Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Asesmen dan Intervensi Anak Tunanetra

8620203024

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

· Pembahasan Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjut dan perkuliahan program S1 pada jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) membahas tentang pengertian asesmen, intevensi, , arah dan tujuan asesmen, tahapan asesmen, prosedur, metode, media, penilaian. Perkuliahan dilaksanakan dengan presentasi, diskusi kelas, dan praktek lapangan terbatas.

Pustaka

Utama :


  1. 1. Daniel Hallahan dan James Kauffman. (1994), Exceptional Children (Introduction to Special Education) , Massachusetts: Allyn and Bacon.

    2. Department Of Health Division Of Family Health Bureau Of Early Intervention (2000). Vision Impairment Assessment And Intervention For Young Children (Age 0-3 Years). Albany, New York 12224.

    3. Kingsley, M. (1999). " The Effects of a Visual Loss " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.23-30). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton. Publishers.

    4. Mason, H. (1999). ," Assessment of Vision " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.5164). Visual Impairment. Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publishers.

    5. Mc Loughlin J.A. & Lewis RB. (1981 ).Assessing Special Students , Columbus: Charles E. Merril Publising Company.

    6. Michael L. Hardman dkk. (1990), Human Exceptionality (society, school and family ), Massachusetts: Allyn and Bacon.

    7. Skjorten, Miriam Donath, (1999 ), Assessment . UIO, Norway.

    8. Sugiarmin, M. (2002). Asesmen Bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Dinas Pendidikan Prov Jabar.

    9. Sugiarmin, M. (2003). Asesmen Keterampilan Menolong Diri Anak Berkebutuhan Khusus . PLB UPI.



Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.

Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Asesmen dan Intervensi ATN (AIATN)

Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah AIATN.

Kriteria:
  1. Kreteria Penilaian mahasiswa mampu :
  2. a. Menjelaskan pengertian asesmen
  3. b. Tujuan asesmen
  4. c. Prinsip-prinsip asesmen
  5. d.prosedur asesmen untuk ATN
  6. e. Ruang lingkup asesmen untuk ATN
Saintifik Kolaboratif
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami hakikat AIATN Memahami ruang lingkup studi AIATN

· Menjelaskan hakikat AIATN · Menguraikan ruang lingkup studi AIATN

Kriteria:
  1. Kreteria penilaian, jika anak mampu menjawab benar
  2. 1. Arti asesmen bagi anak tunanetra.
  3. 2. ada 6 bidang asesmen pengembangan
  4. 3. ada 3 bidang asesmen akademik
Saintifik Kolaboratif
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

· Memahami konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra

Menjelaskan konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: menyebut dan menjelaskan 3 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
  2. 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 konsep asesmen dan intervensi
  3. 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 1 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
  4. 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam konsep asesmen dan intervensi kurang tepat
· Saintifik · Kolaboratif - Humanistik
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra

· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra

Kriteria:

4: hasil paparan

· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra

· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra

Kriteria:

4: hasil paparan

· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Kriteria:

4: hasil paparan

· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Kriteria:

4: hasil paparan

· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Ujian Sub Sumatif

Ujian Sub Sumatif

Kriteria:

Ujian Sub Sumatif

Ujian Sub Sumatif
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra

· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra

· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra

Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra

Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra

Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra

Kriteria:
  1. 4: benar isi dan sistematikanya
  2. 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
  3. 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
  4. 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
· Saintifik · Humanistik - kolaboratif
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif

Ujian Sumatif

Kriteria:

Ujian Sumatif

Ujian Sumatif
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.