Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu

7320102143

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

6 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penjabaran kajian ontologis, epistemologis, dan aksiologis keilmuan dalam hal implementasinya bagi pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan titik tekan pada persoalan logika dan metodologi ilmiah, serta tanggung jawab material, formal, dan moral keilmuan

Pustaka

Utama :

  1. Pramono, Made. Dkk. 2005. Filsafat Ilmu (Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi). Surabaya: Unesa Unipress.
  2. Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah, dan Pengembangan Metode Ilmiah. Yogyakarta: CAPS.
  3. Jujun S. Suriasumantri. 2003. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
  4. The Liang Gie. 1991. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
  5. Mohammad Hatta. 2006. Alam Pikiran Yunani. Jakarta: UI Press
  6. Warsono, 2008. Logika Cara Berpikir sehat. Surabaya: Unesa University Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

SUHANADJI

Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd.

MAS SUBAGIO

Prof. Dr. Warsono, M.S.

Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.

Supriyanto, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep dasar filsafat dan filsafat ilmu

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan,persoalan, dan ruang lingkup filsafat dan filsafat ilmu

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar.

Contextual instruction Diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menguasai konsep dasar filsafat dan filsafat ilmu

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan,persoalan, dan ruang lingkup filsafat dan filsafat ilmu

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar.

Contextual instruction Diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Kemampuan menjelaskan konsepsi umum keilmuan

Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan, dan syarat-syarat suatu pengetahuan dapat disebut ilmu.

Kriteria:
  1. Soal tertulis:
  2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
  3. pedoman observasi
  4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur keaktifan dan akurasi pemahaman rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
pembelajaran langsung, diskusi kelompok
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami pengertian dan aspek-aspek ontologi keilmuan

Mahasiswa dapat menjelaskan aspek-aspek ontologi keillmuan

Kriteria:
  1. Soal tertulis:
  2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
  3. pedoman observasi
  4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
  5. 1. keaktifan
  6. 2. kemampuan komunikasi
  7. 3. akurasi pemahaman
  8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
Contextual instruction Cooperative learning
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami pengertian dan aspek-aspek ontologi keilmuan

Mahasiswa dapat menjelaskan aspek-aspek ontologi keillmuan

Contextual instruction Cooperative learning
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan

Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan

Kriteria:
  1. Soal tertulis:
  2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
  3. pedoman observasi
  4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
  5. 1. keaktifan
  6. 2. kemampuan komunikasi
  7. 3. akurasi pemahaman
  8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
Contextual instructionCooperative learning
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan

Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan

Kriteria:
  1. Soal tertulis:
  2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
  3. pedoman observasi
  4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
  5. 1. keaktifan
  6. 2. kemampuan komunikasi
  7. 3. akurasi pemahaman
  8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
Contextual instructionCooperative learning
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu:batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu

    Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    Contextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu:batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu

    Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    Contextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: hakikat kebenaran dan teori kebenaran

    pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang hakikat kebenaran dan teori kebenaran

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    Contextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu

    Dapat menjelaskan aksiologi sebagai bagian integral dalam filsafat ilmu termasuk tentang etika dan estetika

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    ontextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu

    Dapat menjelaskan aksiologi sebagai bagian integral dalam filsafat ilmu termasuk tentang etika dan estetika

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    ontextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu

    Dapat menjelaskan dampak etis dari pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan tanggung jawab sosial dan profesional seorang ilmuwan

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    Contextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu

    Dapat menjelaskan dampak etis dari pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan tanggung jawab sosial dan profesional seorang ilmuwan

    Kriteria:
    1. Soal tertulis:
    2. nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
    3. pedoman observasi
    4. skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
    5. 1. keaktifan
    6. 2. kemampuan komunikasi
    7. 3. akurasi pemahaman
    8. Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
    Contextual instructionCooperative learning
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

      TES TULIS
      2 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.