|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KEPELATIHAN CABANG OLAHRAGA PICKLEBALL |
8520204746 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
3 |
19 Juni 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dani Primanata, S.Pd., M.Pd
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mampu menganalisa gerak dasar pickleball
|
PO - 2 |
Mampu memanfaatkan Iptek dalam meningkatkan ketrampilan dan skill bermain pickleball
|
PO - 3 |
Memahami pengetahuan, teknik, taktik, Strategi, metode latihan permainan pickelball
|
PO - 4 |
Menerapkan teknik lanjutan permainan pickleball
|
PO - 5 |
Bertanggung jawab untuk menguasai ketrampilan ,skill lanjutan dan mempunyai sikap yang baik.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | | PO-5 | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Tujuan dari perkuliahan adalah untuk memberikan keterampilan melatih tenis dasar dan menengah yang diperlukan untuk memperkenalkan Pickeball kepada atlet Pickeball pemula serta untuk melatih pemain hingga tingkat kompetisi yunior dan juga untuk mempromosikan Pickeball di tingkat masyarakat.. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Winning Strategies
- The Pickleball Bible
- The Complete Guide to the Game
- Mastering Pickleball
- Pickleball: A Beginner's Guide" oleh Alex K. McCullough
|
Pendukung : |
|
- https://www.youtube.com/watch?v=2FjbyTTXUDM
|
Dosen Pengampu
|
Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengetahui sejarah perkembangan, etika dan filosofi Pickleball |
- Mengetahui Sejarah Pickleball Dunia
- Mengetahui Sejarah pickleball IndonesiaPeraturan permainan pickleball
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 4 X 50 |
2x50 |
Materi: Pickleball Fundamentals Pustaka: The Complete Guide to the Game |
15% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami teknik Grip pickleball |
- Mampu memahami peralatan dan perlengkapan tenis (lapangan, bola, paddel)
- Mampu memahami taktik dasar permainan pickleball
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktek 4 X 50 |
|
Materi: Pickleball Fundamentals" oleh Joe A. McMurray Pustaka: Winning Strategies |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mempraktikkan teknik forehand pada olahraga pickleball |
- Mampu memahami peralatan dan perlengkapan tenis (lapangan, bola, paddel)
- Mampu memahami taktik dasar permainan pickleball
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktek 4 X 50 |
|
Materi: teknik forehand Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully Materi: forehand backhand Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihanMemahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihanMemahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs) |
- Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihan
- Memahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihan
- Memahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDidkusiTanyajawabPraktek 4 X 50 |
|
Materi: forehand backhand Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully Materi: permainan pickleball Pustaka: The Complete Guide to the Game |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihanMemahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihanMemahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs) |
- Memahami dan mengorganisasi suatu proses pelatihan
- Memahami pentingnya kemampuan komunikasi dalam proses pelatihan
- Memahami latihan Agility, Balance, Coordination dan Speed (ABCs)
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDidkusiTanyajawabPraktek 4 X 50 |
|
Materi: forehand backhand Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atletMemahami dan melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atletMemahami konsep differentiation di tennis |
- Mampu memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atlet
- Mampu memahami melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atlet
- Mampu memahami konsep differentiation di pickleball
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahMelihat VideoDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: forehand backhand Pustaka: Coaching Tennis SUccesfully Materi: teknik tenik dasar Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atletMemahami dan melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atletMemahami konsep differentiation di tennis |
- Mampu memahami pelatihan dan mengobservasi kemampuan dan perubahan atlet
- Mampu memahami melaksanakan proses pelatihan dasar dengan atlet
- Mampu memahami konsep differentiation di pickleball
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahMelihat VideoDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: permiana pickleballl Pustaka: Winning Strategies Materi: complete game Pustaka: The Complete Guide to the Game |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 4 X 50 |
|
Materi: teknik forhand Pustaka: Winning Strategies Materi: dasar dasar latihan Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide |
16% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan tenisMemahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning tennis |
- Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan tenis
- Mampu memahami biomechanic and movement
- Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning tennis
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: serve dan volley Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning |
- Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
- Mampu memahami biomechanic and movement
- Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: TEKNIK FORHAND Pustaka: The Complete Guide to the Game |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning |
- Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
- Mampu memahami biomechanic and movement
- Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: serves and volley Pustaka: Mastering Pickleball |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami tactics dan technique dalam implementasi permainan Memahami biomechanic and movementMemahami physical conditioning |
- Mampu memahami tactics dan technique dalam implementasi
- Mampu memahami biomechanic and movement
- Mampu memahami dan mempraktekkan physical conditioning
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiPraktek 4 X 50 |
|
Materi: servis and volley Pustaka: Mastering Pickleball |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet |
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
- Mampu memahami psychologi atlet
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas 4 X 50 |
|
Materi: volley Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet |
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
- Mampu memahami psychologi atlet
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas 4 X 50 |
|
Materi: volley Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet |
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
- Mampu memahami psychologi atlet
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas 4 X 50 |
|
Materi: volley Pustaka: Pickleball: A Beginner's Guide |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet Menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet Memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)Memahami dan mempraktekkan teaching progression atletMemahami psychologi atlet |
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan tunggal atlet
- Mampu menganalisis taktik dan teknik permainan ganda atlet
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching formation (indivisual dan group)
- Mampu memahami dan mempraktekkan teaching progression atlet
- Mampu memahami psychologi atlet
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
CeramahDiskusiTanyajawabPraktekTugas 4 X 50 |
|
Materi: complete Pustaka: The Complete Guide to the Game |
10% |