|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Asesmen dan Intervensi Anak Tunanetra |
8620203024 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
· Pembahasan Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjut dan perkuliahan program S1 pada jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) membahas tentang pengertian asesmen, intevensi, , arah dan tujuan asesmen, tahapan asesmen, prosedur, metode, media, penilaian. Perkuliahan dilaksanakan dengan presentasi, diskusi kelas, dan praktek lapangan terbatas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
1. Daniel Hallahan dan James Kauffman. (1994), Exceptional Children (Introduction to Special Education) , Massachusetts: Allyn and Bacon. 2. Department Of Health Division Of Family Health Bureau Of Early Intervention (2000). Vision Impairment Assessment And Intervention For Young Children (Age 0-3 Years). Albany, New York 12224. 3. Kingsley, M. (1999). " The Effects of a Visual Loss " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.23-30). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton. Publishers. 4. Mason, H. (1999). ," Assessment of Vision " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.5164). Visual Impairment. Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publishers. 5. Mc Loughlin J.A. & Lewis RB. (1981 ).Assessing Special Students , Columbus: Charles E. Merril Publising Company. 6. Michael L. Hardman dkk. (1990), Human Exceptionality (society, school and family ), Massachusetts: Allyn and Bacon. 7. Skjorten, Miriam Donath, (1999 ), Assessment . UIO, Norway. 8. Sugiarmin, M. (2002). Asesmen Bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Dinas Pendidikan Prov Jabar. 9. Sugiarmin, M. (2003). Asesmen Keterampilan Menolong Diri Anak Berkebutuhan Khusus . PLB UPI.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd. Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Asesmen dan Intervensi ATN (AIATN) |
Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah AIATN. |
Kriteria:
- Kreteria Penilaian mahasiswa mampu :
- a. Menjelaskan pengertian asesmen
- b. Tujuan asesmen
- c. Prinsip-prinsip asesmen
- d.prosedur asesmen untuk ATN
- e. Ruang lingkup asesmen untuk ATN
|
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakikat AIATN Memahami ruang lingkup studi AIATN |
· Menjelaskan hakikat AIATN · Menguraikan ruang lingkup studi AIATN |
Kriteria:
- Kreteria penilaian, jika anak mampu menjawab benar
- 1. Arti asesmen bagi anak tunanetra.
- 2. ada 6 bidang asesmen pengembangan
- 3. ada 3 bidang asesmen akademik
|
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
· Memahami konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Menjelaskan konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 3 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
- 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 konsep asesmen dan intervensi
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 1 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
- 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam konsep asesmen dan intervensi kurang tepat
|
· Saintifik · Kolaboratif - Humanistik 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub Sumatif |
Ujian Sub Sumatif |
Kriteria:
Ujian Sub Sumatif |
Ujian Sub Sumatif 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif |
Kriteria:
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif 3 X 50 |
|
|
0% |