|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Landasan Kependidikan |
8620603052 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, dasardasar pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan
pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah |
Pustaka
|
Utama : |
|
- M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
- Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
- Peraturan perundang-uandang pendidikan yang berlaku dan relevan.
- Referensi yang relevan dengan karakteristik dan profesi lulusan di jurusan/program studi masing-masing.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SUPRIYONO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Konsep Dasar Pendidikan |
- Orientasi materi perkuliahan
- Mendeskripsikan konsep dasar pendidikan
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembelajaran Langsung dan Metode Ceramah, Tanya jawab dan Tugas 3 x 50 |
|
Materi: kondas Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya |
- Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
- Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
- Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
- Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok 3 x 50 |
|
Materi: akikat Manusia dan Pengembangannya Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya |
- Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
- Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
- Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
- Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok 3 x 50 |
|
Materi: akikat Manusia dan Pengembangannya Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Hakikat Pendidikan |
- Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia
- Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
- Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia
- Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Hakikat Pendidikan |
- Mendeskripsikan Pengertian pendidikan
- Mendeskripsikan Proses Pendidikan
- Mendeskripsikan dan menganalisis Fungsi pendidikan
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan diskusi 3 x 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami Sistem pendidikan nasional |
- Mendeskripsikan Dasar, tujuan, fungsi pendidikan nasional
- Mendeskripsikan Kelembagaan pendidikan
- Mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan
Pemberian Tugas Kelompok 3 x 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami landasan pendidikan |
Mendeskripsikan landasan pendidikan 2. Mendeskripsikan landasan historis 3. Mendeskripsikan landasan filosofis. 4. Mendeskripsikan landasan psikologis 5. Mendeskripsikan landasan sosiologis. 6. Mendeskripsikan landasan kultural dan Tut Wuri Handayani 7. Mendeskripsikan landasan IPTEKS |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab & pemberian tugas kelompok 3 x 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Peraturan perundang-uandang pendidikan yang berlaku dan relevan. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
|
25% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep Guru sebagai profesi |
- Mendeskripsikan makna guru sebagai profesi 2. Mendeskripsikan Tanggung jawab guru 3. Mendeskripsikan Tugas guru
- Mendeskripsikan Peran guru 5. Mendeskripsikan Kompetensi profesionalisme Guru 6. Mendeskripsikan Kode etik guru
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model Pembela jaran Kolaboratif dan Metode Ceramah, tanya jawab dan
Pemberian Tugas kelompok 3 X50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Permasalahan pendidikan |
- Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
- 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Permasalahan pendidikan |
- Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
- 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami Permasalahan pendidikan |
- Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
- 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan Pemberian tugas kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami Inovasi pendidikan di Indonesia |
- Mendeskripsikan konsep perubahan dan inovasi. 2. Mendeskripsikan pengertian inovasi pendidikan 3. Mendeskripsikan tujuan inovasi. 4. Mendeskripsikan siklus inovasi
- Mendeskripsikan masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi pendidikan 6. Mendeskripsikan berbagai upaya inovasi pendidikan di indonesia 7. Mendeskripsikan pembaharuan Sistem pendidikan tenaga kepen-didikan
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab dan pemberian tugas kelompok, observasi lapangan dan tugas studi
kasus. 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Pendidikan karakter |
- Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
- Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab & Pemberian tugas kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Pendidikan karakter |
- Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
- Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya jawab & Pemberian tugas kelompok 3 X 50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
25% |