|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Inggris Practical Culinary |
6230503062 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
23 Agustus 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ita Fatkhur Romadhoni
|
Niken Purwidiani, M.Pd
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban |
PLO-7 |
Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien |
PLO-10 |
Mampu merancang dan melakukan kegiatan penawaran atau promosi produk/layanan bisnis kuliner dan mampu melakukan pemasaran produk kuliner sesuai perkembangan teknologi di era digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS melalui penguasaan bahasa ingris untuk menyelesaikan masalah di bidang kuliner
|
PO - 2 |
Mahasiswa menguasai struktur Bahasa inggris di bidang kuliner
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi terdahap dinamika masalah di lingkungan kerja
|
PO - 4 |
Mahasiswa memiliki karakter bertanggung jawab, kreatif, aktif, percaya diri, dan dedikasi dalam mengembangkan keahlian berbahasa inggris.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan Bahasa inggris dalam bentuk speaking, reading dan writing di bidang kuliner
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | | PO-4 | | | | PO-5 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengaplikasian penggunaan bahasa inggris pada Practical culinary pembahasanya berkaitan dengan: history of culinary arts, leadership, professional Ethics, food production, global cuisine, culinary operation . Strategi belajar yang digunakan pada mata kuliah bahasa inggris Practical culinary ini adalah dengan menggunakan presentasi dan diskusi yang berkaitan dengan practical culinary. Penugasan kepada mahasiswa dalam bentuk paper yang akan dipresentasikan pada tugas akhir semester. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Articles taken from English textbook, internet, etc
- Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman
- Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/the-student-kitchen/kitchen-basic-technique/glossary-common-culinary-terms/
- Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
- Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press
|
Pendukung : |
|
- Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press.
- Page, K., Dornenburg, A. (1996). Culinary Artistry. United Kingdom: Wiley.
|
Dosen Pengampu
|
Ita Fatkhur Romadhoni, S.Pd., M.Pd. Mauren Gita Miranti, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan tentang Industry Pelayanan Makanan |
-kepegawaian - FCC LA-Sejarah & Filosofi industry dengan hubungan manusia |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Student centered learning, presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Filosofi industry dengan hubungan manusia Pustaka: Articles taken from English textbook, internet, etc |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan History Culinary arts |
History culinary arts |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: History culinary arts Pustaka: Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan tentang Leadership |
kepemimpinan sukses di dapurpentingnya kepemimpinan di dapurstruktur organisasi dapur |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Leadership Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan Professional Ethics |
Professional Ethics |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Professional Ethics Pustaka: Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Proper Use and Care of Commersial |
Mendefinisikan tentang Proper Use and Care of Commersial Menjelaskan contoh Proper Use and Care of Commersial |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Proper Use and Care of Commersial Pustaka: Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
A classic culinary foundation and understanding |
tujuan Komunikasi di dapur time management di dapur kebutuhan porsi dan harga dalam memproduksi makanan |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: A classic culinary foundation and understanding Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan Global cuisine |
Gobal Cuisine |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Global cuisine Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menyelesaikan tugas pertemuan 2-7 |
Mampu mempresentasikan hasil kerja |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Presentasi Pustaka: Murphy, R. (2015). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan Culinary Operations |
- Culinary Operational Theory
- Kitchen Management TechniquesPractical skills requirements
|
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Culinary Operational Theory Pustaka: Murphy, R. (2012). English grammer in use, 4th ed . Cambridge: Cambridge University Press |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Customer Service and Brand Marketing |
1. Menjelaskan konsep teori tentang Customer Service and Brand Marketing2. Menjelaskan tentang provide superior customer service in the food industry3.Mengaplikasikan tentang Brand Marketing di Social Media (Event Promotion, Pacaging Product) |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Customer Service and Brand Marketing Pustaka: Page, K., Dornenburg, A. (1996). Culinary Artistry. United Kingdom: Wiley. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Culinary Safety and Sanitation |
1. Menjelaskan konsep teori tentang Culinary safety and sanitation2. Menjelaskan tentang personal sanitation and kitchen sanitation3.Menjelaskan tentang kitchen, food and personal safety work |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Culinary Safety and Sanitation Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/... |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Professional Kitchen |
1. Menjekaskan tentang Professional Kitchen2. Menjelaskan tentang Equipment dan Metric Measurement in Proffesional Kitchen3. Menjelaskan tujuan standard resep & nutrisi4. Menjelaskan tujuan Food presentation |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Professional Kitchen Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Application Culinary |
- Mendefinisikan keberlanjutan produksi makanannya
- mendefinisikan Common culinary Term
|
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Application Culinary Pustaka: Glossary of Common Culinary Terms, https://ueat.utoronto.ca/... |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Technology and Computer Application |
- Menjelaskan konsep teori Technology and Computer Application in Food Industry
- Mendefinisi tujuan Food Technology application in food Industry
- Mendefinisi tujuan Computer Application in Food Industry
|
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Technology and Computer Application Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Culinary Careers Goal and Opportunity |
1. Mendefinisikan tujuan personal skill2. Mendefinisikan tujuan Procedures for appling job3. Mendefinisikan tujuan Procedures for job interview |
Kriteria:
partisipasi : 25% , USS: 20%, Presentasi : 35%, UAS: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Culinary Careers Goal and Opportunity Pustaka: Azar, B.S & Hagen, S.A (2009) Understanding an using English grammer, 4th ed . New York: Pearson Longman |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Presenting Menu |
Mampu mempresentasikan menu menggunakan bahasa inggris |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
2 X 50 |
|
Materi: Presenting menu Pustaka: Seguret, S. G. (2021). A Chef's Book of Favorite Culinary Quotations: An Inspired Collection for Those Who Love to Cook and Those Who Love to Eat. United States: Hatherleigh Press. |
15% |