Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Manajemen Strategik Pendidikan

8610402136

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

17 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Kaniati Amalia, M.Pd;




.......................................




Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Pendidikan (pemimpin)

PLO-10

Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami Pengertian Manajemen Strategik dalam Pendidikan

PO - 2

Mampu memahami Organisasi Lembaga Pendidikan

PO - 3

Mampu memahami Model Manajemen Strategik dalam Pendidikan

PO - 4

Mampu memahami Visi, Misi, Nilai-Nilai

PO - 5

Mampu memahami Telaah Lingkungan Strategis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-8PLO-10
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah Manajemen Strategi mengkaji konsep, model, dan proses manajemen strategik berserta implementasinya. Materi yang dibahas mulai dari proses formulasi yang terdiri atas; analisis lingkungan internasl dan eksternal, visi dan misi institusi, implementasi dan evaluasi strategi. Tugas mata kuliah ini berupa analisis tema mata kuliah per kelompok dan penyusunan rencana strategi institusi pendidikan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Project Based Learning.

Pustaka

Utama :

  1. David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
  2. Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
  3. Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
  4. Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
  5. Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kaniati Amalia, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar manjemen strategik

Mahasiswa mampu menelaah konsep manajemen strategik

Kriteria:

Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi dan Presentasi
2 x 50
Ceramah, Diskusi dan Presentasi
2 x 50
5%

2

Minggu ke 2

Memahami Model, Proses dan Tingkat Manajemen Strategi

  1. Mahasiswa mampu memahami analisis strategik
  2. Mahasiswa mampu memahami dimensi strategik
  3. .Mahasiswa mampu memahami tingkat strategik.
Kriteria:

Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban

Cearamah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Cearamah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Materi: Analisis Lingkungan Eksternal (Makro)
Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep visi dan misi dalam manajemen startegis dan menganalisisnya

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep visi dan misi dalam renstra
  2. Mampu Menganalisis Visi dan Misi Lembaga Pendidikan
  3. Mahasiswa mampu merumuskan visi dan misi lembaga pendidikan
Kriteria:

Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Materi: Lingkungan Eksternal
Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K.
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis lingkungan eksternal lembaga pendidikan

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep analisis lingkungan internal
  2. Mahasiswa mampu menganalisis lingkungan internal lembaga pendidikan
Kriteria:
  1. Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
  2. Ketepatan analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Analisis Lingkungan Internal
Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall
5%

5

Minggu ke 5

  1. M e n g a n alisis lingkungan ek s t e r n al lembaga pendidikan
  1. M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi analisis lingkungan eksternal lembaga pendidikan
  2. M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n t e k nik a n alisis e k s t e r n al
Kriteria:
  1. Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
  2. Ketepatan analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Caramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Caramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
5%

6

Minggu ke 6

M e n e r a p k a n a n alisis S W O T d ala m r e n c a n a s t r a t e gis

  1. .M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi konsep Mo d el SWOT
  2. M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n A n alisis S W O T d ala m r e n c a n a s t r a t e gis
Kriteria:

Keaktif a n d a n p a r tisip a si m a h a sis w a

Presentasi, Ceramah dan Diskusi
2 x 50
Presentasi, Ceramah dan Diskusi
2 x 50
Materi: Analisis lingkungan eksternal
Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall
5%

7

Minggu ke 7

M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis je nis d a n tip e s t r a t e gi

M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis je nis s t r a t e gi

Kriteria:

Kemam p u a n m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si d a n k e a k tif a n p a d a s a a t dis k u si


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Tingkatan dan tipe strategi
Pustaka: Husein Umar.2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan dalam proses perumusan dan pemilihan strategi.


2 x 50

2 x 50
15%

9

Minggu ke 9

M e m a h a mi perumusan r e n c a n a s t r a t e gis ( r e n s t r a ) lembaga pendidik a n

  1. .M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi teknik perumusan rencana strategis
  2. M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n t e k nik d ala m p e r u m u s a n r e n s t r a
Kriteria:

Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n m a h a sis w a d ala m s e si dis k u si


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
Materi: WOT Matrix dan Space Matrix.
Pustaka: Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Strategic Management. Fifth Edition. New Jersey: Addison-Wesley.
5%

10

Minggu ke 10

M e n g a n alisis r e n c a n a s t r a t e gis ( r e n s t r a ) lembaga pendidik a n

M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis r e n s t r a le m b a g a p e n didik a n

Kriteria:

Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n m a h a sis w a d ala m s e si dis k u si


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: BCG Matrix, GE/IE Matrix, Matriks Strategi Besar (Grand Strategy Matrix).
Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall
5%

11

Minggu ke 11

M e m a h a mi t e k nik a n alisis dan pemilihan strategi

  1. M e m a h a mi teknik analisis dan pemilihan strategi
  2. Mahasiswa mampu memahami Tahapan/Proses Implementasi Strategi: Penerapan Isu-Isu Manajemen dan Operasi.
Kriteria:

Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n p a d a s a a t dis k u si


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Tahapan implementasi strategi
Pustaka: David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis: Konsep dan Kasus. Edisi 12. Buku 1. Penerjemah: Dono Sunardi. Jakarta: Salemba Empat.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu menganalisis rencana strategi
  2. Mahasiswa mampu menyusun rencara strategis lembaga sependidikan
Kriteria:

ketepatan penyusunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


5%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep dan proses implementasi strategi

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep implementasi strategi
  2. Mahasiswa mampu mnjelasakan proses implementasi strategi
Kriteria:

Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Alat pengukur kinerja
Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K.
5%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep pengukuran dan evaluasi strategi dan menerapkannya

  1. .Mahasiswa mampu memahami konsep pengukuran dan evaluasi pelaksanaan strategi
  2. Mahasiswa mampu menerapkan Balanced Scoredcared evaluasi pelaksanaan strategi
Kriteria:
  1. .Keaktifan dalam pembelajaran
  2. .Ketepatan melakukan praktik
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
0%

15

Minggu ke 15

Menganalisis renstra pendidikan di dunia

Mahasiswa mampu menganalisis renstra bidang pendidikan di dunia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2 x 50
Presentasi dan diskusi
2 x 50
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif (US)

Presentasi Hasil Penyusunan Renstra
2 x 50
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra
2 x 50
19%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.34%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 8.34%
55.02%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.