Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Landasan Kependidikan

8620603052

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

PLO-7

Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6PLO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, dasardasar pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah

Pustaka

Utama :

  1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
  2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
  3. Peraturan perundang-uandang pendidikan yang berlaku dan relevan.
  4. Referensi yang relevan dengan karakteristik dan profesi lulusan di jurusan/program studi masing-masing.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SUPRIYONO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Konsep Dasar Pendidikan

  1. Orientasi materi perkuliahan
  2. Mendeskripsikan konsep dasar pendidikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembelajaran Langsung dan Metode Ceramah, Tanya jawab dan Tugas
3 x 50

Materi: kondas
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

2

Minggu ke 2

Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
  2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  3. Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
  4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
3 x 50

Materi: akikat Manusia dan Pengembangannya
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

3

Minggu ke 3

Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
  2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  3. Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
  4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
3 x 50

Materi: akikat Manusia dan Pengembangannya
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

4

Minggu ke 4

Memahami Hakikat Pendidikan

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
  2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  3. Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
  4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

5

Minggu ke 5

Memahami Hakikat Pendidikan

  1. Mendeskripsikan Pengertian pendidikan
  2. Mendeskripsikan Proses Pendidikan
  3. Mendeskripsikan dan menganalisis Fungsi pendidikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan diskusi
3 x 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

6

Minggu ke 6

Memahami Sistem pendidikan nasional

  1. Mendeskripsikan Dasar, tujuan, fungsi pendidikan nasional
  2. Mendeskripsikan Kelembagaan pendidikan
  3. Mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan
Pemberian Tugas Kelompok
3 x 50

Materi: pendidikan
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

7

Minggu ke 7

Memahami landasan pendidikan

Mendeskripsikan landasan pendidikan 2. Mendeskripsikan landasan historis 3. Mendeskripsikan landasan filosofis. 4. Mendeskripsikan landasan psikologis 5. Mendeskripsikan landasan sosiologis. 6. Mendeskripsikan landasan kultural dan Tut Wuri Handayani 7. Mendeskripsikan landasan IPTEKS

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab & pemberian tugas kelompok
3 x 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Peraturan perundang-uandang pendidikan yang berlaku dan relevan.
10%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

25%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep Guru sebagai profesi

  1. Mendeskripsikan makna guru sebagai profesi 2. Mendeskripsikan Tanggung jawab guru 3. Mendeskripsikan Tugas guru
  2. Mendeskripsikan Peran guru 5. Mendeskripsikan Kompetensi profesionalisme Guru 6. Mendeskripsikan Kode etik guru
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pembela jaran Kolaboratif dan Metode Ceramah, tanya jawab dan
Pemberian Tugas kelompok
3 X50

Materi: pendidikan
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

10

Minggu ke 10

Memahami Permasalahan pendidikan

  1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
  2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

11

Minggu ke 11

Memahami Permasalahan pendidikan

  1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
  2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

12

Minggu ke 12

Memahami Permasalahan pendidikan

  1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
  2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

13

Minggu ke 13

Memahami Inovasi pendidikan di Indonesia

  1. Mendeskripsikan konsep perubahan dan inovasi. 2. Mendeskripsikan pengertian inovasi pendidikan 3. Mendeskripsikan tujuan inovasi. 4. Mendeskripsikan siklus inovasi
  2. Mendeskripsikan masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi pendidikan 6. Mendeskripsikan berbagai upaya inovasi pendidikan di indonesia 7. Mendeskripsikan pembaharuan Sistem pendidikan tenaga kepen-didikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan pemberian tugas kelompok, observasi lapangan dan tugas studi
kasus.
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

14

Minggu ke 14

Memahami Pendidikan karakter

  1. Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
  2. Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab & Pemberian tugas kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

15

Minggu ke 15

Memahami Pendidikan karakter

  1. Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
  2. Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab & Pemberian tugas kelompok
3 X 50

Materi: pendidikan
Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
10%

16

Minggu ke 16

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes


25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 140%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.