Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ETIKA PROFESI

5730102223

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

8 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dimas Novian Aditia Syahputra, S.Tr.T., M.Tr.T.




Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.




Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika diwujudkan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

PLO-6

Mampu melakukan kerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat sebagai warga negara yang memiliki rasa nasionalisme, sportivitas serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan.

PLO-7

Dapat mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memberikan solusi serta bertanggung jawab terhadap hasil kerja kelompok maupun mandiri yang bermutu dan terukur dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya.

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin kesahihannya.

PLO-9

Menguasai pengetahuan dan teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa indonesia dan inggris.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar etika dan teori etika dalam kehidupan profesional.

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan peran dan pentingnya kode etik profesi dalam bidang teknologi informasi.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dilema etika dalam kasus nyata dan menganalisisnya berdasarkan teori etika dan kode etik profesi.

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip etika dalam pengambilan keputusan profesional, khususnya dalam bidang teknologi informasi.

PO - 5

Mahasiswa mampu menjunjung nilai-nilai etika profesi dan bertanggung jawab secara sosial dalam lingkungan kerja.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1      
PO-2     
PO-3   
PO-4
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar etika, teori etika, dan penerapannya dalam dunia profesional, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Mahasiswa akan mempelajari isu-isu moral dan hukum, tanggung jawab profesional, kode etik, dan cara menghadapi dilema etis di dunia kerja. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai-nilai etika profesi untuk diterapkan dalam praktik profesional mereka.

Pustaka

Utama :

  1. Velasquez, M. G. (2017). Business Ethics: Concepts and Cases. Pearson.
  2. Quinn, M. J. (2014). Ethics for the Information Age. Pearson.
  3. Tavani, H. T. (2013). Ethics and Technology: Controversies, Questions, and Strategies for Ethical Computing. Wiley.
  4. ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.

Pendukung :

  1. youtube.com

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan pentingnya etika dalam profesi.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Pengantar Etika Profesi: Definisi dan Ruang Lingkup
Pustaka: Velasquez, M. G. (2017). Business Ethics: Concepts and Cases. Pearson.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan etika, moral, dan hukum.

  1. Kehadiran
  2. Tugas individu
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Tugas individu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok
90 menit
Diskusi kelompok
0
Materi: Pengantar Etika Profesi: Definisi dan Ruang Lingkup
Pustaka: Velasquez, M. G. (2017). Business Ethics: Concepts and Cases. Pearson.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar etika profesi yang relevan dalam bidang teknologi informasi.

  1. Kehadiran
  2. Tugas kelompok
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Tugas kelompok

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Latihan membuat persona
90 menit
Latihan membuat persona
0
Materi: Prinsip Dasar Etika dan Moral
Pustaka: Velasquez, M. G. (2017). Business Ethics: Concepts and Cases. Pearson.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu Menyebutkan dan menjelaskan isi kode etik profesi di bidang teknologi informasi.

  1. Kehadiran
  2. Tugas individu
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Tugas individu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membuat wireframe sederhana
90 menit
Membuat wireframe sederhana
0
Materi: Kode Etik Profesi dalam TI
Pustaka: Quinn, M. J. (2014). Ethics for the Information Age. Pearson.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu Memahami peran dan fungsi kode etik dalam menjaga profesionalisme kerja.

  1. Kehadiran
  2. Tugas individu
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Tugas individu

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik, Diskusi
90 menit
Praktik, Diskusi
0
Materi: Kode Etik Profesi dalam TI
Pustaka: Tavani, H. T. (2013). Ethics and Technology: Controversies, Questions, and Strategies for Ethical Computing. Wiley.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu Mengidentifikasi pelanggaran kode etik yang sering terjadi di bidang teknologi informasi.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Privasi dan Keamanan Data
Pustaka: Tavani, H. T. (2013). Ethics and Technology: Controversies, Questions, and Strategies for Ethical Computing. Wiley.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu Mengidentifikasi dilema etika yang sering muncul dalam dunia kerja.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Isu Etika dalam Media Sosial dan Teknologi
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu Menganalisis studi kasus terkait dilema etika dengan pendekatan logis dan kritis.
  2. Mahasiswa mampu Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi dilema etika berdasarkan prinsip etika dan kode etik.
  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Ujian Tengah Semester (UTS)
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
15%

9

Minggu ke 9

Mempraktikkan nilai-nilai etika dalam situasi kerja tim dan individu.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Dilema Etika: Kasus-Kasus Nyata
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu Menggunakan standar kode etik sebagai acuan dalam pengambilan keputusan profesional.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Etika dalam Kerja Tim dan Kepemimpinan
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu Mengevaluasi dampak penerapan etika terhadap keberhasilan kerja profesional.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Tanggung Jawab Sosial dan Profesional
Pustaka: Quinn, M. J. (2014). Ethics for the Information Age. Pearson.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu Mengidentifikasi nilai-nilai etika yang relevan dalam pengambilan keputusan profesional.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Penyalahgunaan Teknologi Informasi
Pustaka: Tavani, H. T. (2013). Ethics and Technology: Controversies, Questions, and Strategies for Ethical Computing. Wiley.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu Menyusun keputusan profesional yang mencerminkan prinsip etika dan tanggung jawab sosial.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Tren Etika Profesi di Era Digital
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
5%

14

Minggu ke 14

Menjelaskan pentingnya integritas dalam menjaga reputasi dan kepercayaan di dunia kerja.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Proyek Kasus Etika Profesi
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu Menjelaskan pentingnya integritas dalam menjaga reputasi dan kepercayaan di dunia kerja.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Presentasi dan Evaluasi Proyek
Pustaka: Tavani, H. T. (2013). Ethics and Technology: Controversies, Questions, and Strategies for Ethical Computing. Wiley.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mMenjelaskan pentingnya integritas dalam menjaga reputasi dan kepercayaan di dunia kerja.

  1. Kehadiran
  2. Diskusi
Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
90 menit
Ceramah, Diskusi
0
Materi: Ujian Akhir Semester (UAS)
Pustaka: ACM. (2020). Code of Ethics and Professional Conduct.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 97.5%
2. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.