Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Prinsip Dasar Psikologi dan Perkembangan

7320104217

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

1

19 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Arfin Nurma Halida, M.A. Mimbar Oktaviana, S.Pd., M.Si.




Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai pengetahuan mengenai biopsikologi dan riset dalam biopsikologi

PO - 2

menguasai pengetahuan mengenai proses mental individu

PO - 3

Menguasai pengetahuan tentang berbagai gejala psikologi dan perkembangan sepanjang hayat pada individu, kelompok dan komunitas menggunakan konsep dasar teori dan asesmen psikologi

PO - 4

Mampu menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas menggunakan konsep dasar teori dan asesmen psikologi.

PO - 5

mampu menuliskan laporan analisis gejala psikologis individu

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas proses mental yang mendasari perilaku manusia, mencakup aspek biologis serta mekanismenya dalam mempengaruhi perilaku dan psikologis individu, serta prinisp perkembangan sepanjang hayat dan tahapan-tahapannya.

Pustaka

Utama :

  1. Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
  2. King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
  3. Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill

Pendukung :

Dosen Pengampu

Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.

Arfin Nurma Halida, M.A.

Mimbar Oktaviana, S.Pd., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu memahami pentingnya memahami proses mental dalam psikologi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai evolusi, genetika dan pengalaman

Menjelaskan keterkaitan proses biologi dengan perilaku manusia

Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 1. what is biopsychology
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 2. evolution, genetics, and experience
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 3 biological foundations of behavior
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa memahami mengenai anatomi sistem saraf
  2. Mahasiswa memahami mengenai fungsi dari sistem saraf
  1. Dapat menjelaskan mengenai evolusi, genetika, dan pengalaman manusia
  2. Dapat menjelaskan fungsi sistem saraf
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 3. anatomy of the nervous system
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 3 biological foundations of behavior
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu memahami mengenai riset dalam psikologi dan biopsikologi
  2. Mahasiswa mampu memahami mengenai proses sensasi dan persepsi
  1. Dapat memberikan contoh penelitian dalam psikologi dan biopsikologi
  2. Dapat menjelaskan definisi dan contoh dari sensasi dan persepsi
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
4 x 50

Materi: chp 2. psychology scientific method
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: chp 5. the research method of biopsychology
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 4. sensation and perception
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu memahami mengenai proses sensasi dan persepsi
  2. Mampu memahami mengenai proses kesadaran
  1. Dapat menganalisis kasus berdasarkan teori sensasi dan persepsi
  2. Dapat menjelaskan mengenai proses kesadaran
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 4. sensation and perception
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: chp 5. state of consciousness
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa dapat memahami proses mental dalam ingatan dan mengingat

  1. Dapat menjelaskan mengenai proses mental dalam ingatan dan mengingat
  2. Dapat menganalisis proses mental dari contoh kasus mengenai ingatan dan mengingat
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 7 memory
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: chp 11 learning, memory, and amnesia
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep-konsep dalam proses belajar
  2. Mahasiswa mampu menganalisis proses mental dan perilaku dari contoh kasus dalam proses belajar
  1. Dapat menjelaskan berbagai konsep dalam proses belajar
  2. Dapat menganalisis proses mental dan perilaku dalam proses belajar
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 11 learning, memory, and amnesia
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 6 learning
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami mengenai motivasi dan proses mentalnya

  1. Dapat menjelaskan konsep-konsep dalam motivasi dan proses mental serta perilakunya
  2. Dapat menganalisis perilaku motivasi dan proses mentalnya dari contoh kasus
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
3 x 50
mengumpulkan tugas pembahasan kasus
1x50
Materi: part 5; biopsychology of motivation
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 10 motivation and emotion
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa memahami mengenai perkembangan psikologi Sosial dan psikologi IO dalam psikologi
  2. Ujian tengah semester
  1. Dapat menjelaskan tema-tema dalam psi sosial dan PIO
  2. Dapat menjelaskan berbagai topik yang telah dipelajari
Kriteria:
  1. Lembar penilaian tes
  2. Rubrik penilaian tes

Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
4 x 50

Materi: chp yang sudah dipelajari
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp yang sudah dipelajari
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami konsep kepribadian dan proses mental serta perilaku yang mendasari

  1. Dapat menjelaskan berbagai konsep kepribadian dan proses mental serta perilaku yang mendasari
  2. Dapat menganalisis secara sederhana contoh kasus menggunakan konsep kepribadian
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: chp 17
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: chp 12 personality
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami mengenai perspektif life-span development

dapat menjelaskan mengenai perspektif life span development

Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif
  3. Rubrik penilaian hasil projek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4 x 50

Materi: chp 9 human development
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: chp 1; chp 2; chp 3
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami perkembangan identitas dan gender; gender, seks dan seksualitas; proses biopsikologi

  1. Dapat menjelasakn perkembangan identitas dan gender
  2. Dapat menjelaskan gender, seks dan seksualitas
  3. Dapat menjelasakan proses biopsikologi
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif
  3. Rubrik penilaian hasil projek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4 x 50

Materi: Perkembangan identitas dan gender
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill

Materi: Gender, seks, dan seksualitas
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: Proses Biopsikologi
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu memahami teori perkembangan kognitif dan bahasa
  2. Mahasiswa mampu memahami konseo berpikir, intelegensi dan bahasa
  3. Mahasiswa mampu memahami proses biopsikologi
  1. Dapat menjelaskan teori perkembangan kognitif dan bahasa
  2. Dapat menjelaskan konsep berfikir, intelegensi dan bahasa
  3. Dapat menjelaskan proses biopsikologi
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: Teori perkembangan kognitif dan bahasa
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill

Materi: Berfikir, intelegensi dan bahasa
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: Proses biopsikologi
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep psikologi perkembangan sosial emosional
  2. Mahasiswa mampu memahami teori -teori emosi
  3. Mahasiswa mampu memahami proses biopsikologi emosi
  1. Dapat menjelaskan psikologi perkembangan sosio emosional
  2. Dapat menjelaskan teori-teori emosi
  3. Dapat menjelasakan proses biopsikologi emosi
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif
  3. Rubrik penilaian hasil projek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4 x 50

Materi: Psikologi perkembangan sosio emosional
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill

Materi: Teori-teori emosi
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: Proses biopsikologi emosi
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami konsep gangguan perkembangan dan gangguan psikologis

Memahami ruang lingkup dan bidang kajian psikologi industri dan organisasi

Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50

Materi: Gangguan perkembangan
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill

Materi: Gangguan psikologis
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu memahami psikologi kesehatan, biopsychology of stress and health
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep death, dying and grieving
  1. Dapat menjelaskan tentang psikologi kesehatan
  2. Dapat menjelaskan tentang biopsychology of stress and health
  3. Dapat menjelaskan tentang death, dying and grieving
Kriteria:
  1. Lembar penilaian partisipasi aktif
  2. Rubrik penilaian partisipasi aktif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4 x 50
pengumpulan tugas pembahasan kasus
1 x 50
Materi: Psikologi kesehatan
Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education

Materi: Biopsychology of stress and health
Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson

Materi: Death, dying and grieving
Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Membuat modul prinsip dasar psikologi dan perkembangan secara berkelompok

Kriteria:
  1. Lembar penilaian hasil projek
  2. Rubrik penilaian hasil projek

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4 x 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 27.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.