Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

MANAJEMEN PROYEK BISNIS DIGITAL

6120903060

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=3

ECTS=4.77

7

20 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Renny Sari Dewi, S.Kom., M.Kom.




Renny Sari Dewi, S.Kom., M.Kom.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai konsep dan kerangka kerja berdasarkan praktik terbaik manajemen proyek bisnis digital

PO - 2

Mahasiswa mampu merencanakan proyek bisnis digital

PO - 3

Mahasiswa mampu mengeksekusi rencana proyek bisnis digital

PO - 4

Mahasiswa mampu mengendalikan proyek bisnis digital

PO - 5

Mahasiswa mampu menjalankan proyek bisnis digital dalam sebuah tim

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-10PLO-11
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Manajemen proyek dalam konteks bisnis digital merupakan perpaduan antara penguatan unsur teknologi informasi dengan manajemen bisnis dalam menyelesaikan sebuah proyek dalam organisasi. Terdapat 10 area pengetahuan yang harus dipahami oleh mahasiswa agar proyek bisnis digital dapat dikelola dengan optimal. Setelah menempuh perkuliahan manajemen proyek bisnis digital, mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan problematika atau kasus terkait dengan pengelolaan proyek bisnis digital sesuai dengan keilmuan.

Pustaka

Utama :

  1. Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami 13 area pengetahuan manajemen proyek berdasarkan best practice


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x45
Ceramah dan diskusi
3x45
Materi: Part 1: PMBOK Guide
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami 13 area pengetahuan manajemen proyek berdasarkan best practice


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x45
Ceramah dan diskusi
3x45
Materi: Part 1: PMBOK Guide
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyusun project charter dalam fase inisiasi proyek bisnis digital


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik penyusunan project charter
3x45
Praktik penyusunan project charter
3x45
Materi: Part 1: PMBOK Guide
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun project charter dalam fase inisiasi proyek bisnis digital


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik penyusunan project charter
3x45
Praktik penyusunan project charter
3x45
Materi: Part 1: PMBOK Guide
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membentuk tim dan menentukan peran masing-masing anggota tim sesuai keahlian/area pengetahuan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik eksekusi proyek
3x45
Praktik eksekusi proyek
3x45
Materi: Part 2: Standard for Project Management
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu membentuk tim dan menentukan peran masing-masing anggota tim sesuai keahlian/area pengetahuan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik eksekusi proyek
3x45
Praktik eksekusi proyek
3x45
Materi: Part 2: Standard for Project Management
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengimplementasikan project charter dalam fase inisiasi proyek bisnis digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik software manajemen proyek
3x45
Praktik software manajemen proyek
3x45
Materi: Part 2: Standard for Project Management
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil praktikum (project charter dan WBS) kepada pemberi proyek/klien.

Tingkat pemahaman klien terhadap isi project charter dan WBS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Demo/presentasi yang direkam
120
Demo/presentasi yang direkam
120
Materi: Part 1 dan 2
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjalankan dan mengelola kualitas tiap tahapan dalam proyek bisnis digital

Kriteria:

Luaran proyek dapat berupa website atau mobile apps atau lainnya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Materi: Part 2 (hal 613)
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjalankan dan mengelola kualitas tiap tahapan dalam proyek bisnis digital

Kriteria:

Luaran proyek dapat berupa website atau mobile apps atau lainnya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Materi: Part 2 (hal 613)
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjalankan dan mengelola kualitas tiap tahapan dalam proyek bisnis digital

Kriteria:

Luaran proyek dapat berupa website atau mobile apps atau lainnya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Materi: Part 2 (hal 613)
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjalankan dan mengelola kualitas tiap tahapan dalam proyek bisnis digital

Kriteria:

Luaran proyek dapat berupa website atau mobile apps atau lainnya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Materi: Part 2 (hal 613)
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjalankan dan mengelola kualitas tiap tahapan dalam proyek bisnis digital

Kriteria:

Luaran proyek dapat berupa website atau mobile apps atau lainnya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Menentukan luaran proyek bisnis digital: barang atau jasa
3x45
Materi: Part 2 (hal 613)
Pustaka: Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Sixth Edition. Pennsylvania.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempraktikkan seluruh tahapan standar manajemen proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
3x45
Ceramah dan diskusi
3x45
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempraktikkan seluruh tahapan standar manajemen proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
3x45
Ceramah dan diskusi
3x45
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester: mahasiswa mampu mempresentasikan luaran proyek kepada pemberi proyek (klien)

Testimoni klien terhadap luaran proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi/demo ke klien
120

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Praktik / Unjuk Kerja 57.5%
4. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.