Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Personal Trainer

8520604053

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

7

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-8

Mampu mendesain perangkat penunjang, model latihan, serta modul program latihan yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip-prinsip dasar kebugaran fisik, termasuk komponen-komponen utama kebugaran seperti kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

PO - 2

Menerapkan pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia dalam merancang program latihan yang efektif dan aman.

PO - 3

Melakukan evaluasi kondisi fisik klien secara tepat, menggunakan berbagai metode dan tes yang sesuai.

PO - 4

Merancang program latihan yang personal berdasarkan kebutuhan individu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, tingkat kebugaran, dan tujuan spesifik klien.

PO - 5

Memberikan bimbingan yang tepat selama sesi latihan untuk memastikan teknik yang benar dan menghindari cedera.

PO - 6

Mengembangkan keterampilan komunikasi dan motivasi yang efektif untuk membantu klien mencapai tujuan kebugaran mereka.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-6PLO-8
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Personal Trainer adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa untuk menjadi seorang pelatih kebugaran yang profesional. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek terkait dengan pelatihan fisik, anatomi tubuh manusia, fisiologi olahraga, dan psikologi olahraga, yang berguna untuk membantu individu mencapai tujuan kebugaran mereka. Mahasiswa juga akan mempelajari teknik latihan, penilaian kondisi fisik, serta cara memberikan program latihan yang efektif dan aman sesuai dengan kebutuhan klien.

Pustaka

Utama :

  1. Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
  2. National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
  3. McGill, S. M. (2016). Low Back Disorders: Evidence-Based Prevention and Rehabilitation (3rd ed.). Human Kinetics.
  4. Sharkey, B. J., & Gaskill, S. E. (2013). Fitness and Health (7th ed.). Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 1: Pengantar Personal Trainer dan Tanggung Jawab Profesi
Materi:
Definisi dan peran seorang personal trainer.
Etika profesional dalam pelatihan kebugaran.
Tanggung jawab dan kode etik seorang personal trainer.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 2: Anatomi dan Fisiologi Dasar untuk Personal Trainer
Materi:
Pengenalan anatomi tubuh manusia (otot, tulang, sistem kardiovaskular).
Dasar-dasar fisiologi olahraga.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Deskripsi Mata Kuliah: Personal Trainer

Mata kuliah Personal Trainer adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa untuk menjadi seorang pelatih kebugaran yang profesional. Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek terkait dengan pelatihan fisik, anatomi tubuh manusia, fisiologi olahraga, dan psikologi olahraga, yang berguna untuk membantu individu mencapai tujuan kebugaran mereka. Mahasiswa juga akan mempelajari teknik latihan, penilaian kondisi fisik, serta cara memberikan program latihan yang efektif dan aman sesuai dengan kebutuhan klien.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

Setelah mengikuti mata kuliah Personal Trainer, mahasiswa diharapkan dapat:

Memahami prinsip-prinsip dasar kebugaran fisik, termasuk komponen-komponen utama kebugaran seperti kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan keseimbangan.
Menerapkan pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia dalam merancang program latihan yang efektif dan aman.
Melakukan evaluasi kondisi fisik klien secara tepat, menggunakan berbagai metode dan tes yang sesuai.
Merancang program latihan yang personal berdasarkan kebutuhan individu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, tingkat kebugaran, dan tujuan spesifik klien.
Memberikan bimbingan yang tepat selama sesi latihan untuk memastikan teknik yang benar dan menghindari cedera.
Mengembangkan keterampilan komunikasi dan motivasi yang efektif untuk membantu klien mencapai tujuan kebugaran mereka.
Proses Perkuliahan dan Materi

