|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Manajemen Strategik Pendidikan |
8610402136 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
17 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Kaniati Amalia, M.Pd;
|
.......................................
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Pendidikan (pemimpin) |
PLO-10 |
Mampu melakukan dan mengembangkan riset bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami Pengertian Manajemen Strategik dalam Pendidikan
|
PO - 2 |
Mampu memahami Organisasi Lembaga Pendidikan
|
PO - 3 |
Mampu memahami Model Manajemen Strategik dalam Pendidikan
|
PO - 4 |
Mampu memahami Visi, Misi, Nilai-Nilai
|
PO - 5 |
Mampu memahami Telaah Lingkungan Strategis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah Manajemen Strategi mengkaji konsep, model, dan proses manajemen strategik berserta implementasinya. Materi yang
dibahas mulai dari proses formulasi yang terdiri atas; analisis lingkungan internasl dan eksternal, visi dan misi institusi, implementasi dan
evaluasi strategi. Tugas mata kuliah ini berupa analisis tema mata kuliah per kelompok dan penyusunan rencana strategi institusi
pendidikan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Project Based Learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
- Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
- Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
- Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
- Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. Dr. Kaniati Amalia, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar manjemen strategik |
Mahasiswa mampu menelaah konsep manajemen strategik |
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi dan Presentasi 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi dan Presentasi 2 x 50 |
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Model, Proses dan Tingkat Manajemen Strategi |
- Mahasiswa mampu memahami analisis strategik
- Mahasiswa mampu memahami dimensi strategik
- .Mahasiswa mampu memahami tingkat strategik.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban |
Cearamah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Cearamah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Materi: Analisis Lingkungan Eksternal (Makro) Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep visi dan misi dalam manajemen startegis dan menganalisisnya |
- Mahasiswa mampu memahami konsep visi dan misi dalam renstra
- Mampu Menganalisis Visi dan Misi Lembaga Pendidikan
- Mahasiswa mampu merumuskan visi dan misi lembaga pendidikan
|
Kriteria:
Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Materi: Lingkungan Eksternal Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis lingkungan eksternal lembaga pendidikan |
- Mahasiswa mampu memahami konsep analisis lingkungan internal
- Mahasiswa mampu menganalisis lingkungan internal lembaga pendidikan
|
Kriteria:
- Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
- Ketepatan analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Analisis Lingkungan Internal Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- M e n g a n alisis lingkungan ek s t e r n al lembaga pendidikan
|
- M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi analisis lingkungan eksternal lembaga pendidikan
- M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n t e k nik a n alisis e k s t e r n al
|
Kriteria:
- Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
- Ketepatan analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Caramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Caramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
M e n e r a p k a n a n alisis S W O T d ala m r e n c a n a s t r a t e gis |
- .M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi konsep Mo d el SWOT
- M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n A n alisis S W O T d ala m r e n c a n a s t r a t e gis
|
Kriteria:
Keaktif a n d a n p a r tisip a si m a h a sis w a |
Presentasi, Ceramah dan Diskusi 2 x 50 |
Presentasi, Ceramah dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Analisis lingkungan eksternal Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall |
5% |
7
Minggu ke 7 |
M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis je nis d a n tip e s t r a t e gi |
M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis je nis s t r a t e gi |
Kriteria:
Kemam p u a n m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si d a n k e a k tif a n p a d a s a a t dis k u si Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Tingkatan dan tipe strategi Pustaka: Husein Umar.2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan dalam proses perumusan dan pemilihan strategi. |
|
|
2 x 50 |
2 x 50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
M e m a h a mi perumusan r e n c a n a s t r a t e gis ( r e n s t r a ) lembaga pendidik a n |
- .M a h a sis w a m a m p u m e m a h a mi teknik perumusan rencana strategis
- M a h a sis w a m a m p u m e n e r a p k a n t e k nik d ala m p e r u m u s a n r e n s t r a
|
Kriteria:
Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n m a h a sis w a d ala m s e si dis k u si Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
Materi: WOT Matrix dan Space Matrix. Pustaka: Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Strategic Management. Fifth Edition. New Jersey: Addison-Wesley. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
M e n g a n alisis r e n c a n a s t r a t e gis ( r e n s t r a ) lembaga pendidik a n |
M a h a sis w a m a m p u m e n g a n alisis r e n s t r a le m b a g a p e n didik a n |
Kriteria:
Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n m a h a sis w a d ala m s e si dis k u si Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: BCG Matrix, GE/IE Matrix, Matriks Strategi Besar (Grand Strategy Matrix). Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall |
5% |
11
Minggu ke 11 |
M e m a h a mi t e k nik a n alisis dan pemilihan strategi |
- M e m a h a mi teknik analisis dan pemilihan strategi
- Mahasiswa mampu memahami Tahapan/Proses Implementasi Strategi: Penerapan Isu-Isu Manajemen dan Operasi.
|
Kriteria:
Kemam p u a n m a h a sis w a d ala m m e m p r e s e n t a sik a n h a sil dis k u si kelompok da n k e a k tif a n p a d a s a a t dis k u si Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Tahapan implementasi strategi Pustaka: David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis: Konsep dan Kasus. Edisi 12. Buku 1. Penerjemah: Dono Sunardi. Jakarta: Salemba Empat. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Mahasiswa mampu menganalisis rencana strategi
- Mahasiswa mampu menyusun rencara strategis lembaga sependidikan
|
Kriteria:
ketepatan penyusunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep dan proses implementasi strategi |
- Mahasiswa mampu memahami konsep implementasi strategi
- Mahasiswa mampu mnjelasakan proses implementasi strategi
|
Kriteria:
Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Alat pengukur kinerja Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep pengukuran dan evaluasi strategi dan menerapkannya |
- .Mahasiswa mampu memahami konsep pengukuran dan evaluasi pelaksanaan strategi
- Mahasiswa mampu menerapkan Balanced Scoredcared evaluasi pelaksanaan strategi
|
Kriteria:
- .Keaktifan dalam pembelajaran
- .Ketepatan melakukan praktik
|
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis renstra pendidikan di dunia |
Mahasiswa mampu menganalisis renstra bidang pendidikan di dunia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif (US) |
|
|
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra 2 x 50 |
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra 2 x 50 |
|
19% |