|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Pembelajaran, Pendidikan dan Pelatihan |
8610402134 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog
|
.......................................
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin. |
PLO-10 |
Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
PLO-11 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada manajemen pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi ruang lingkup manajamen diklat
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan andragogi untuk pelaksanaan manajemen Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu membedakan Prinsip-prinsip pelatihan dengan prinsip Pendidikan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menguasai metode, model-model pelatihan yang sesuai dengan sasaran yang di tuju
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu merancang Pelatihan dan melakukan Analisis Kebutuhan Pelatihan
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu membuat perencanaan sesuai data analisis kebutuhan
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu melaksanakan pelatihan secara kelompok berdasarkan perencanaan yang dibuat
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi pelatihan yang dilaksanakan berdasarkan teori yang telah dipelajari
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang Ruang lingkup diklat, Pendekatan andragogi, Manajemen pengembangan SDM, Pengelolaan Proyek Sumber Daya Manusia, Pelatihan dan pengembangan, Perancangan Model Diklat dan Teori Pembelajaran untuk Orang Dewasa, evaluasi serta tren diklat masa kini yang dikemas dalam model pembelajaran PjBL |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Budi U, C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Pers.
- Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
- Trisnantari, H.E. et al. (2015). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Karakter Bangsa: Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Tulungagung: Cahaya Abadi.
- Klikauer, T. (2017). Management Education. Palgrave Macmillan.
- Chowdhury, A., & Mete, J. (2020). Educational Management, Administration and Leadership. India: N.B. Publications.
- Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
- Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
- Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia.
- Al Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: Kencana.
- Milana. M., et al (ed). (2018). The Palgrave International Handbook on Adult and Lifelong Education and Learning. UK: Palgrave Macmillan.
- Knowles, M.S. et al. (2015). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8th ed). Routledge.
- Rocco, T.S., et al (ed). (2021). The Handbook of Adult And Continuing Education. Virginia: Stylus Publishing.
- Johnson, W.B., & Kaslow, N.J. (ed). (2014). The Oxford Handbook of Education and Training in Professional Psychology. Oxford University Press.
- Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
- Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson.
- Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press.
- McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom.
- Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana.
- Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena.
- Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
- Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
|
Pendukung : |
|
- Siahaan, A. et al. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education. 5(4). 10923-10929.
- Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2). 107-134.
- Loeng, S., & Omwami, E. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1496643
- Machynska, N. & Boiko, H. (2020). Andragogy – The Science Of Adult Education: Theoretical Aspects. Journal of Innovation in Psychology, 24(1). 25-34.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd. Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd. Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu memahami Pengertian Diklat, Ruang Lingkup Diklat dan Kontrak Belajar
- Mahasiswa mampu memahami konsep manajemen pembelajaran dan pendidikan
|
- Mahasiswa dapat menemukan pengertian Diklat, serta mempunyai wawasan Ruang Lingkup Diklat
- Mahasiswa dapat menemukan pengertian manajemen pembelajaran dan pendidikan
|
Kriteria:
Hasil Observasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Contextual Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Budi U, C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Pers. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Siahaan, A. et al. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education. 5(4). 10923-10929. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Trisnantari, H.E. et al. (2015). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Karakter Bangsa: Strategi Implementasi Kurikulum 2013. Tulungagung: Cahaya Abadi. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Klikauer, T. (2017). Management Education. Palgrave Macmillan. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Chowdhury, A., & Mete, J. (2020). Educational Management, Administration and Leadership. India: N.B. Publications. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Materi: Konsep manajemen pembelajaran, pendidikan, dan pelatihan Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma pendidikan dan pendekatan pendidikan orang dewasa |
Mahasiswa dapat menganalisis paradigma pendidikan dan pendekatan pendidikan orang dewasa |
Kriteria:
- Hasil Diskusi
- Hasil Penugasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Contextual Learning
Diskusi Kelompok
