
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiologi Antropologi |
8820902377 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
8 |
29 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si
|
WELLY SURYANDOKO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain). |
PLO-7 |
Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar sosiologi dan antropologi seni.
|
PO - 2 |
Menganalisis fungsi dan makna seni dalam kehidupan sosial dan budaya.
|
PO - 3 |
Mengkaji seni sebagai bagian dari sistem budaya dan identitas masyarakat.
|
PO - 4 |
Menyusun kajian sederhana tentang fenomena seni berbasis pendekatan sosial-budaya.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji seni sebagai fenomena sosial dan budaya melalui pendekatan sosiologi dan antropologi. Pembahasan meliputi fungsi seni dalam masyarakat, seni sebagai ekspresi budaya, relasi seni dengan nilai, norma, struktur sosial, identitas, ritual, dan perubahan sosial, serta peran seniman dan institusi seni dalam konteks lokal, nasional, dan global. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karya dan praktik seni secara kritis, kontekstual, dan ilmiah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
- Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
|
Pendukung : |
|
- Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si. Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan ruang lingkup dan kontrak kuliah |
Menjelaskan ruang lingkup dan kontrak kuliah |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: ANtropologi Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan konsep dasar sosiologi seni |
Menjelaskan konsep dasar sosiologi seni |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: BUdaya Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan konsep antropologi seni |
Menjelaskan konsep antropologi seni |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis fungsi seni dalam masyarakat |
Menganalisis fungsi seni dalam masyarakat |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mengkaji seni dan nilai budaya |
Mengkaji seni dan nilai budaya |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: ANtropologi Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis seni dalam ritual |
Menganalisis seni dalam ritual |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Kajian Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis peran seniman |
Menganalisis peran seniman |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Materi: sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis seni dan identitas |
Menganalisis seni dan identitas |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: budaya Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis seni dan identitas |
Menganalisis seni dan identitas |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Antropologi Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. Materi: Sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
20% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis perubahan sosial dalam seni |
Menganalisis perubahan sosial dalam seni |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: kajian tari Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun kajian fenomena seni |
Menyusun kajian fenomena seni |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Antropologi Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkaji seni tradisi & kontemporer |
Mengkaji seni tradisi & kontemporer |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: Sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mempresentasikan hasil kajian |
Mempresentasikan hasil kajian |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
PJBL
|
|
Materi: Sosiologi Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan hasil kajian |
Mempresentasikan hasil kajian |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: Antropologi Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Refleksi dan penguatan materi |
Refleksi dan penguatan materi |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: teks Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL
|
|
Materi: 28 Pustaka: Materi: Budaya Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra |
28% |