|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Disertasi |
8800105142 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=5 |
P=0 |
ECTS=12.6 |
3 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-12 |
Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengembangkan teori atau konsep baru dalam pendidikan bahasa dan sastra (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam penelitian pendidikan bahasa dan sastra (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan konsep dari disiplin ilmu yang berbeda (C6)
|
PO - 4 |
Mengevaluasi relevansi dan efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)
|
PO - 5 |
Menciptakan kerangka kerja penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengatasi permasalahan yang kompleks (C6)
|
PO - 6 |
Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian (C3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | | ✔ | PO-6 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan sistem perkuliahan, proposal dan cakupan, topik dan judul, vokus masalah dan tujuan, penelitian terdahulu dan konsep teoritis, metode penelitian, pengembangan referensi, penulisan daftar pustaka, dan pendalaman (presentasi dan diskusi). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.
- Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal).
- Hanafi, Abdul Halim. Metode Penelitian Bahasa: Untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi.
- Mahsun, MS. 2006. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Strategi, metode, dan Tekniknya) Edisi Revisi.
- Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.
- 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Haris Supratno Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd. Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt. Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. Prof. Dr. Darni, M.Hum. Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Dr. phil. Agus Ridwan, S.Pd., M.Hum. Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D. Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar, sistem perkuliahan, orientasi materi proposal penelitian |
Pengantar, sistem perkuliahan, orientasi materi |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 1 X 50 |
|
Materi: proposal penelitian Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Proposal, orientasi, topik dan judul |
Proposal, orientasi, topik dan judul |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pembelajaran berbasis proyek 1 X 50 |
|
Materi: Proposal, orientasi, topik dan judul Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. Materi: Proposal, orientasi, topik dan judul Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian |
Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 3 X 50 |
|
Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal). Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian Pustaka: Hanafi, Abdul Halim. Metode Penelitian Bahasa: Untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi. Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian Pustaka: Mahsun, MS. 2006. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Strategi, metode, dan Tekniknya) Edisi Revisi. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
. Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi |
. Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek 3 X 50 |
|
Materi: Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Metode dan penulisan daftar pustaka |
Metode dan penulisan daftar pustaka |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
Materi: Metode dan penulisan daftar pustaka Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Kerangka proposal dan pengembangannya |
Kerangka proposal dan pengembangannya |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
Materi: Kerangka proposal dan pengembangannya Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang. Materi: Kerangka proposal dan pengembangannya Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Presentasi dan Diskusi 1 |
Presentasi dan Diskusi 1 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 1 Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal). Materi: Presentasi dan Diskusi 1 Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang. Materi: Presentasi dan Diskusi 1 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. Materi: Presentasi dan Diskusi 1 Pustaka: Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
. Presentasi dan Diskusi 2 |
. Presentasi dan Diskusi 2 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 2 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
U T S |
U T S |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Presentasi dan Diskusi 3 |
Presentasi dan Diskusi 3 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 3 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
. Presentasi dan Diskusi 4 |
. Presentasi dan Diskusi 4 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 4 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Presentasi dan Diskusi 5 |
Presentasi dan Diskusi 5 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 5 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi dan Diskusi 6 |
Presentasi dan Diskusi 6 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 6 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi dan Diskusi 7 |
Presentasi dan Diskusi 7 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 7 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi dan Diskusi 8 |
Presentasi dan Diskusi 8 |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1 X 50 |
|
Materi: Presentasi dan Diskusi 8 Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
U A S |
U A S |
Kriteria:
- 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
- 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
- 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
- 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
1 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel. |
20% |