Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perpajakan Internasional Pada Atlet

7420102335

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H.




.......................................




Vita Mahardhika, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu merumuskan ide secara logis, kritis dan argumentatif di bidang hukum keolahragaan dan hukum pada umumnya yang dituangkan baik dalam lisan maupun tulisan sesuai dengan etika akademik;

PLO-16

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian masalah bidang hukum

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar perpajakan internasional dan bagaimana hal tersebut berlaku untuk atlet

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-16
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perpajakan Internasional pada Atlet dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai aspek-aspek perpajakan yang relevan bagi atlet yang berkompetisi di kancah internasional. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep dasar perpajakan internasional, termasuk kewajiban pajak yang dihadapi atlet di berbagai negara, tantangan perpajakan yang muncul akibat mobilitas tinggi atlet, serta strategi perencanaan pajak yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan kewajiban pajak.

Pustaka

Utama :

  1. Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
  2. Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda-Suatu Pengantar, Rachmanto Surahmat, Gramedia, 2000. (RCH)
  3. Organization of Economic Cooperation and Development Model Conventions for Avoidance of Double Taxation of Income and Capital, OECD, 2010
  4. Pemahaman Praktis : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Indonesia dengan Negara Negara Asia, Australia, dan Amerika, John Hutagaol, Salemba empat, 2000.
  5. Kapita Selekta Perpajakan, Darussalam & Danny Septriadi, 2006, Salemba Empat
  6. Bunga Rampai Perpajakan, Rachmanto Surahmat, 2007, Salemba Empat
  7. Konsep dan Aplikasi Perpajakan Internasional, Darussalam, John Hutagaol & Danny Septriadi 2010, Danny Darussalam Tax Center

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar perpajakan internasional.

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:

Ketepatan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: Pengertian perpajakan internasional
Pustaka: Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
5%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu mendeskripsikan peristilahan di bidang perpajakan internasional

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:

ketepatan dalam mendeskripsikan peristilahan di perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan diskusi

Materi: Istilah dalam perpajakan internasional
Pustaka: Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar hukum perpajakan

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:

Ketepatan memahami dasar-dasar hukum perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan diskusi

Materi: dasar-dasar hukum perpajakan internasional
Pustaka: Konsep dan Aplikasi Perpajakan Internasional, Darussalam, John Hutagaol & Danny Septriadi 2010, Danny Darussalam Tax Center
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa mampu menjelaskan unsur-unsur perpajakan internasional

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan unsur pajak internasional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan diskusi

Materi: unsur perpajakan internasional
Pustaka: Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda-Suatu Pengantar, Rachmanto Surahmat, Gramedia, 2000. (RCH)
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu menjelaskan subjek, objek pajak, khususnya di bidang keolahragaan

  1. Baik
  2. Cukup
  3. Kurang
Kriteria:

Ketepatan menjelaskan subjek dan objek pajak internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi
50

Materi: subjek dan objek perpajakan internasional
Pustaka: Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan fungsi dan manfaat perpajakan internasional

Baik, Cukup, Kurang

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan subjek dan objek pajak internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kuliah dan diskusi

Materi: fungsi dan manfaat perpajakan internasional
Pustaka: Konsep dan Aplikasi Perpajakan Internasional, Darussalam, John Hutagaol & Danny Septriadi 2010, Danny Darussalam Tax Center
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis pajak dan perbedaannya

Baik, Cukup, Kurang

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan subjek dan objek pajak internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: jenis-jenis perpajakan internasional
Pustaka: Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Baik, cukup, kurang

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan subjek dan objek pajak internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: -
Pustaka: Perpajakan Internasional, Gunadi, FEUI, 2007.
18%

9

Minggu ke 9

mahasiswa mampu menjelaskan kasus-kasus yang terjadi dalam perpajakan internasional pada atlet.

  1. bagus
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

ketepatan menjelaskan kasus-kasus yang terjadi di bidang perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: kasus perpajakan internasional
Pustaka: Pemahaman Praktis : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Indonesia dengan Negara Negara Asia, Australia, dan Amerika, John Hutagaol, Salemba empat, 2000.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan kasus-kasus yang terjadi di bidang perpajakan internasional

  1. bagus
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

ketepatan menjelaskan kasus-kasus yang terjadi di bidang perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: kasus perpajakan internasional
Pustaka: Pemahaman Praktis : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Indonesia dengan Negara Negara Asia, Australia, dan Amerika, John Hutagaol, Salemba empat, 2000.
5%

11

Minggu ke 11

mahasiswa mampu menjelaskan kasus-kasus yang terjadi dalam perpajakan internasional pada atlet.

  1. baik
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

memahami kasus perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, tanya jawab, diskusi

Materi: penyelesaian sengketa perpajakan internasional
Pustaka: Pemahaman Praktis : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Indonesia dengan Negara Negara Asia, Australia, dan Amerika, John Hutagaol, Salemba empat, 2000.
2%

12

Minggu ke 12

mahasiswa mampu menjelaskan kasus-kasus yang terjadi dalam perpajakan internasional pada atlet.

  1. baik
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

memahamai kasus kasus perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: penyelesaian sengketa perpajakan internasional
Pustaka: Pemahaman Praktis : Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Indonesia dengan Negara Negara Asia, Australia, dan Amerika, John Hutagaol, Salemba empat, 2000.
5%

13

Minggu ke 13

mahasiswa mampu menganalisis problematika dan praktik perpajakan internasional

  1. bagus
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

ketepatan menganalisis problematika pengaturan dan praktik perpajakan internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: problematika perpajakan
Pustaka: Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda-Suatu Pengantar, Rachmanto Surahmat, Gramedia, 2000. (RCH)
5%

14

Minggu ke 14

mahasiswa mampu mengevaluasi pengaturan dan praktik perpajakan internasional pada atlet

  1. bagus
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

Ketepatan dalam mengevaluasi pengaturan dan praktik perpajakan internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: pengaturan dan praktik perpajakan internasional
Pustaka: Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda-Suatu Pengantar, Rachmanto Surahmat, Gramedia, 2000. (RCH)
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu mengevaluasi pengaturan dan praktik perpajakan internasional pada atlet

  1. bagus
  2. cukup
  3. kurang
Kriteria:

Ketepatan dalam mengevaluasi pengaturan dan praktik perpajakan internasional pada atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah dan diskusi

Materi: pengaturan dan praktik perpajakan internasional
Pustaka: Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda-Suatu Pengantar, Rachmanto Surahmat, Gramedia, 2000. (RCH)
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester

Materi: -
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 64.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.