Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pembelajaran, Pendidikan dan Pelatihan

8610402134

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog




.......................................




Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin.

PLO-10

Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

PLO-11

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada manajemen pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi ruang lingkup manajamen diklat

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan andragogi untuk pelaksanaan manajemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan

PO - 3

Mahasiswa mampu membedakan Prinsip-prinsip pelatihan dengan prinsip Pendidikan

PO - 4

Mahasiswa mampu menguasai metode, model-model pelatihan yang sesuai dengan sasaran yang di tuju

PO - 5

Mahasiswa mampu merancang Pelatihan dan melakukan Analisis Kebutuhan Pelatihan

PO - 6

Mahasiswa mampu membuat perencanaan sesuai data analisis kebutuhan

PO - 7

Mahasiswa mampu melaksanakan pelatihan secara kelompok berdasarkan perencanaan yang dibuat

PO - 8

Mahasiswa mampu mengevaluasi pelatihan yang dilaksanakan berdasarkan teori yang telah dipelajari

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-10PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang Ruang lingkup diklat, Pendekatan andragogi, Manajemen pengembangan SDM, Pengelolaan Proyek Sumber Daya Manusia, Pelatihan dan pengembangan, Perancangan Model Diklat dan Teori Pembelajaran untuk Orang Dewasa, evaluasi serta tren diklat masa kini yang dikemas dalam model pembelajaran PjBL

Pustaka

Utama :

  1. Budi U, C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Pers.
  2. Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
  3. Trisnantari, H.E. et al. (2015). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Karakter Bangsa: Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Tulungagung: Cahaya Abadi.
  4. Klikauer, T. (2017). Management Education. Palgrave Macmillan.
  5. Chowdhury, A., & Mete, J. (2020). Educational Management, Administration and Leadership. India: N.B. Publications.
  6. Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
  7. Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
  8. Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.
  9. Al Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: Kencana.
  10. Milana. M., et al (ed). (2018). The Palgrave International Handbook on Adult and Lifelong Education and Learning. UK: Palgrave Macmillan.
  11. Knowles, M.S. et al. (2015). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8th ed). Routledge.
  12. Rocco, T.S., et al (ed). (2021). The Handbook of Adult And Continuing Education. Virginia: Stylus Publishing.
  13. Johnson, W.B., & Kaslow, N.J. (ed). (2014). The Oxford Handbook of Education and Training in Professional Psychology. Oxford University Press.
  14. Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
  15. Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson.
  16. Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press.
  17. McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.
  18. Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.
  19. Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
  20. Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
  21. Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Pendukung :

  1. Siahaan, A. et al. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education. 5(4). 10923-10929.
  2. Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2). 107-134.
  3. Loeng, S., & Omwami, E. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1496643
  4. Machynska, N. & Boiko, H. (2020). Andragogy – The Science Of Adult Education: Theoretical Aspects. Journal of Innovation in Psychology, 24(1). 25-34.

Dosen Pengampu

Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd.

Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu memahami Pengertian Diklat, Ruang Lingkup Diklat dan Kontrak Belajar
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep manajemen pembelajaran dan pendidikan
  1. Mahasiswa dapat menemukan pengertian Diklat, serta mempunyai wawasan Ruang Lingkup Diklat
  2. Mahasiswa dapat menemukan pengertian manajemen pembelajaran dan pendidikan
Kriteria:

Hasil Observasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Contextual Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Budi U, C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Pers.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Siahaan, A. et al. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education. 5(4). 10923-10929.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Trisnantari, H.E. et al. (2015). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Karakter Bangsa: Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Tulungagung: Cahaya Abadi.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Klikauer, T. (2017). Management Education. Palgrave Macmillan.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Chowdhury, A., & Mete, J. (2020). Educational Management, Administration and Leadership. India: N.B. Publications.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami paradigma pendidikan dan pendekatan pendidikan orang dewasa

Mahasiswa dapat menganalisis paradigma pendidikan dan pendekatan pendidikan orang dewasa

Kriteria:
  1. Hasil Diskusi
  2. Hasil Penugasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Contextual Learning
Diskusi Kelompok
Penugasan
2 X 50
Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2). 107-134.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Al Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: Kencana.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Milana. M., et al (ed). (2018). The Palgrave International Handbook on Adult and Lifelong Education and Learning. UK: Palgrave Macmillan.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Knowles, M.S. et al. (2015). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8th ed). Routledge.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Loeng, S., & Omwami, E. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/...

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Machynska, N. & Boiko, H. (2020). Andragogy – The Science Of Adult Education: Theoretical Aspects. Journal of Innovation in Psychology, 24(1). 25-34.

Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa
Pustaka: Rocco, T.S., et al (ed). (2021). The Handbook of Adult And Continuing Education. Virginia: Stylus Publishing.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Andragogi pada konsep Diklat

Mahasiswa dapat menemukan pengertian analisis kebutuhan pelatihan (Training Need Analysis)

Kriteria:

Hasil Penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Contextual Learning
Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu membuat perencanaan sesuai data analisis kebutuhan pelatihan

  1. Mahasiswa mampu perencanaan sesuai data analisis kebutuhan pelatihan
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi Prinsip Dasar Pengembangan sumber daya Manusia
Kriteria:

Hasil Penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis)
Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami perencanaan pelatihan

Mahasiswa dapat membuat draft rencana pelatihan

Kriteria:

Draft rencana pelatihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.

Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu pengorganisasian pelatihan

Mahaiswa dapat membuat draft perencanaan pelatihan

Kriteria:

Performance assesment


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Leaning
Penugasan
2 X 50
Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.

Materi: Perencanaan Pelatihan
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang program pelatihan

Mahasiswa mampu mengidentifikasi merancang program pelatihan

Kriteria:

Hasil Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Rancangan program pelatihan
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Rancangan program pelatihan
Pustaka: Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
6%

8

Minggu ke 8

Ujian Sub Sumatif (Tengah Semester)

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 x 50
UTS
2 X 50
Materi: Materi Pertemuan 1-7
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Materi Pertemuan 1-7
Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Materi: Materi Pertemuan 1-7
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu merancang program pelatihan

Mahasiswa mampu membuat draft artikel untuk dipublikasikan

Kriteria:

Hasil Penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Rancangan program pelatihan
Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.

Materi: Rancangan program pelatihan
Pustaka: Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menyusun Proposal Pelatihan Tahap 1

Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan

Kriteria:

Pelaksanaan pelatihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum

Project Based Learning
2 X 50
Materi: Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan

Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan

Kriteria:

Pelaksanaan pelatihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengevaluasi pelaksanaan pelatihan

Mahasiswa dapat melaksanakan evaluasi pelaksanaan pelatihan

Kriteria:

Hasil Penugasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Contextual Learning
Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Johnson, W.B., & Kaslow, N.J. (ed). (2014). The Oxford Handbook of Education and Training in Professional Psychology. Oxford University Press.

Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson.

Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan
Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menyusun laporan pelaksanaan pelatihan

Mahasiswa dapat menyusun laporan pelaksanaan pelatihan

Kriteria:

Hasil Penugasan


Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan

Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan

Kriteria:

Submit Artikel


Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan

Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan

Kriteria:

Submit Artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Project Based Learning
Penugasan
2 X 50
8%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

UAS
2 x 50
Materi: Materi Pertemuan 9-15
Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.

Materi: Materi Pertemuan 9-15
Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 61.5%
3. Penilaian Praktikum 6%
4. Praktik / Unjuk Kerja 4%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.