Universitas Negeri Surabaya Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Praktek Kerja Lapangan (Pkl)
8820202104
T=2
P=0
ECTS=3.18
4
17 November 2024
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd.
Model Pembelajaran
Case Study
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah ini berisi pengkajian dan praktik berbagai ragam jurnalistik bahasa Jawa dan mengenal seluk-beluk seni grafika dalam penerbitan berbahasa Jawa untuk peningkatan keterampilan bidang jurnalistik serta penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliahinidisajikandengansistemtugas, praktik, diskusidanpresentasi, dan refleksi.
Pustaka
Utama :
Trimansyah, B ambang. 2001. Jurnalistik Untuk Remaja. Jakarta: Impresindo.
Bujono, Bambang dan Toriq Hadad (Ed.) 1996. Seandainya Saya Wartawan . Jakarta: ISAI dan Yayasan Alumni TEMPO.
Gong, Gola. 2001. Menulis Skenario Itu (Lebih) Gampang. Jakarta: Puspa Swara
Sutisno, P.C.S. 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tim. 2007. Peraturan Perundang-undangan Pers. Jakarta: Dewan Pers.
Gill, Genroso J. (Ed). 1987. Penuntun Mengenai Teknik Membuat Berita . Jakarta: Yayasan Obor.
Siregar, Ashadi, dkk. 1982. Bagaimana Menjadi Penulis Media Massa: Pengantar Umum. Yogyakarta: karya Unipress.
Assegaff, Dja 19far H. 1983. Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Ke Praktik Kewartawanan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.