|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8820102207 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
6 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Fafi Inayatillah, M.Pd.
|
Dr. Fafi Inayatillah, M.Pd.
|
Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengelola pembelajaran di sekolah
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching |
Pustaka
|
Utama : |
|
- p>
- Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.
- Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta
- UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press.
- Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.
- Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.
- Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.
- Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.
|
Pendukung : |
|
- Buku Panduan PPL Unesa
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Trinil Dwi Turistiani, M.Pd. Drs. Parmin, M.Hum. Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd. Yermia Nugroho Agung Wibowo, S.Pd., M.Pd. Andik Yuliyanto, S.S., M.Si. Dr. Dianita Indrawati, S.S., M.Hum. Dr. Titik Indarti, M.Pd. Mukhzamilah, S.S., S.Pd., M.Ed. Dr. Fafi Inayatillah, S.Pd., M.Pd. Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd. Hespi Septiana, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1) |
- Menjelaskan konsep dan MBS dari berbagai sumber belajar dan TIK
- Menjelaskan karakteristik sekolah yang menerapkan MBS
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi,tugas 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo. |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1) |
Mengidentifikasi kurikulum sekolah |
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
1% |
3
Minggu ke 3 |
Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1) |
- Menjelaskan konsep Supervisi Klinis (SK) dari berbagai sumber belajar dan TIK
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembuatan rancangan SK
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
1% |
4
Minggu ke 4 |
Memiliki pengetahuan penting manajemen berbasis sekolah, supervise klinis, micro teaching, dan perencanaan pembelajaran (1) |
- Menjelaskan konsep micro teaching dari berbagai sumber belajar dan TIK
- Memberi contoh keterampilan dasar mengajar
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan tugas 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
1% |
5
Minggu ke 5 |
Memiliki pengetahuan tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis, micro teaching dan perencanaan pembelajaran (1) |
Menjelaskan skenario keterampilan dasar mengajar |
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
1% |
6
Minggu ke 6 |
Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi (2)Mengembangkan perangkat pembelajaran yang memperhatikan keragaman peserta didik, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus (6)Memanfaatkan hasil-hasil riset untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif (5) |
Mengembangkan perangkat pembalajaran berupa silabus, RPP, dan bahan ajar |
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop dan Presentasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition. |
1% |
7
Minggu ke 7 |
Membuat keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi (2)Mengembangkan perangkat pembelajaran yang memperhatikankeragaman peserta didik, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus (6)Memanfaatkan hasil-hasil riset untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif (5) |
Mengembangkan asesmen |
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop dan Presentasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
20% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition. |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4) |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
angket Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Micro teaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer. |
1% |
10
Minggu ke 10 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4) |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Microteaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa (4) |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Microteaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer. |
20% |
12
Minggu ke 12 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Micro teaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
1% |
13
Minggu ke 13 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Micro teaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer. |
1% |
14
Minggu ke 14 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Micro teaching dan simulas 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dan karakteristik siswa |
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan perangkat yang dikembangkan
- Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perangkat pembelajaran yang sudah dicobakan
- Menyusun rencana perbaikan perangkat pembelajaran
|
Kriteria:
Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Micro teaching dan simulasi 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Proyek |
Kriteria:
Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press. Materi: - Pustaka: Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta Materi: - Pustaka: Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer. |
10% |