Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Jurnalistik

7020702003

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han).

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi digital untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi konten komunikasi yang efektif, termasuk media sosial, website, dan platform digital lainnya.

PLO-7

Mahasiswa mampu memproduksi dan mengelola konten digital yang kreatif dan inovatif untuk berbagai platform media, menggunakan perangkat lunak dan alat digital yang relevan

PLO-11

Mahasiswa mampu bekerja dalam tim, menunjukkan keterampilan kepemimpinan, serta berkolaborasi untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu Menghasilkan berita untuk media cetak, audio visual, dan platform online dengan memanfaatkan IPTEKS

PO - 2

Mampu menganalisis kualitas berita yang berpijak pada kode etik jurnalistik

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis struktur berita yang kompleks untuk mengidentifikasi unsur-unsur berita yang penting dan gaya penulisan yang digunakan.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas berita berdasarkan prinsip-prinsip etika jurnalistik, keakuratan informasi, dan kelengkapan data.

PO - 5

Mahasiswa mampu menilai dampak berita terhadap masyarakat dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan kualitas pemberitaan di media.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-6PLO-7PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Jurnalistik membahas tentang sejarah pers, nilai berita, teknik penulisan berbagai jenis produk jurnalistik, kode etik, serta teknik tata letak media. Pembelajaran berlangsung selama satu semester dengan metode yang mencakup presentasi, diskusi, praktik pencarian dan penulisan berita, serta tugas kelompok untuk membuat koran kelas. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, penilaian kinerja, dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme.
  2. Asep Syamsul M. Romli., 2012, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online, Nuansa Cendekia: Bandung
  3. Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.
  4. BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
  5. Ward, Stephen J. A. Ethics and the Media: An Introduction. Cambridge University Press, 2011.

Pendukung :

  1. Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
  2. Bambang Bujono (ed.), Seandainya Saya Wartawan TEMPO , ISAI, Jakarta, 1996.

Dosen Pengampu

Dr. Eko Pamuji, M.I.Kom.

Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi jurnalistik dan sejarah perkembangannya

  1. Menjelaskan sejarah awal pers
  2. Mendefinisikan jurnalistik
  3. Membedakan jurnalistik dengan ragam penulisan lainnya
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah tanya-jawab, diskusi

Materi: Definisi Jurnalistik dan Sejarah Perkembangannya
Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan tugas dan fungsi media dalam masyarakat

  1. Menjelaskan ragam fungsi media
  2. Memberikan contoh kasus peran media terhadap isu di masyarakat
Kriteria:

Mencari contoh pemberitaan yang merepresentasikan fungsi kontrol media Bentuk Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kelas Tanya - Jawab, Diskusi
3 X 50

Materi: Tugas dan Fungsi Jurnalistik Bagi Masyarakat
Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memberikan contoh tentang berita berkualitas berdasarkan nilai berita

  1. Kemampuan mendefinisikan berita
  2. Kemampuan menyebutkan macam nilai berita
  3. Kemampuan mengidentifikasi news value berita yang ada di media cetak
  4. Kemampuan membedakan berita dan feature
Kriteria:

3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Kelas Tanya-Jawab
3 X 50

Materi: Kualitas Berita di Tengah Masyarakat
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta

Materi: Teknik Menulis Berita
Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.
2%

4

Minggu ke 4

  1. Menguraikan 5w 1H
  2. Menyusun kerangka berita
  3. Mengenal bentuk-bentuk penulisan berita
Kriteria:

Melakukan praktik lapangan mencari ide berita dan membuat kerangka penulisannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya Jawab , Diskusi
3 X 50

Materi: Menulis Berita
Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.

Materi: Teknik melakukan peliputan
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
3%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu membuat judul berita yang baik dan benar
  2. Membuat lead berita

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah Tanya-Jawab
3 X 50

Materi: Menulis Berita
Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.

