Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR PICKLEBALL

8520204747

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

3

14 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dani Primanata, S.Pd., M.Pd




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

petensi didasarkan pada kegiatan yang harus dilakukan oleh pelatih (mis. Pelatihan, kompetisi, manajemen, dan organisasi) dan tugas-tugas yang dilakukan dalam setiap kegiatan (yaitu merencanakan, mengatur, melaksanakan, dan mengevaluasi) pelatihan pickleball pemula dan junior. Kompetensi dirancang dalam unit-unit kompetensi, dengan masing-masing unit terdiri dari hasil pembelajaran yang memiliki seperangkat kriteria kinerja di mana pelatih dinilai (yaitu diperlukan untuk memberikan bukti untuk menunjukkan kompetensi) menggunakan sistem terintegrasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas cara melatih fisik, teknik, taktik dan mental di pickleball

Pustaka

Utama :

  1. Pickleball Fundamentals
  2. Mastering Pickleball
  3. The Art of Pickleball

Pendukung :

  1. Smart Pickleball: The Pickleball Guru's Guide to Winning" oleh Prem Carnot

Dosen Pengampu

Dani Primanata, S.Pd.,M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50
Diskusi daring tentang konsep dasar pelatihan pickleball, Membuat rencana pelatihan pickleball untuk pemula dan junior
Materi: The Pickleball Guru's Guide to Doubles
Pustaka: undefined
5%

2

Minggu ke 2

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: Pickleball for Dummies" oleh Jennifer Lucore dan Beverly Youngren
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

4

Minggu ke 4

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: Smart Pickleball: The Pickleball Guru's Guide to Winning
5%

5

Minggu ke 5

Memahami cara melatih Fisik di picklball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

6

Minggu ke 6

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: Smart Pickleball: The Pickleball Guru's Guide to Winning
5%

7

Minggu ke 7

Memahami cara melatih Fisik di pickleball

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Tata tertib perkuliahan, kontrak perkuliahan

Kriteria:

Diberi nilai penuh jika bisa menjelaskan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih fisik
Pustaka: Mastering Pickleball
10%

9

Minggu ke 9

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih taktik
Pustaka: Mastering Pickleball
5%

10

Minggu ke 10

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: melatih taktik
Pustaka: Smart Pickleball: The Pickleball Guru's Guide to Winning
5%

11

Minggu ke 11

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

12

Minggu ke 12

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

13

Minggu ke 13

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: The Art of Pickleball
5%

14

Minggu ke 14

Memahami cara melatih taktik di pickleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: Mastering Pickleball
10%

15

Minggu ke 15

Memahami cara melatih taktik di pcikleball

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: Smart Pickleball: The Pickleball Guru's Guide to Winning

Materi: taktik
Pustaka: Pickleball Fundamentals
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Mendalami Profesi Atlet

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mampu menjelaskan, mempraktikan membuat prolat dan ketrerampilan teknik tenis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik
4 X 50

Materi: taktik
Pustaka: Pickleball Fundamentals
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 18.5%
3. Penilaian Portofolio 16.5%
4. Penilaian Praktikum 18.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 16.5%
6. Tes 11.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.