Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahasa Inggris Practical Culinary

6230503062

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

23 Agustus 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ita Fatkhur Romadhoni




Niken Purwidiani, M.Pd




Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban

PLO-7

Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien

PLO-10

Mampu merancang dan melakukan kegiatan penawaran atau promosi produk/layanan bisnis kuliner dan mampu melakukan pemasaran produk kuliner sesuai perkembangan teknologi di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS melalui penguasaan bahasa ingris untuk menyelesaikan masalah di bidang kuliner

PO - 2

Mahasiswa menguasai struktur Bahasa inggris di bidang kuliner

PO - 3

Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi terdahap dinamika masalah di lingkungan kerja

PO - 4

Mahasiswa memiliki karakter bertanggung jawab, kreatif, aktif, percaya diri, dan dedikasi dalam mengembangkan keahlian berbahasa inggris.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengimplementasikan Bahasa inggris dalam bentuk speaking, reading dan writing di bidang kuliner

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang pengaplikasian penggunaan bahasa inggris pada Practical culinary pembahasanya berkaitan dengan: history of culinary arts, leadership, professional Ethics, food production, global cuisine, culinary operation . Strategi belajar yang digunakan pada mata kuliah bahasa inggris Practical culinary ini adalah dengan menggunakan presentasi dan diskusi yang berkaitan dengan practical culinary. Penugasan kepada mahasiswa dalam bentuk paper yang akan dipresentasikan pada tugas akhir semester.

Pustaka

Utama :

  1. Articles taken from English textbook, internet, etc
  2. Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman
  3. Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/the-student-kitchen/kitchen-basic-technique/glossary-common-culinary-terms/
  4. Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
  5. Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press

Pendukung :

  1. Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
  2. Page, K., Dornenburg, A. (1996). Culinary Artistry. United Kingdom: Wiley.

Dosen Pengampu

Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd.

Mauren Gita Miranti, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan tentang Industry Pelayanan Makanan

-kepegawaian - FCC LA-Sejarah & Filosofi industry dengan hubungan manusia

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Student centered learning, presentasi
2 X 50

Materi: Filosofi industry dengan hubungan manusia
Pustaka: Articles taken from English textbook, internet, etc
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan History Culinary arts

History culinary arts

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: History culinary arts
Pustaka: Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan tentang Leadership

kepemimpinan sukses di dapurpentingnya kepemimpinan di dapurstruktur organisasi dapur

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Leadership
Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/...
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan Professional Ethics

Professional Ethics

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Professional Ethics
Pustaka: Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
5%

5

Minggu ke 5

Proper Use and Care of Commersial

Mendefinisikan tentang Proper Use and Care of Commersial Menjelaskan contoh Proper Use and Care of Commersial

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Proper Use and Care of Commersial
Pustaka: Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
5%

6

Minggu ke 6

A classic culinary foundation and understanding

tujuan Komunikasi di dapur time management di dapur kebutuhan porsi dan harga dalam memproduksi makanan

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: A classic culinary foundation and understanding
Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan Global cuisine

Gobal Cuisine

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Global cuisine
Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/...
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menyelesaikan tugas pertemuan 2-7

Mampu mempresentasikan hasil kerja

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi
2 X 50

Materi: Presentasi
Pustaka: Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
10%

9

Minggu ke 9

Menjelaskan Culinary Operations

  1. Culinary Operational Theory
  2. Kitchen Management TechniquesPractical skills requirements
Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Culinary Operational Theory
Pustaka: Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
5%

10

Minggu ke 10

Customer Service and Brand Marketing

1. Menjelaskan konsep teori tentang Customer Service and Brand Marketing2. Menjelaskan tentang provide superior customer service in the food industry3.Mengaplikasikan tentang Brand Marketing di Social Media (Event Promotion, Pacaging Product)

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Customer Service and Brand Marketing
Pustaka: Page, K., Dornenburg, A. (1996). Culinary Artistry. United Kingdom: Wiley.
5%

11

Minggu ke 11

Culinary Safety and Sanitation

1. Menjelaskan konsep teori tentang Culinary safety and sanitation2. Menjelaskan tentang personal sanitation and kitchen sanitation3.Menjelaskan tentang kitchen, food and personal safety work

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Culinary Safety and Sanitation
Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/...
5%

12

Minggu ke 12

Professional Kitchen

1. Menjekaskan tentang Professional Kitchen2. Menjelaskan tentang Equipment dan Metric Measurement in Proffesional Kitchen3. Menjelaskan tujuan standard resep & nutrisi4. Menjelaskan tujuan Food presentation

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi
2 X 50

Materi: Professional Kitchen
Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
5%

13

Minggu ke 13

Application Culinary

  1. Mendefinisikan keberlanjutan produksi makanannya
  2. mendefinisikan Common culinary Term
Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Application Culinary
Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/...
5%

14

Minggu ke 14

Technology and Computer Application

  1. Menjelaskan konsep teori Technology and Computer Application in Food Industry
  2. Mendefinisi tujuan Food Technology application in food Industry
  3. Mendefinisi tujuan Computer Application in Food Industry
Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Technology and Computer Application
Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
5%

15

Minggu ke 15

Culinary Careers Goal and Opportunity

1. Mendefinisikan tujuan personal skill2. Mendefinisikan tujuan Procedures for appling job3. Mendefinisikan tujuan Procedures for job interview

Kriteria:

partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi
2 X 50

Materi: Culinary Careers Goal and Opportunity
Pustaka: Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman
10%

16

Minggu ke 16

Presenting Menu

Mampu mempresentasikan menu menggunakan bahasa inggris

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja

2 X 50

Materi: Presenting menu
Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Penilaian Portofolio 7.5%
4. Penilaian Praktikum 5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
6. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.