|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Jurnalistik |
7020702003 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi digital untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi konten komunikasi yang efektif, termasuk media sosial, website, dan platform digital lainnya. |
PLO-7 |
Mahasiswa mampu memproduksi dan mengelola konten digital yang kreatif dan inovatif untuk berbagai platform media, menggunakan perangkat lunak dan alat digital yang relevan |
PLO-11 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim, menunjukkan keterampilan kepemimpinan, serta berkolaborasi untuk mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu Menghasilkan berita untuk media cetak, audio visual, dan platform online dengan memanfaatkan IPTEKS
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis kualitas berita yang berpijak pada kode etik jurnalistik
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur berita yang kompleks untuk mengidentifikasi unsur-unsur berita yang penting dan gaya penulisan yang digunakan.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas berita berdasarkan prinsip-prinsip etika jurnalistik, keakuratan informasi, dan kelengkapan data.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menilai dampak berita terhadap masyarakat dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan kualitas pemberitaan di media.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-11 | PO-1 | | | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Jurnalistik membahas tentang sejarah pers, nilai berita, teknik penulisan berbagai jenis produk jurnalistik, kode etik, serta teknik tata letak media. Pembelajaran berlangsung selama satu semester dengan metode yang mencakup presentasi, diskusi, praktik pencarian dan penulisan berita, serta tugas kelompok untuk membuat koran kelas. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, penilaian kinerja, dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme.
- Asep Syamsul M. Romli., 2012, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online, Nuansa Cendekia: Bandung
- Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010.
- BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003.
- Ward, Stephen J. A. Ethics and the Media: An Introduction. Cambridge University Press, 2011.
|
Pendukung : |
|
- Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta
- Bambang Bujono (ed.), Seandainya Saya Wartawan TEMPO , ISAI, Jakarta, 1996.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Eko Pamuji, M.I.Kom. Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi jurnalistik dan sejarah perkembangannya |
- Menjelaskan sejarah awal pers
- Mendefinisikan jurnalistik
- Membedakan jurnalistik dengan ragam penulisan lainnya
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah tanya-jawab, diskusi
|
|
Materi: Definisi Jurnalistik dan Sejarah Perkembangannya Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tugas dan fungsi media dalam masyarakat |
- Menjelaskan ragam fungsi media
- Memberikan contoh kasus peran media terhadap isu di masyarakat
|
Kriteria:
Mencari contoh pemberitaan yang merepresentasikan fungsi kontrol media Bentuk Penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelas Tanya - Jawab, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tugas dan Fungsi Jurnalistik Bagi Masyarakat Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memberikan contoh tentang berita berkualitas berdasarkan nilai berita |
- Kemampuan mendefinisikan berita
- Kemampuan menyebutkan macam nilai berita
- Kemampuan mengidentifikasi news value berita yang ada di media cetak
- Kemampuan membedakan berita dan feature
|
Kriteria:
3 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kelas Tanya-Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Kualitas Berita di Tengah Masyarakat Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta Materi: Teknik Menulis Berita Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
|
- Menguraikan 5w 1H
- Menyusun kerangka berita
- Mengenal bentuk-bentuk penulisan berita
|
Kriteria:
Melakukan praktik lapangan mencari ide berita dan membuat kerangka penulisannya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya Jawab , Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Menulis Berita Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010. Materi: Teknik melakukan peliputan Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
3% |
5
Minggu ke 5 |
|
- Mampu membuat judul berita yang baik dan benar
- Membuat lead berita
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah Tanya-Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Menulis Berita Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010. Materi: Panduan Menentukan Lead Berita Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menulis berita |
- Membedakan fakta dan opini 3.mampu menulis naskah berita radio 4.mampu menulis naskah berita televisi mampu menulis nakah berita untuk koran
