, 2000. Pengembangan Sumber Daya Air . Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Pengertian bendungan

Menjelaskan pengertian bendungan

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami jenis bendungan

Menjelaskan jenis bendungan

Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami jenis Bendungan menurut ketinggian, dam besar lebih tinggi dari 15 meter dan dam utama lebih dari 150 m. Sedangkan, dam rendah kurang dari 30 m, dam sedang antara 30 - 100 m, dan dam tinggi lebih dari 100 m.

Mahasiswa mampu menjelaskan Bendungan menurut ketinggian, dam besar lebih tinggi dari 15 meter dan dam utama lebih dari 150 m. Sedangkan, dam rendah kurang dari 30 m, dam sedang antara 30 - 100 m, dan dam tinggi lebih dari 100 m.

Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Reservoir

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Jenis reservoir
  2. layanan reservoir
Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Waduk dan Bendungan

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
  2. Bendungan
Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Waduk dan Bendungan

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
  2. Bendungan
Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Waduk dan Bendungan

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan: Waduk
  2. Bendungan
Kriteria:

Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
2 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50
Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
Pustaka:

Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
Pustaka:

Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    UTS
    2 X 50
    UTS
    2 X 50
    15%

    9

    Minggu ke 9

    Sedimen di Waduk

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
    2. Kelayakan sebuah Waduk
    3. Produksi Sedimen Waduk
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Sedimen di Waduk

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
    2. Kelayakan sebuah Waduk
    3. Produksi Sedimen Waduk
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Sedimen di Waduk

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Peran Air
    2. Kelayakan sebuah Waduk
    3. Produksi Sedimen Waduk
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Stabilitas Bendung

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
    2. Bangunan Pengambilan
    3. Kantung Lumpur
    4. Bangunan Pembilas
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Stabilitas Bendung

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
    2. Bangunan Pengambilan
    3. Kantung Lumpur
    4. Bangunan Pembilas
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Stabilitas Bendung

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan:Kebutuhan Stabilitas
    2. Bangunan Pengambilan
    3. Kantung Lumpur
    4. Bangunan Pembilas
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku membuat bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Perhitungan Bendung

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan :Perhitungan Bendung Bentuk Saluran Segi Empat
    2. Perhitungan BendungBentuk Saluran Trapesium
    Kriteria:

    Mempunyai iman, tenggang rasa dan berkarakter baik, serius, bertanya, memberi ide dan memahami materi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Model pembelajaran : langsung Pendekatan: problem based learning Strategi: SainstifikMetode: ceramah, 5 MLatihan lanjutan pemberian tugas baca buku bangunan air
    2 X 50
    Materi: Linsley, dkk. 1991. Teknik Sumber Daya Air. Erlangga Jakarta.
    Pustaka:

    Materi: Arsyad, Sitanala. 1989. Konservasi Tanah dan Air. IPB Press. Bogor.
    Pustaka:

    Materi: Asdak,C.1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. GajahMada University Press. Yogya.
    Pustaka:
    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    UAS
    2 X 50
    UAS
    2 X 50
    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 70%
    2. Tes 30%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.