Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8820102207

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

6

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Fafi Inayatillah, M.Pd.




Dr. Fafi Inayatillah, M.Pd.




Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengelola pembelajaran di sekolah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching

Pustaka

Utama :

  1. p>
  2. Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.

  3. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


  4. Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta

  5. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press.

  6. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.

  7. Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

  8. Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

  9. Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

Pendukung :

  1. Buku Panduan PPL Unesa

Dosen Pengampu

Dra. Trinil Dwi Turistiani, M.Pd.

Drs. Parmin, M.Hum.

Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd.

Yermia Nugroho Agung Wibowo, S.Pd., M.Pd.

Andik Yuliyanto, S.S., M.Si.

Dr. Dianita Indrawati, S.S., M.Hum.

Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Mukhzamilah, S.S., S.Pd., M.Ed.

Dr. Fafi Inayatillah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.

Hespi Septiana, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1)

  1. Menjelaskan konsep dan MBS dari berbagai sumber belajar dan TIK
  2. Menjelaskan karakteristik sekolah yang menerapkan MBS
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi,tugas
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.

1%

2

Minggu ke 2

Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1)

Mengidentifikasi kurikulum sekolah

Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

1%

3

Minggu ke 3

Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1)

  1. Menjelaskan konsep Supervisi Klinis (SK) dari berbagai sumber belajar dan TIK
  2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembuatan rancangan SK
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

1%

4

Minggu ke 4

Memiliki pengetahuan penting manajemen berbasis sekolah, supervise klinis, micro teaching, dan perencanaan pembelajaran (1)

  1. Menjelaskan konsep micro teaching dari berbagai sumber belajar dan TIK
  2. Memberi contoh keterampilan dasar mengajar
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tugas
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

1%

5

Minggu ke 5

Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1)

Menjelaskan skenario keterampilan dasar mengajar

Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

1%

6

Minggu ke 6

Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi (2)Mengembangkan perangkat pembelajaran yang memperhatikan keragaman peserta didik, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus (6)Memanfaatkan hasil-hasil riset untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif (5)

Mengembangkan perangkat pembalajaran berupa silabus, RPP, dan bahan ajar

Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop dan Presentasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.

1%

7

Minggu ke 7

Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi (2)Mengembangkan perangkat pembelajaran yang memperhatikankeragaman peserta didik, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus (6)Memanfaatkan hasil-hasil riset untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif (5)

Mengembangkan asesmen

Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop dan Presentasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

20%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

Materi: -
Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.

6%

9

Minggu ke 9

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

angket


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Micro teaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

1%

10

Minggu ke 10

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Microteaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

10%

11

Minggu ke 11

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4)

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Microteaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

20%

12

Minggu ke 12

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Micro teaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

1%

13

Minggu ke 13

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Micro teaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

1%

14

Minggu ke 14

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Micro teaching dan simulas
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta

10%

15

Minggu ke 15

Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa

  1. Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
  2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
  3. Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
Kriteria:

Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Micro teaching dan simulasi
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

15%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Proyek

Kriteria:

Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 X 50

Materi: -
Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.


Materi: -
Pustaka: Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta


Materi: -
Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 25%
4. Tes 6%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.