|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Skripsi |
7920106121 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
8 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Dosen
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengetahui konsep, istilah, dan penerapan penelitian (kebahsaan dan kesastraan) secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu menguasai berbagai metode penelitian bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian karya sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian sastra. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
- Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup.
- Endrawara, Suwardi. 2011. Metode Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS
- Pradopo, Rachmat Djoko. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
- Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press.
- Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta.
- Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
- Littoseliti, Lia. 2010. Reserach Methods in Lingusitics. New York: Continuum.
|
Pendukung : |
|
- Buku buku metode penelitian
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mulyono, M.Hum. Andik Yuliyanto, S.S., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian |
· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian |
Kriteria:
- Kehadiran
- Keatifan diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Diskusi kelompok di (secara) kelas · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
|
Materi: pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
· Mahsiswa mampu membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas |
· Mendiskusikan pembentukan kelompok-Mendiskusikan pemilihan topik dalam buku · Curah gagasan tentang topik penelitian. |
Kriteria:
- Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
- Mengumpulkan tugas (mind map)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Diskusi kelompok · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
|
Materi: membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami "Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik"Mahasiswa memahami topik yang diajukan |
· Mahasiswa berdiskusi aktif tentang topik yang dibahas. Mahasiswa mampu menentukan topik |
Kriteria:
- Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
- Mengumpulkan tugas (mind map)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dalam linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-3) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif dalam linguistik Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
6
Minggu ke 6 |
·Mahsiswa memahami cara mengorganisasikan (menata) dan memproses data |
Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
·PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi Pustaka: Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
· Mahasiswa memahami metode kopus dalam linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode korpus dalam linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan metode korpus dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: metode kopus dalam linguistik Pustaka: Materi: metode kopus dalam linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa memahami pendekatan Analisis Wacana |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai pendekatan analisis wacana 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan analisis wacana 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
· Mahasiswa memahami Etnografi Linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai etnografi linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan etnografi lingusitik 3. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
·Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Etnografi Linguistik Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 2. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 3. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami analisis multimodal |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis multimodal 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis multi moda 3. Mahsiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisis multimodal Pustaka: Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami analisis naratif dalam penelitian linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis naratif dalam penelitian linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis naratif dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisis naratif dalam penelitian linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memantapkan opik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memantapkan topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdiskusi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
15
Minggu ke 15 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UAS 4 X 50 |
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |