|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Ilmu |
7320102143 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penjabaran kajian ontologis, epistemologis, dan aksiologis keilmuan dalam hal implementasinya bagi pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan titik tekan pada persoalan logika dan metodologi ilmiah, serta tanggung jawab material, formal, dan moral keilmuan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pramono, Made. Dkk. 2005. Filsafat Ilmu (Kajian Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi). Surabaya: Unesa Unipress.
- Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah, dan Pengembangan Metode Ilmiah. Yogyakarta: CAPS.
- Jujun S. Suriasumantri. 2003. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
- The Liang Gie. 1991. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
- Mohammad Hatta. 2006. Alam Pikiran Yunani. Jakarta: UI Press
- Warsono, 2008. Logika Cara Berpikir sehat. Surabaya: Unesa University Press
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SUHANADJI Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. MAS SUBAGIO Prof. Dr. Warsono, M.S. Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. Supriyanto, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai konsep dasar filsafat dan filsafat ilmu |
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan,persoalan, dan ruang lingkup filsafat dan filsafat ilmu |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar. |
Contextual instruction Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai konsep dasar filsafat dan filsafat ilmu |
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan,persoalan, dan ruang lingkup filsafat dan filsafat ilmu |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila dapat menjawab pertanyaan di atas dengan benar. |
Contextual instruction Diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Kemampuan menjelaskan konsepsi umum keilmuan |
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan, dan syarat-syarat suatu pengetahuan dapat disebut ilmu. |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur keaktifan dan akurasi pemahaman rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
pembelajaran langsung, diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pengertian dan aspek-aspek ontologi keilmuan |
Mahasiswa dapat menjelaskan aspek-aspek ontologi keillmuan |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instruction Cooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pengertian dan aspek-aspek ontologi keilmuan |
Mahasiswa dapat menjelaskan aspek-aspek ontologi keillmuan |
|
Contextual instruction Cooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan |
Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan |
Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang konsep dasar ilmu dan sumber pengetahuan |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu:batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu |
Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu:batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu |
Dapat menjelaskan pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang batas-batas ilmu pengetahuan dan metode ilmu |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu: hakikat kebenaran dan teori kebenaran |
pokok-pokok epistemologi dalam filsafat ilmu khususnya tentang hakikat kebenaran dan teori kebenaran |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu |
Dapat menjelaskan aksiologi sebagai bagian integral dalam filsafat ilmu termasuk tentang etika dan estetika |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
ontextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu |
Dapat menjelaskan aksiologi sebagai bagian integral dalam filsafat ilmu termasuk tentang etika dan estetika |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
ontextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu |
Dapat menjelaskan dampak etis dari pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan tanggung jawab sosial dan profesional seorang ilmuwan |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu |
Dapat menjelaskan dampak etis dari pengembangan dan pemanfaatan ilmu dan tanggung jawab sosial dan profesional seorang ilmuwan |
Kriteria:
- Soal tertulis:
- nilai penuh diberikan pada jawaban yang benar.
- pedoman observasi
- skor dalam rentang 1-4 ditetapkan untuk mengkur
- 1. keaktifan
- 2. kemampuan komunikasi
- 3. akurasi pemahaman
- Keterangan: rendah (1), cukup (2), baik (3), sangat baik (4).
|
Contextual instructionCooperative learning 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
TES TULIS 2 X 50 |
|
|
0% |