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Sherly dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2). 107-134. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Al Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: Kencana. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Milana. M., et al (ed). (2018). The Palgrave International Handbook on Adult and Lifelong Education and Learning. UK: Palgrave Macmillan. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Knowles, M.S. et al. (2015). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (8th ed). Routledge. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Loeng, S., & Omwami, E. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/... Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Machynska, N. & Boiko, H. (2020). Andragogy – The Science Of Adult Education: Theoretical Aspects. Journal of Innovation in Psychology, 24(1). 25-34. Materi: Paradigma Pendidikan dan Pendekatan Pendidikan Orang Dewasa Pustaka: Rocco, T.S., et al (ed). (2021). The Handbook of Adult And Continuing Education. Virginia: Stylus Publishing. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Pendekatan Andragogi pada konsep Diklat |
Mahasiswa dapat menemukan pengertian analisis kebutuhan pelatihan (Training Need Analysis) |
Kriteria:
Hasil Penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Contextual Learning
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu membuat perencanaan sesuai data analisis kebutuhan pelatihan |
- Mahasiswa mampu perencanaan sesuai data analisis kebutuhan pelatihan
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi Prinsip Dasar Pengembangan sumber daya Manusia
|
Kriteria:
Hasil Penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Huddlestone, J., & Pike, J. (2016). Team and collective training needs analysis: defining requirements and specifying training systems. CRC Press. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Need Analysis) Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami perencanaan pelatihan |
Mahasiswa dapat membuat draft rencana pelatihan |
Kriteria:
Draft rencana pelatihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom. Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu pengorganisasian pelatihan |
Mahaiswa dapat membuat draft perencanaan pelatihan |
Kriteria:
Performance assesment Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Leaning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: McConnell. J.H. (2003). How to identify your organization's training needs: a practical guide to needs analysis. Amacom. Materi: Perencanaan Pelatihan Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang program pelatihan |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi merancang program pelatihan |
Kriteria:
Hasil Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Rancangan program pelatihan Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Rancangan program pelatihan Pustaka: Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub Sumatif (Tengah Semester) |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 x 50 |
UTS 2 X 50 |
Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merancang program pelatihan |
Mahasiswa mampu membuat draft artikel untuk dipublikasikan |
Kriteria:
Hasil Penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Rancangan program pelatihan Pustaka: Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia. Materi: Rancangan program pelatihan Pustaka: Nardo, R. (2024). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menyusun Proposal Pelatihan Tahap 1 |
Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan |
Kriteria:
Pelaksanaan pelatihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
|
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan |
Mahasiswa dapat melaksanakan pelatihan |
Kriteria:
Pelaksanaan pelatihan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Priyono & Marinis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi pelaksanaan pelatihan |
Mahasiswa dapat melaksanakan evaluasi pelaksanaan pelatihan |
Kriteria:
Hasil Penugasan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Contextual Learning
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Johnson, W.B., & Kaslow, N.J. (ed). (2014). The Oxford Handbook of Education and Training in Professional Psychology. Oxford University Press. Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers. Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Mondy, R.W.D., & Martocchio, J.J. (2016). Human Resource Management, Global Edition (14th ed). Pearson. Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Menyusun Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menyusun laporan pelaksanaan pelatihan |
Mahasiswa dapat menyusun laporan pelaksanaan pelatihan |
Kriteria:
Hasil Penugasan |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
|
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan |
Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan |
Kriteria:
Submit Artikel |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
|
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan |
Mahasiswa dapat mereview pelaksanaan pelatihan |
Kriteria:
Submit Artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Project Based Learning
Penugasan 2 X 50 |
|
8% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
UAS 2 x 50 |
Materi: Materi Pertemuan 9-15 Pustaka: Widodo. T. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Pelatihan. Tangerang Selatan: CV Makeda Multimedia Sarana. Materi: Materi Pertemuan 9-15 Pustaka: Said, M., & Firman, A. (2021). Konsep dan Pengukuran Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Goresan Pena. |
20% |