Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Aljabar Linier dan Matriks

5720103001

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

26 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Naim Rochmawati, S.Kom., M.T.




Aries Dwi Indrayanti, S.Kom.,M.Kom.




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menyelesaikan operasi matriks

PO - 2

Mahasiswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linear

PO - 3

Mahasiswa dapat menyelesaikan operasi vektor

PO - 4

Mahasiswa dapat menyelesaikan aljabar linear numerik

PO - 5

Mahasiswa mampu mengimplementasikan teori aljabar linear menggunakan software (matlab)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah Aljabar Linear merupakan mata kuliahdengan dasar Matematika, yang diajarkan guna menunjang mata kuliah lainbaik di jurusan MI (Manajemen Informatika), PTI (Pendidikan TeknologiInformasi), SI (Sistem Informasi) maupun TI (Teknik Informatika).

Pustaka

Utama :

  1. Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall
  2. Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc
  3. Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
  4. Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Yuni Yamasari, S.Kom., M.Kom.

Aries Dwi Indriyanti, S.Kom., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep matriks serta dapat mengoperasikan matriks

  1. 1.Menjelaskan konsep matriks
  2. 2.Menjelaskan jenis-jenis matriks
  3. 3.Mampu menyelesaikan operasi matriks
  4. 4.Menjelaskan sifat-sifat operasi matriks
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengamati power point tentang materi matriks dan mengeksplorasi operasi matriks
3 X 50
Materi: Konsep matriks
Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom
4%

2

Minggu ke 2

Menentukan invers matriks

  1. 1. Menjelaskan pengertian invers matriks
  2. 2. Menjelaskan sifat-sifat invers matriks
  3. 3. Mencari invers matriks berordo 2x2
  4. 4. Mencari invers matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
  5. 5. Mencari invers matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
6 X 50
Mengamati power point tentang materi invers matriks dan bertanya tentang materi invers matriks melalui diskusi tentang hasil pengamatannya
6 X 50
Materi: Invers matriks
Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom
4%

3

Minggu ke 3

Menentukan invers matriks

  1. 1. Menjelaskan pengertian invers matriks
  2. 2. Menjelaskan sifat-sifat invers matriks
  3. 3. Mencari invers matriks berordo 2x2
  4. 4. Mencari invers matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
  5. 5. Mencari invers matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
6 X 50
Mengeksplorasi invers matriks dan menghubungkan antara invers matriks dengan ordo beda - serta menganalisa perbedaan cara penentuan determinan matriks yang memiliki ordo berbeda
6 X 50
Materi: Invers matriks
Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom
4%

4

Minggu ke 4

Menentukan determinan suatu matriks

  1. 1. Menjelaskan pengertian determinan
  2. 2. menentukan nilai determinan matriks berordo 2x2
  3. 3. menentukan nilai determinan matriks berordo 3x3
  4. 4. menjelaskan sifat-sifat determinan
  5. 5. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
  6. 6. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer (TBE)
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
6 X 50
Mengamati power point tentang materi determinan matriks dan mengeksplorasi determinan matriks
6 X 50
Materi: Determinan matriks
Pustaka: Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall
4%

5

Minggu ke 5

Menentukan determinan suatu matriks

  1. 1. Menjelaskan pengertian determinan
  2. 2. menentukan nilai determinan matriks berordo 2x2
  3. 3. menentukan nilai determinan matriks berordo 3x3
  4. 4. menjelaskan sifat-sifat determinan
  5. 5. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
  6. 6. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer (TBE)
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
6 X 50
Menghubungkan antara determinan matriks dengan ordo beda serta menganalisa perbedaan cara penentuan determinan matriks yang memiliki ordo berbeda dan mempresentasikannya
6 X 50
Materi: Determinan matriks
Pustaka: Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall
4%

6

Minggu ke 6

Dapat menentukan penyelesaian dari SPL (Sistem Persamaan Linear)