Materi: Panduan Menentukan Lead Berita
Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menulis berita

  1. Membedakan fakta dan opini 3.mampu menulis naskah berita radio 4.mampu menulis naskah berita televisi mampu menulis nakah berita untuk koran
  2. Menentukan narasumber berita
  3. Mampu menulis naskah berita radio
Kriteria:

penugasan mengubah berita koran menjadi naskah berita televisi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

3 X 50

Materi: Reporting news
Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengetahui objektivitas berita berdasarkan prinsip etika jurnalistik, keakuratan informasi, dan kelengkapan data

  1. m e njela s k a n k o n s e p o b y e k tifit a s b e rit a W e s t e r s t a hl
  2. Mengerti framming berita
  3. Mengerti bahaya dan manfaat stereotype
Kriteria:

penugasan mencari bias obyektifitas berita yang ada di media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya - jawab
3 X 50

Materi: Konsep Objektivitas
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
0%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Membuat dan Menganalisis Berita
3 X 50

Materi: Elemen
Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme.

Materi: Berita di Media Online
Pustaka: Asep Syamsul M. Romli., 2012, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online, Nuansa Cendekia: Bandung

Materi: Menulis Berita
Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.

Materi: Panduan aktivitas jurnalistik
Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.

Materi: Etika
Pustaka: Ward, Stephen J. A. Ethics and the Media: An Introduction. Cambridge University Press, 2011.

Materi: Perilaku Jurnalistik
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta

Materi: Praktik jurnalis
Pustaka: Bambang Bujono (ed.), Seandainya Saya Wartawan TEMPO , ISAI, Jakarta, 1996.
30%

9

Minggu ke 9

Mahasiwa terampil menulis feature

  1. 1.mengidentifikasi tema-tema feature
  2. 2.memberikan contoh penulisan feature
  3. 3.menulis feature human interest
Kriteria:

mahasiswa melakukan praktik lapangan liputan human interest


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tanya Jawab, diskusi
3 X 50

Materi: Feature writing
Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
2%

10

Minggu ke 10

  1. mengenali kesalahan berbahasa dalam berita
  2. membuat judul berita yang baik
  3. menulis naskah berita yang baik dan benar dari segi tata bahasa
Kriteria:

kelompok kerja mempresentasikan hasil pengamatan kesalahan berbahasa oleh media mass a di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik
3 X 50

Materi: panduan feature
Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
3%

11

Minggu ke 11

mahasiswa mampu menemukan ide-ide penulisan untuk media

  1. menyebutkan dan menjelaskan isi media selain berita
  2. mengidentifikasi rubrik-rubrik media massa
  3. mengidentifikasi ide-ide penulisan
Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas menulis artikel bebas sesuai tema rubrik yang didapatkan oleh kelompoknya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tanya Jawab

Materi: Feature
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mengetahui kode etik jurnalistik

  1. 1.Mahasiswa mengerti tentang pasal pasal dalam KUH P yang bisa mengancam jurnalis
  2. 2.Mahasiswa mengerti persoalan delik pers
  3. 3.Mahasiswa mengerti soal hak tolak, hak jawab, & hak koreksi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah tanya jawab
3 x 50

Materi: Hukum Media
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mengetahui kode etik jurnalistik

  1. 1.Mahasiswa mengerti tentang pasal pasal dalam KUH P yang bisa mengancam jurnalis
  2. 2.Mahasiswa mengerti persoalan delik pers
  3. 3.Mahasiswa mengerti soal hak tolak, hak jawab, & hak koreksi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tanya jawab
3 x 50

Materi: Hukum Media
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
5%

14

Minggu ke 14

  1. mampu menjelaskan urgensi kebebasan pers
  2. menjelaskan isi dan latar belakang munculnya amandemen pertama UU Amerika
  3. memahami dan dapat menjelaskan tentang hak informasi publik
Kriteria:

Mahasiswa membuat daftar kekerasan terhadap pers selama satu tahun terakhir dan menuliskan pendapatnya dalam bentuk esai pendek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tanya Jawab
3 X50

Materi: Pers di Indonesia
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memuat konsep atau perencanaan rubrikasi media cetak kelas

Kriteria:
  1. 1.mahasiswa mampu mengidentifikasi rubrik media massa
  2. 2.mampu mengkategorikan jenis khalayak media dan karakteristiknya
  3. 3.mampu menyusun rubrikasi media yang tepat sesuai target khalayak yang dituju

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya Kelas
3 X 50

Materi: rubrikasi media cetak
Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa memuat konsep atau perencanaan rubrikasi media cetak kelas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS ; PROJECT

Materi: Menghasilkan berita untuk media cetak
Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 23%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 73.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 3.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.