Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Skripsi

7920106121

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=6

P=0

ECTS=9.54

8

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim Dosen




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

PLO-8

Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia

PLO-10

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengetahui konsep, istilah, dan penerapan penelitian (kebahsaan dan kesastraan) secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-6PLO-8PLO-10
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu menguasai berbagai metode penelitian bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian karya sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian sastra.

Pustaka

Utama :

  1. Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
  2. Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup.
  4. Endrawara, Suwardi. 2011. Metode Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS
  5. Pradopo, Rachmat Djoko. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
  7. Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press.
  8. Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta.
  9. Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
  10. Littoseliti, Lia. 2010. Reserach Methods in Lingusitics. New York: Continuum.

Pendukung :

  1. Buku buku metode penelitian

Dosen Pengampu

Dr. Mulyono, M.Hum.

Andik Yuliyanto, S.S., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian

· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian

Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Keatifan diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Diskusi kelompok di (secara) kelas · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
2 X 50

Materi: pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra
Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
5%

2

Minggu ke 2

· Mahsiswa mampu membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas

· Mendiskusikan pembentukan kelompok-Mendiskusikan pemilihan topik dalam buku · Curah gagasan tentang topik penelitian.

Kriteria:
  1. Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
  2. Mengumpulkan tugas (mind map)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Diskusi kelompok · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal
2 X 50

Materi: membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami "Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik"Mahasiswa memahami topik yang diajukan

· Mahasiswa berdiskusi aktif tentang topik yang dibahas. Mahasiswa mampu menentukan topik

Kriteria:
  1. Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
  2. Mengumpulkan tugas (mind map)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
· Presentasi dan Diskusi
2 X 50

Materi: Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dalam linguistik

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-3) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: metode penelitian kuantitatif dalam linguistik
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

6

Minggu ke 6

·Mahsiswa memahami cara mengorganisasikan (menata) dan memproses data

Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
·PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi
Pustaka: Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta.
5%

7

Minggu ke 7

· Mahasiswa memahami metode kopus dalam linguistik

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode korpus dalam linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan metode korpus dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
2 X 50
PjBL
Materi: metode kopus dalam linguistik
Pustaka:

Materi: metode kopus dalam linguistik
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa memahami pendekatan Analisis Wacana

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai pendekatan analisis wacana 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan analisis wacana 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
2 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press.
5%

9

Minggu ke 9

· Mahasiswa memahami Etnografi Linguistik

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai etnografi linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan etnografi lingusitik 3. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
·Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Etnografi Linguistik
Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 2. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 3. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami analisis multimodal

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis multimodal 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis multi moda 3. Mahsiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: analisis multimodal
Pustaka: Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami analisis naratif dalam penelitian linguistik

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis naratif dalam penelitian linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis naratif dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: analisis naratif dalam penelitian linguistik
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memantapkan opik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdisuksi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi
4 X 50

Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memantapkan topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel

1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdiskusi

Kriteria:
  1. hadir dalam vinesa
  2. aktif berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi
4 X 50

Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
5%

15

Minggu ke 15

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
4 X 50

Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UAS
4 X 50
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 67.5%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.