  1. 1. Menjelaskan pengertian SPL
  2. 2. Menjelaskan jenis-jenis SPL
  3. 3. Menjelaskan jenis-jenis penyelesaian SPL
  4. 4. Menentukan penyelesaian SPL dengan 2 persamaan dan 2 variable
  5. 5. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode matriks
  6. 6. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode Cramer
  7. 7. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode TBE
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi SPL
3 X 50
Materi: Sistem Persamaan Linear
Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menyelesaikan SPL Homogen dan SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable

  1. 1. Menentukan penyelesaian SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable
  2. 2. Menentukan penyelesaian SPL homogen
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi SPL Homogen dan SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable
3 X 50
Materi: Sistem Persamaan Linear
Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc
5%

8

Minggu ke 8

Dapat menentukan penyelesaian dari SPL dengan menggunakan matlab dan dapat menggunakan SPL untuk masalah sehari-hari

  1. 1. Mampu mengoperasikan matlab
  2. 2. Menentukan penyelesaian SPL menggunakan matlab
  3. 3. Menyelesaikan SPL dengan kasus masalah sehari-hari
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Tes
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi SPL dengan menggunakan matlab
3 X 50
Materi: Sistem Persamaan Linear
Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mengerjakan soal UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
1 X 1
UTS
1 X 1
Materi: UTS
Pustaka:
4%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep vector dan dapat mengoperasikan vektor

  1. 1. Menjelaskan pengertian vector
  2. 2. Menjelaskan cara menyatakan vector
  3. 3. Menjelaskan vector ekuivalen, vector nol dan vector negatif
  4. 4. Menyelesaikan operasi vector - Penjumlahan vector - Pengurangan vector - Perkalian vector dengan skalar
  5. 5. Menjelaskan sifat-sifat operasi vector 6. Menjelaskan norma vektor
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengamati power point tentang materi vektor dan bertanya tentang materi vektor melalui diskusi tentang hasil pengamatannya
3 X 50
Materi: vector ekuivalen, vector nol dan vector negatif
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
4%

11

Minggu ke 11

Mampu mengoperasikan vektor

  1. 1. Menjelaskan operasi perkalian vector dot product dan cross product
  2. 2. Menentukan sudut antara dua vector
  3. 3. Mengimplementasikan rekursi pada beberapa kasus
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi vektor
3 X 50
Materi: Vektor
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.

Materi: perkalian vector dot product dan cross product
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
4%

12

Minggu ke 12

Menentukan ruang vector umum dari sekumpulan vektor

  1. 1. Menjelaskan ruang vector real
  2. 2. Menjelaskan subruang
  3. 3. Menjelaskan kombinasi linear
  4. 4. Membangun/merentang
  5. 5. Bebas linear
  6. 6. basis
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mempresentasikan hasil latihan materi vektor
3 X 50
Materi: ruang vector umum dari sekumpulan vektor
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menggunakan PGS untuk mengubah basis yang bukan ortonormal menjadi basis ortonormal

  1. 1. Menjelaskan Himpunan orthogonal dan himpunan ortonormal
  2. 2. Menjelaskan Proses Gram Schmidt
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengamati power point tentang materi Proses Gram Schmidt dan bertanya tentang materi Proses Gram Schmidt melalui diskusi tentang hasil pengamatannya
3 X 50
Materi: Proses Gram Schmidt
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
5%

14

Minggu ke 14

Dapat menentukan Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor

  1. 1. Menjelaskan tranformasi Linear
  2. 2. Menjelaskan Kernel dan jangkauan
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor dan menganalisanya
3 X 50
Materi: Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
4%

15

Minggu ke 15

Dapat menentukan nilai eigen dan vektor eigen dari suatu matriks

  1. 1. Menjelaskan nilai eigen
  2. 2. Menjelaskan vector eigen
  3. 3. Menentukan nilai dan vector eigen
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan
3 X 50
Mengeksplorasi nilai eigen dan vektor eigen dan mempresentasikan hasil latihan menentukan nilai dan vector eigen
3 X 50
Materi: Menentukan nilai eigen dan vektor eigen dari suatu matriks
Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mengerjakan soal UAS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
1 X 1
UAS
1 X 1
Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51%
2. Penilaian Praktikum 9%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.