Mata kuliah Personal Trainer terdiri dari 16 pertemuan yang mencakup teori dan praktik yang akan memberikan keterampilan langsung kepada mahasiswa. Proses perkuliahan juga dilengkapi dengan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Pertemuan 1: Pengantar Personal Trainer dan Tanggung Jawab Profesi
Materi:
Definisi dan peran seorang personal trainer.
Etika profesional dalam pelatihan kebugaran.
Tanggung jawab dan kode etik seorang personal trainer.
Capaian Pembelajaran:
Mahasiswa memahami peran dan tanggung jawab personal trainer dalam membantu klien mencapai tujuan kebugaran.
Aktivitas:
Diskusi kelompok mengenai pentingnya etika dalam profesi personal trainer.
Pertemuan 2: Anatomi dan Fisiologi Dasar untuk Personal Trainer
Materi:
Pengenalan anatomi tubuh manusia (otot, tulang, sistem kardiovaskular).
Dasar-dasar fisiologi olahraga.
Capaian Pembelajaran:
Mahasiswa dapat menjelaskan dasar-dasar anatomi tubuh manusia dan fisiologi olahraga yang relevan untuk pelatihan.
Aktivitas:
Penjelasan dan diskusi tentang struktur tubuh manusia yang digunakan dalam latihan fisik.
Pertemuan 3: Prinsip-prinsip Kebugaran Fisik
Materi:
Komponen kebugaran fisik: kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan keseimbangan.
Prinsip latihan (overload, spesifikasi, progresi, reversibilitas).
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 4: Evaluasi Kondisi Fisik Klien
Materi:
Teknik dan alat untuk menilai kondisi fisik klien (tes kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, komposisi tubuh).
Menilai tingkat kebugaran klien dan menentukan tujuan pelatihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Sharkey, B. J., & Gaskill, S. E. (2013). Fitness and Health (7th ed.). Human Kinetics.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 5: Penyusunan Program Latihan Berdasarkan Evaluasi
Materi:
Menyusun program latihan yang sesuai dengan hasil evaluasi fisik.
Menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang klien.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 6: Teknik Dasar Latihan Kekuatan
Materi:
Latihan kekuatan untuk berbagai kelompok otot.
Teknik dasar angkat beban dan latihan tubuh bagian atas dan bawah.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 7: Teknik Dasar Latihan Kardio dan Ketahanan
Materi:
Latihan kardio untuk meningkatkan daya tahan tubuh (lari, bersepeda, HIIT).
Teknik mengajarkan latihan ketahanan aerobik dan anaerobik.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian teori mengenai anatomi tubuh, fisiologi olahraga, prinsip-prinsip kebugaran, dan penyusunan program latihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 9: Program Latihan untuk Peningkatan Fleksibilitas
Materi:
Teknik-teknik latihan fleksibilitas (stretching statis dan dinamis).
Program untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: McGill, S. M. (2016). Low Back Disorders: Evidence-Based Prevention and Rehabilitation (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 10: Program Latihan untuk Keseimbangan dan Koordinasi
Materi:
Latihan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh (yoga, pilates, latihan fungsional).
Teknik latihan koordinasi dan kontrol tubuh.

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 11: Psikologi Olahraga untuk Personal Trainer
Materi:
Teknik motivasi untuk klien.
Psikologi dalam latihan kebugaran dan pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan.

Materi: ...
Pustaka: Baechle, T. R., & Earle, R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 12: Nutrisi untuk Kebugaran
Materi:
Dasar-dasar nutrisi yang mendukung program kebugaran.
Menyusun rekomendasi nutrisi untuk klien sesuai dengan tujuan latihan.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

13

Minggu ke 13

  1. 6
  2. Rubrik Penilaian
Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 13: Manajemen Waktu dalam Program Latihan
Materi:
Cara merancang program latihan yang efektif dan efisien dalam waktu terbatas.
Pengaturan jadwal latihan klien.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

14

Minggu ke 14

  1. 6
  2. Rubrik Penilaian
Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 14: Penyusunan Program Latihan Jangka Panjang
Materi:
Merancang program latihan untuk jangka panjang dengan evaluasi berkala.
Mengadaptasi program latihan sesuai dengan perkembangan klien.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 15: Presentasi Program Latihan dan Evaluasi Klien
Materi:
Presentasi program latihan yang telah disusun dan evaluasi terhadap klien.

Materi: ...
Pustaka: National Academy of Sports Medicine (NASM) (2021). NASM's Essentials of Personal Fitness Training (6th ed.). Jones & Bartlett Learning.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:
Ujian akhir yang mencakup seluruh materi yang telah dipelajari: anatomi, fisiologi olahraga, teknik latihan, program latihan, dan psikologi olahraga.

Materi: ...
Pustaka: McGill, S. M. (2016). Low Back Disorders: Evidence-Based Prevention and Rehabilitation (3rd ed.). Human Kinetics.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.