|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Asesmen dan Intervensi Anak Tunanetra |
8620203024 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Menemukenali dan mengasesmen PDBK dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi |
PLO-9 |
Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-9 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Asesmen Dan Intervensi Anak Tunanetra pada jenjang S1 program studi Pendidikan Luar Biasa bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang teknik-teknik asesmen dan intervensi yang dapat diterapkan pada anak tunanetra. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode asesmen untuk mengidentifikasi kebutuhan anak tunanetra serta merancang intervensi yang sesuai untuk membantu mereka dalam perkembangan dan pembelajaran. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup pengetahuan tentang karakteristik anak tunanetra, teknik-teknik asesmen yang sesuai, serta strategi intervensi yang efektif dalam mendukung perkembangan anak tunanetra. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- p>
- Daniel Hallahan dan James Kauffman. (1994), Exceptional Children (Introduction to Special Education) , Massachusetts: Allyn and Bacon.
- Department Of Health Division Of Family Health Bureau Of Early Intervention (2000). Vision Impairment Assessment And Intervention For Young Children (Age 0-3 Years). Albany, New York 12224.
- Kingsley, M. (1999). " The Effects of a Visual Loss " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.23-30). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton. Publishers.
- Mason, H. (1999). ," Assessment of Vision " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.5164). Visual Impairment. Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publishers.
- Mc Loughlin J.A. & Lewis RB. (1981 ).Assessing Special Students , Columbus: Charles E. Merril Publising Company.
- Michael L. Hardman dkk. (1990), Human Exceptionality (society, school and family ), Massachusetts: Allyn and Bacon.
- Skjorten, Miriam Donath, (1999 ), Assessment . UIO, Norway.
- Sugiarmin, M. (2002). Asesmen Bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Dinas Pendidikan Prov Jabar.
- Sugiarmin, M. (2003). Asesmen Keterampilan Menolong Diri Anak Berkebutuhan Khusus . PLB UPI.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd. Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Asesmen dan Intervensi ATN (AIATN) |
Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah AIATN. |
Kriteria:
- Kreteria Penilaian mahasiswa mampu :
- a. Menjelaskan pengertian asesmen
- b. Tujuan asesmen
- c. Prinsip-prinsip asesmen
- d.prosedur asesmen untuk ATN
- e. Ruang lingkup asesmen untuk ATN
|
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakikat AIATN Memahami ruang lingkup studi AIATN |
· Menjelaskan hakikat AIATN · Menguraikan ruang lingkup studi AIATN |
Kriteria:
- Kreteria penilaian, jika anak mampu menjawab benar
- 1. Arti asesmen bagi anak tunanetra.
- 2. ada 6 bidang asesmen pengembangan
- 3. ada 3 bidang asesmen akademik
|
Saintifik Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
· Memahami konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Menjelaskan konsep asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 3 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
- 3: hanya menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 konsep asesmen dan intervensi
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 1 konsep asesmen dan intervensi dengan tepat
- 1: menyebut dan menjelaskan 1 macam konsep asesmen dan intervensi kurang tepat
|
· Saintifik · Kolaboratif - Humanistik 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
· Memahami tentang arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen · Memahami aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan arah dan tujuan asesmen untuk anak tunanetra · Menyusun tahapan dalam pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Mendeskripsikan aspek yang menjadi objek asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
· Memahami ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
· Mendeskripsikan ruang lingkup asesmen pada anak tunanetra - Menyusun prosedur dalam pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
4: hasil paparan |
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub Sumatif |
Ujian Sub Sumatif |
Kriteria:
Ujian Sub Sumatif |
Ujian Sub Sumatif 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
· Merekonstruksi teknik-teknik pelaksanaan asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
· Mendeskripsikan teknik-teknik asesmen untuk anak tunanetra - Menyusun instrumen asesmen untuk anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengaplikasikan pola pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan asesmen pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengaplikasikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Menyajikan cara pelaksanaan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - Kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam asesmen dan intervensi pada anak tunanetra |
Kriteria:
- 4: benar isi dan sistematikanya
- 3: benar isi, ada kekurangan dalam sistematika, ATAU benar sistematika salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar sistematika
- 1: sebagaian benar dan salah sistematika ATAU benar sistematika dan salah isi.
|
· Saintifik · Humanistik - kolaboratif 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif |
Kriteria:
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif 3 X 50 |
|
|
0% |