Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Disertasi

8800105142

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=5

P=0

ECTS=12.6

3

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.




.......................................




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-12

Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengembangkan teori atau konsep baru dalam pendidikan bahasa dan sastra (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam penelitian pendidikan bahasa dan sastra (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan konsep dari disiplin ilmu yang berbeda (C6)

PO - 4

Mengevaluasi relevansi dan efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)

PO - 5

Menciptakan kerangka kerja penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengatasi permasalahan yang kompleks (C6)

PO - 6

Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-12
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4 
PO-5 
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan sistem perkuliahan, proposal dan cakupan, topik dan judul, vokus masalah dan tujuan, penelitian terdahulu dan konsep teoritis, metode penelitian, pengembangan referensi, penulisan daftar pustaka, dan pendalaman (presentasi dan diskusi).

Pustaka

Utama :

  1. Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.
  2. Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal).
  3. Hanafi, Abdul Halim. Metode Penelitian Bahasa: Untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi.
  4. Mahsun, MS. 2006. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Strategi, metode, dan Tekniknya) Edisi Revisi.
  5. Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.
  6. 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Haris Supratno

Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A.

Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd.

Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt.

Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.

Prof. Dr. Darni, M.Hum.

Prof. Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Dr. phil. Agus Ridwan, S.Pd., M.Hum.

Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D.

Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar, sistem perkuliahan, orientasi materi proposal penelitian

Pengantar, sistem perkuliahan, orientasi materi

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
1 X 50

Materi: proposal penelitian
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

2

Minggu ke 2

Proposal, orientasi, topik dan judul

Proposal, orientasi, topik dan judul

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pembelajaran berbasis proyek
1 X 50

Materi: Proposal, orientasi, topik dan judul
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.

Materi: Proposal, orientasi, topik dan judul
Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.
5%

3

Minggu ke 3

Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian

Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
3 X 50

Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal).

Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian
Pustaka: Hanafi, Abdul Halim. Metode Penelitian Bahasa: Untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi.

Materi: Fokus masalah, tujuan, dan manfaat penelitian
Pustaka: Mahsun, MS. 2006. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Strategi, metode, dan Tekniknya) Edisi Revisi.
5%

4

Minggu ke 4

. Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi

. Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek
3 X 50

Materi: Penelitian terdahulu, konsep teoritis, dan pengembangan referensi
Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.
5%

5

Minggu ke 5

Metode dan penulisan daftar pustaka

Metode dan penulisan daftar pustaka

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

Materi: Metode dan penulisan daftar pustaka
Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.
5%

6

Minggu ke 6

Kerangka proposal dan pengembangannya

Kerangka proposal dan pengembangannya

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

Materi: Kerangka proposal dan pengembangannya
Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.

Materi: Kerangka proposal dan pengembangannya
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

7

Minggu ke 7

Presentasi dan Diskusi 1

Presentasi dan Diskusi 1

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi
3 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 1
Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal).

Materi: Presentasi dan Diskusi 1
Pustaka: Basir, Udjang Pr. M. 2014. Keterampilan Menulis (Pengantar Teori dan Praktek) Surabaya: Bintang.

Materi: Presentasi dan Diskusi 1
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.

Materi: Presentasi dan Diskusi 1
Pustaka: Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.
5%

8

Minggu ke 8

. Presentasi dan Diskusi 2

. Presentasi dan Diskusi 2

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 2
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

9

Minggu ke 9

U T S

U T S

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

Materi: UTS
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
10%

10

Minggu ke 10

Presentasi dan Diskusi 3

Presentasi dan Diskusi 3

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 3
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

11

Minggu ke 11

. Presentasi dan Diskusi 4

. Presentasi dan Diskusi 4

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

1 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 4
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

12

Minggu ke 12

Presentasi dan Diskusi 5

Presentasi dan Diskusi 5

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

1 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 5
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

13

Minggu ke 13

Presentasi dan Diskusi 6

Presentasi dan Diskusi 6

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

1 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 6
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

14

Minggu ke 14

Presentasi dan Diskusi 7

Presentasi dan Diskusi 7

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

1 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 7
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi dan Diskusi 8

Presentasi dan Diskusi 8

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

1 X 50

Materi: Presentasi dan Diskusi 8
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
5%

16

Minggu ke 16

U A S

U A S

Kriteria:
  1. 1. Jawaban benar, argumentasi benar (A)
  2. 2. Jawaban benar,, argumentasi salah (B)
  3. 3. Jawaban salah, argumentasi benar (C)
  4. 4.Jawaban salah, argumentasi salah (D)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

1 X 50

Materi: UAS
Pustaka: 5. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan artikel.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53.34%
3. Praktik / Unjuk Kerja 8.34%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.