
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Aljabar Linier dan Matriks |
5720103001 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
26 Februari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Naim Rochmawati, S.Kom., M.T.
|
Aries Dwi Indrayanti, S.Kom.,M.Kom.
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan operasi matriks
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linear
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan operasi vektor
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan aljabar linear numerik
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan teori aljabar linear menggunakan software (matlab)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah Aljabar Linear merupakan mata kuliahdengan dasar Matematika, yang diajarkan guna menunjang mata kuliah lainbaik di jurusan MI (Manajemen Informatika), PTI (Pendidikan TeknologiInformasi), SI (Sistem Informasi) maupun TI (Teknik Informatika). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall
- Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc
- Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland.
- Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yuni Yamasari, S.Kom., M.Kom. Aries Dwi Indriyanti, S.Kom., M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep matriks serta dapat mengoperasikan matriks |
- 1.Menjelaskan konsep matriks
- 2.Menjelaskan jenis-jenis matriks
- 3.Mampu menyelesaikan operasi matriks
- 4.Menjelaskan sifat-sifat operasi matriks
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengamati power point tentang materi matriks dan mengeksplorasi operasi matriks 3 X 50 |
Materi: Konsep matriks Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Menentukan invers matriks |
- 1. Menjelaskan pengertian invers matriks
- 2. Menjelaskan sifat-sifat invers matriks
- 3. Mencari invers matriks berordo 2x2
- 4. Mencari invers matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
- 5. Mencari invers matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 6 X 50 |
Mengamati power point tentang materi invers matriks dan bertanya tentang materi invers matriks melalui diskusi tentang hasil pengamatannya 6 X 50 |
Materi: Invers matriks Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menentukan invers matriks |
- 1. Menjelaskan pengertian invers matriks
- 2. Menjelaskan sifat-sifat invers matriks
- 3. Mencari invers matriks berordo 2x2
- 4. Mencari invers matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
- 5. Mencari invers matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 6 X 50 |
Mengeksplorasi invers matriks dan menghubungkan antara invers matriks dengan ordo beda - serta menganalisa perbedaan cara penentuan determinan matriks yang memiliki ordo berbeda 6 X 50 |
Materi: Invers matriks Pustaka: Sibaroni,Yuliant. 2002. Buku Ajar Aljabar Linear. STT Telkom |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menentukan determinan suatu matriks |
- 1. Menjelaskan pengertian determinan
- 2. menentukan nilai determinan matriks berordo 2x2
- 3. menentukan nilai determinan matriks berordo 3x3
- 4. menjelaskan sifat-sifat determinan
- 5. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
- 6. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer (TBE)
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 6 X 50 |
Mengamati power point tentang materi determinan matriks dan mengeksplorasi determinan matriks 6 X 50 |
Materi: Determinan matriks Pustaka: Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menentukan determinan suatu matriks |
- 1. Menjelaskan pengertian determinan
- 2. menentukan nilai determinan matriks berordo 2x2
- 3. menentukan nilai determinan matriks berordo 3x3
- 4. menjelaskan sifat-sifat determinan
- 5. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan matriks kofaktor
- 6. menentukan nilai determinan matriks berordo nxn dengan transformasi baris elementer (TBE)
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 6 X 50 |
Menghubungkan antara determinan matriks dengan ordo beda serta menganalisa perbedaan cara penentuan determinan matriks yang memiliki ordo berbeda dan mempresentasikannya 6 X 50 |
Materi: Determinan matriks Pustaka: Kolman, Bernard. 2004.Elementary Linear Algebra. NewJearsey: Prentice Hall |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat menentukan penyelesaian dari SPL (Sistem Persamaan Linear) |
- 1. Menjelaskan pengertian SPL
- 2. Menjelaskan jenis-jenis SPL
- 3. Menjelaskan jenis-jenis penyelesaian SPL
- 4. Menentukan penyelesaian SPL dengan 2 persamaan dan 2 variable
- 5. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode matriks