- Menentukan narasumber berita
- Mampu menulis naskah berita radio
|
Kriteria:
penugasan mengubah berita koran menjadi naskah berita televisi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 X 50 |
|
Materi: Reporting news Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengetahui objektivitas berita berdasarkan prinsip etika jurnalistik, keakuratan informasi, dan kelengkapan data |
- m e njela s k a n k o n s e p o b y e k tifit a s b e rit a W e s t e r s t a hl
- Mengerti framming berita
- Mengerti bahaya dan manfaat stereotype
|
Kriteria:
penugasan mencari bias obyektifitas berita yang ada di media massa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya - jawab 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Objektivitas Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Membuat dan Menganalisis Berita 3 X 50 |
|
Materi: Elemen Pustaka: Bill Kovach & Tom Rosentiel. 2014. Elemen-elemen Jurnalisme. Materi: Berita di Media Online Pustaka: Asep Syamsul M. Romli., 2012, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online, Nuansa Cendekia: Bandung Materi: Menulis Berita Pustaka: Mencher, Melvin. Melvin Mencher's News Reporting and Writing. McGraw-Hill Education, 2010. Materi: Panduan aktivitas jurnalistik Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003. Materi: Etika Pustaka: Ward, Stephen J. A. Ethics and the Media: An Introduction. Cambridge University Press, 2011. Materi: Perilaku Jurnalistik Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta Materi: Praktik jurnalis Pustaka: Bambang Bujono (ed.), Seandainya Saya Wartawan TEMPO , ISAI, Jakarta, 1996. |
30% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiwa terampil menulis feature |
- 1.mengidentifikasi tema-tema feature
- 2.memberikan contoh penulisan feature
- 3.menulis feature human interest
|
Kriteria:
mahasiswa melakukan praktik lapangan liputan human interest Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tanya Jawab, diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Feature writing Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
|
- mengenali kesalahan berbahasa dalam berita
- membuat judul berita yang baik
- menulis naskah berita yang baik dan benar dari segi tata bahasa
|
Kriteria:
kelompok kerja mempresentasikan hasil pengamatan kesalahan berbahasa oleh media mass a di Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik 3 X 50 |
|
Materi: panduan feature Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa mampu menemukan ide-ide penulisan untuk media |
- menyebutkan dan menjelaskan isi media selain berita
- mengidentifikasi rubrik-rubrik media massa
- mengidentifikasi ide-ide penulisan
|
Kriteria:
Mahasiswa mengerjakan tugas menulis artikel bebas sesuai tema rubrik yang didapatkan oleh kelompoknya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tanya Jawab
|
|
Materi: Feature Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mengetahui kode etik jurnalistik |
- 1.Mahasiswa mengerti tentang pasal pasal dalam KUH P yang bisa mengancam jurnalis
- 2.Mahasiswa mengerti persoalan delik pers
- 3.Mahasiswa mengerti soal hak tolak, hak jawab, & hak koreksi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Hukum Media Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mengetahui kode etik jurnalistik |
- 1.Mahasiswa mengerti tentang pasal pasal dalam KUH P yang bisa mengancam jurnalis
- 2.Mahasiswa mengerti persoalan delik pers
- 3.Mahasiswa mengerti soal hak tolak, hak jawab, & hak koreksi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Hukum Media Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
- mampu menjelaskan urgensi kebebasan pers
- menjelaskan isi dan latar belakang munculnya amandemen pertama UU Amerika
- memahami dan dapat menjelaskan tentang hak informasi publik
|
Kriteria:
Mahasiswa membuat daftar kekerasan terhadap pers selama satu tahun terakhir dan menuliskan pendapatnya dalam bentuk esai pendek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tanya Jawab 3 X50 |
|
Materi: Pers di Indonesia Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memuat konsep atau perencanaan rubrikasi media cetak kelas |
|
Kriteria:
- 1.mahasiswa mampu mengidentifikasi rubrik media massa
- 2.mampu mengkategorikan jenis khalayak media dan karakteristiknya
- 3.mampu menyusun rubrikasi media yang tepat sesuai target khalayak yang dituju
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya Kelas 3 X 50 |
|
Materi: rubrikasi media cetak Pustaka: BBC World service Trust dan British Council, Buku Panduan Praktis Bagi Wartawan , Jakarta, 2003. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa memuat konsep atau perencanaan rubrikasi media cetak kelas |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS ; PROJECT
|
|
Materi: Menghasilkan berita untuk media cetak Pustaka: Tim AJI Jakarta, 2014, Pedoman Perilaku Jurnalis, TIFA: Jakarta |
30% |