|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Prinsip Dasar Psikologi dan Perkembangan |
7320104217 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
1 |
19 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Arfin Nurma Halida, M.A. Mimbar Oktaviana, S.Pd., M.Si.
|
Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai pengetahuan mengenai biopsikologi dan riset dalam biopsikologi
|
PO - 2 |
menguasai pengetahuan mengenai proses mental individu
|
PO - 3 |
Menguasai pengetahuan tentang berbagai gejala psikologi dan perkembangan sepanjang hayat pada individu, kelompok dan komunitas menggunakan konsep dasar teori dan asesmen psikologi
|
PO - 4 |
Mampu menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas menggunakan konsep dasar teori dan asesmen psikologi.
|
PO - 5 |
mampu menuliskan laporan analisis gejala psikologis individu
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas proses mental yang mendasari perilaku manusia, mencakup aspek biologis serta mekanismenya dalam mempengaruhi perilaku dan psikologis individu, serta prinisp perkembangan sepanjang hayat dan tahapan-tahapannya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson
- King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education
- Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Arfin Nurma Halida, M.A. Mimbar Oktaviana, S.Pd., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu memahami pentingnya memahami proses mental dalam psikologi
- Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai evolusi, genetika dan pengalaman
|
Menjelaskan keterkaitan proses biologi dengan perilaku manusia |
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 1. what is biopsychology Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 2. evolution, genetics, and experience Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 3 biological foundations of behavior Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa memahami mengenai anatomi sistem saraf
- Mahasiswa memahami mengenai fungsi dari sistem saraf
|
- Dapat menjelaskan mengenai evolusi, genetika, dan pengalaman manusia
- Dapat menjelaskan fungsi sistem saraf
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 3. anatomy of the nervous system Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 3 biological foundations of behavior Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu memahami mengenai riset dalam psikologi dan biopsikologi
- Mahasiswa mampu memahami mengenai proses sensasi dan persepsi
|
- Dapat memberikan contoh penelitian dalam psikologi dan biopsikologi
- Dapat menjelaskan definisi dan contoh dari sensasi dan persepsi
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 2. psychology scientific method Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: chp 5. the research method of biopsychology Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 4. sensation and perception Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu memahami mengenai proses sensasi dan persepsi
- Mampu memahami mengenai proses kesadaran
|
- Dapat menganalisis kasus berdasarkan teori sensasi dan persepsi
- Dapat menjelaskan mengenai proses kesadaran
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 4. sensation and perception Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: chp 5. state of consciousness Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa dapat memahami proses mental dalam ingatan dan mengingat |
- Dapat menjelaskan mengenai proses mental dalam ingatan dan mengingat
- Dapat menganalisis proses mental dari contoh kasus mengenai ingatan dan mengingat
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 7 memory Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: chp 11 learning, memory, and amnesia Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep-konsep dalam proses belajar
- Mahasiswa mampu menganalisis proses mental dan perilaku dari contoh kasus dalam proses belajar
|
- Dapat menjelaskan berbagai konsep dalam proses belajar
- Dapat menganalisis proses mental dan perilaku dalam proses belajar
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 11 learning, memory, and amnesia Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 6 learning Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami mengenai motivasi dan proses mentalnya |
- Dapat menjelaskan konsep-konsep dalam motivasi dan proses mental serta perilakunya
- Dapat menganalisis perilaku motivasi dan proses mentalnya dari contoh kasus
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3 x 50 |
mengumpulkan tugas pembahasan kasus 1x50 |
Materi: part 5; biopsychology of motivation Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 10 motivation and emotion Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa memahami mengenai perkembangan psikologi Sosial dan psikologi IO dalam psikologi
- Ujian tengah semester
|
- Dapat menjelaskan tema-tema dalam psi sosial dan PIO
- Dapat menjelaskan berbagai topik yang telah dipelajari
|
Kriteria:
- Lembar penilaian tes
- Rubrik penilaian tes
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp yang sudah dipelajari Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp yang sudah dipelajari Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami konsep kepribadian dan proses mental serta perilaku yang mendasari |
- Dapat menjelaskan berbagai konsep kepribadian dan proses mental serta perilaku yang mendasari
- Dapat menganalisis secara sederhana contoh kasus menggunakan konsep kepribadian
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 17 Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: chp 12 personality Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami mengenai perspektif life-span development |
dapat menjelaskan mengenai perspektif life span development |
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian hasil projek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: chp 9 human development Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: chp 1; chp 2; chp 3 Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami perkembangan identitas dan gender; gender, seks dan seksualitas; proses biopsikologi |
- Dapat menjelasakn perkembangan identitas dan gender
- Dapat menjelaskan gender, seks dan seksualitas
- Dapat menjelasakan proses biopsikologi
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian hasil projek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: Perkembangan identitas dan gender Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill Materi: Gender, seks, dan seksualitas Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: Proses Biopsikologi Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu memahami teori perkembangan kognitif dan bahasa
- Mahasiswa mampu memahami konseo berpikir, intelegensi dan bahasa
- Mahasiswa mampu memahami proses biopsikologi
|
- Dapat menjelaskan teori perkembangan kognitif dan bahasa
- Dapat menjelaskan konsep berfikir, intelegensi dan bahasa
- Dapat menjelaskan proses biopsikologi
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: Teori perkembangan kognitif dan bahasa Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill Materi: Berfikir, intelegensi dan bahasa Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: Proses biopsikologi Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu memahami konsep psikologi perkembangan sosial emosional
- Mahasiswa mampu memahami teori -teori emosi
- Mahasiswa mampu memahami proses biopsikologi emosi
|
- Dapat menjelaskan psikologi perkembangan sosio emosional
- Dapat menjelaskan teori-teori emosi
- Dapat menjelasakan proses biopsikologi emosi
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian hasil projek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: Psikologi perkembangan sosio emosional Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill Materi: Teori-teori emosi Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: Proses biopsikologi emosi Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami konsep gangguan perkembangan dan gangguan psikologis |
Memahami ruang lingkup dan bidang kajian psikologi industri dan organisasi |
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
|
Materi: Gangguan perkembangan Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill Materi: Gangguan psikologis Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu memahami psikologi kesehatan, biopsychology of stress and health
- Mahasiswa mampu memahami konsep death, dying and grieving
|
- Dapat menjelaskan tentang psikologi kesehatan
- Dapat menjelaskan tentang biopsychology of stress and health
- Dapat menjelaskan tentang death, dying and grieving
|
Kriteria:
- Lembar penilaian partisipasi aktif
- Rubrik penilaian partisipasi aktif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4 x 50 |
pengumpulan tugas pembahasan kasus 1 x 50 |
Materi: Psikologi kesehatan Pustaka: King, L. A. 2022. The Science of Psychology: An Appreciative View. McGraw-Hill Education Materi: Biopsychology of stress and health Pustaka: Pinel,J.P.J., & Barnes, S.J. 2022. Biopsikologi (11th Ed). Pearson Materi: Death, dying and grieving Pustaka: Santrock, John W. 2023. Life-Span Development (19th - International Student Edition). New York: McGraw-Hill |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Membuat modul prinsip dasar psikologi dan perkembangan secara berkelompok |
Kriteria:
- Lembar penilaian hasil projek
- Rubrik penilaian hasil projek
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4 x 50 |
|
|
20% |