- 6. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode Cramer
- 7. Menentukan penyelesaian SPL dengan n persamaan dan n variable dengan menggunakan metode TBE
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi SPL 3 X 50 |
Materi: Sistem Persamaan Linear Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan SPL Homogen dan SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable |
- 1. Menentukan penyelesaian SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable
- 2. Menentukan penyelesaian SPL homogen
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi SPL Homogen dan SPL dimana banyaknya persamaan banyaknya variable 3 X 50 |
Materi: Sistem Persamaan Linear Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Dapat menentukan penyelesaian dari SPL dengan menggunakan matlab dan dapat menggunakan SPL untuk masalah sehari-hari |
- 1. Mampu mengoperasikan matlab
- 2. Menentukan penyelesaian SPL menggunakan matlab
- 3. Menyelesaikan SPL dengan kasus masalah sehari-hari
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Tes |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi SPL dengan menggunakan matlab 3 X 50 |
Materi: Sistem Persamaan Linear Pustaka: Anton, Howard. 2010.Elementary Linear Algebra.John Wiley & Sons, Inc |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mengerjakan soal UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 1 X 1 |
UTS 1 X 1 |
Materi: UTS Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep vector dan dapat mengoperasikan vektor |
- 1. Menjelaskan pengertian vector
- 2. Menjelaskan cara menyatakan vector
- 3. Menjelaskan vector ekuivalen, vector nol dan vector negatif
- 4. Menyelesaikan operasi vector - Penjumlahan vector - Pengurangan vector - Perkalian vector dengan skalar
- 5. Menjelaskan sifat-sifat operasi vector 6. Menjelaskan norma vektor
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengamati power point tentang materi vektor dan bertanya tentang materi vektor melalui diskusi tentang hasil pengamatannya 3 X 50 |
Materi: vector ekuivalen, vector nol dan vector negatif Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengoperasikan vektor |
- 1. Menjelaskan operasi perkalian vector dot product dan cross product
- 2. Menentukan sudut antara dua vector
- 3. Mengimplementasikan rekursi pada beberapa kasus
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi vektor 3 X 50 |
Materi: Vektor Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. Materi: perkalian vector dot product dan cross product Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menentukan ruang vector umum dari sekumpulan vektor |
- 1. Menjelaskan ruang vector real
- 2. Menjelaskan subruang
- 3. Menjelaskan kombinasi linear
- 4. Membangun/merentang
- 5. Bebas linear
- 6. basis
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mempresentasikan hasil latihan materi vektor 3 X 50 |
Materi: ruang vector umum dari sekumpulan vektor Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menggunakan PGS untuk mengubah basis yang bukan ortonormal menjadi basis ortonormal |
- 1. Menjelaskan Himpunan orthogonal dan himpunan ortonormal
- 2. Menjelaskan Proses Gram Schmidt
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengamati power point tentang materi Proses Gram Schmidt dan bertanya tentang materi Proses Gram Schmidt melalui diskusi tentang hasil pengamatannya 3 X 50 |
Materi: Proses Gram Schmidt Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat menentukan Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor |
- 1. Menjelaskan tranformasi Linear
- 2. Menjelaskan Kernel dan jangkauan
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor dan menganalisanya 3 X 50 |
Materi: Transformasi Linear, Kernel dan Jangkauan dari sebuah vektor Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat menentukan nilai eigen dan vektor eigen dari suatu matriks |
- 1. Menjelaskan nilai eigen
- 2. Menjelaskan vector eigen
- 3. Menentukan nilai dan vector eigen
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Pendekatan: Saintifik
Model: Kooperatif
Metode:Diskusi, Presentasi dan latihan 3 X 50 |
Mengeksplorasi nilai eigen dan vektor eigen dan mempresentasikan hasil latihan menentukan nilai dan vector eigen 3 X 50 |
Materi: Menentukan nilai eigen dan vektor eigen dari suatu matriks Pustaka: Elementary Linear Algebra.The SailorFoundation. 4. Matthews, K. R. 2013.ElementaryLinear Algebra.University of Queensland. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mengerjakan soal UAS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 1 X 1 |
UAS 1 X 1 |
Materi: UAS Pustaka: |
20% |