Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA PICKLEBALL

8520204746

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

3

19 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dani Primanata, S.Pd., M.Pd




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

Program Objectives (PO)

PO - 1

mampu menganalisa gerak dasar pickleball

PO - 2

Mampu memanfaatkan Iptek dalam meningkatkan ketrampilan dan skill bermain pickleball

PO - 3

Memahami pengetahuan, teknik, taktik, Strategi, metode latihan permainan pickelball

PO - 4

Menerapkan teknik lanjutan permainan pickleball

PO - 5

Bertanggung jawab untuk menguasai ketrampilan ,skill lanjutan dan mempunyai sikap yang baik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5
PO-1
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Tujuan dari perkuliahan adalah untuk memberikan keterampilan melatih tenis dasar dan menengah yang diperlukan untuk memperkenalkan Pickeball kepada atlet Pickeball pemula serta untuk melatih pemain hingga tingkat kompetisi yunior dan juga untuk mempromosikan Pickeball di tingkat masyarakat..

Pustaka

Utama :

  1. Winning Strategies
  2. The Pickleball Bible
  3. The Complete Guide to the Game
  4. Mastering Pickleball
  5. Pickleball: A Beginner's Guide" oleh Alex K. McCullough

Pendukung :

  1. https://www.youtube.com/watch?v=2FjbyTTXUDM

Dosen Pengampu

Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui sejarah perkembangan, etika dan filosofi Pickleball

  1. Mengetahui Sejarah Pickleball Dunia
  2. Mengetahui Sejarah pickleball IndonesiaPeraturan permainan pickleball
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah Diskusi Tanya jawab
4 X 50

2x50
Materi: Pickleball Fundamentals
Pustaka: The Complete Guide to the Game
15%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami teknik Grip pickleball

  1. Mampu memahami peralatan dan perlengkapan tenis (lapangan, bola, paddel)
  2. Mampu memahami taktik dasar permainan pickleball
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktek
4 X 50

Materi: Pickleball Fundamentals" oleh Joe A. McMurray
Pustaka: Winning Strategies
2%

3

Minggu ke 3

Mampu mempraktikkan teknik forehand pada olahraga pickleball

  1. Mampu memahami peralatan dan perlengkapan tenis (lapangan, bola, paddel)
  2. Mampu memahami taktik dasar permainan pickleball
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktek
4 X 50

Materi: teknik forehand
Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully

Materi: forehand backhand
Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully
5%

4

Minggu ke 4

Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihanMemahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihanMemahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)

  1. Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihan
  2. Memahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihan
  3. Memahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDidkusiTanyajawabPraktek
4 X 50

Materi: forehand backhand
Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully

Materi: permainan pickleball
Pustaka: The Complete Guide to the Game
5%

5

Minggu ke 5

Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihanMemahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihanMemahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)

  1. Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihan
  2. Memahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihan
  3. Memahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDidkusiTanyajawabPraktek
4 X 50

Materi: forehand backhand
Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully
5%

6

Minggu ke 6

Memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atletMemahami dan melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atletMemahami konsep differentiation di tennis

  1. Mampu memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atlet
  2. Mampu memahami melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atlet
  3. Mampu memahami konsep differentiation di pickleball
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahMelihat VideoDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: forehand backhand
Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully

Materi: teknik tenik dasar
Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide
5%

7

Minggu ke 7

Memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atletMemahami dan melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atletMemahami konsep differentiation di tennis

  1. Mampu memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atlet
  2. Mampu memahami melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atlet
  3. Mampu memahami konsep differentiation di pickleball
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahMelihat VideoDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: permiana pickleballl
Pustaka: Winning Strategies

Materi: complete game
Pustaka: The Complete Guide to the Game
2%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
4 X 50

Materi: teknik forhand
Pustaka: Winning Strategies

Materi: dasar dasar latihan
Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide
16%

9

Minggu ke 9

Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan tenisMemahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning tennis

  1. Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan tenis
  2. Mampu memahami biomechanic and movement
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning tennis
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: serve dan volley
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning

  1. Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
  2. Mampu memahami biomechanic and movement
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: TEKNIK FORHAND
Pustaka: The Complete Guide to the Game
5%

11

Minggu ke 11

Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning

  1. Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
  2. Mampu memahami biomechanic and movement
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: serves and volley
Pustaka: Mastering Pickleball
5%

12

Minggu ke 12

Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning

  1. Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
  2. Mampu memahami biomechanic and movement
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiPraktek
4 X 50

Materi: servis and volley
Pustaka: Mastering Pickleball
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet

  1. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
  2. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
  4. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
  5. Mampu memahami psychologi atlet
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas
4 X 50

Materi: volley
Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet

  1. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
  2. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
  4. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
  5. Mampu memahami psychologi atlet
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas
4 X 50

Materi: volley
Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide
5%

15

Minggu ke 15

Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet

  1. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
  2. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
  4. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
  5. Mampu memahami psychologi atlet
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas
4 X 50

Materi: volley
Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide
5%

16

Minggu ke 16

Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet

  1. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
  2. Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
  3. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
  4. Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
  5. Mampu memahami psychologi atlet
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas
4 X 50

Materi: complete
Pustaka: The Complete Guide to the Game
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.76%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2%
3. Penilaian Portofolio 2%
4. Penilaian Praktikum 24.76%
5. Praktik / Unjuk Kerja 40.76%
6. Tes 3.75%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.