Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiologi Antropologi

8820902377

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

29 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si




WELLY SURYANDOKO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain).

PLO-7

Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran seni drama, tari, dan musik terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar sosiologi dan antropologi seni.

PO - 2

Menganalisis fungsi dan makna seni dalam kehidupan sosial dan budaya.

PO - 3

Mengkaji seni sebagai bagian dari sistem budaya dan identitas masyarakat.

PO - 4

Menyusun kajian sederhana tentang fenomena seni berbasis pendekatan sosial-budaya.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji seni sebagai fenomena sosial dan budaya melalui pendekatan sosiologi dan antropologi. Pembahasan meliputi fungsi seni dalam masyarakat, seni sebagai ekspresi budaya, relasi seni dengan nilai, norma, struktur sosial, identitas, ritual, dan perubahan sosial, serta peran seniman dan institusi seni dalam konteks lokal, nasional, dan global. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis karya dan praktik seni secara kritis, kontekstual, dan ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
  3. Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  4. Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Pendukung :

  1. Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dosen Pengampu

Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si.

Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan ruang lingkup dan kontrak kuliah

Menjelaskan ruang lingkup dan kontrak kuliah

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: ANtropologi
Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan konsep dasar sosiologi seni

Menjelaskan konsep dasar sosiologi seni

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: BUdaya
Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
3%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan konsep antropologi seni

Menjelaskan konsep antropologi seni

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
3%

4

Minggu ke 4

Menganalisis fungsi seni dalam masyarakat

Menganalisis fungsi seni dalam masyarakat

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
4%

5

Minggu ke 5

Mengkaji seni dan nilai budaya

Mengkaji seni dan nilai budaya

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: ANtropologi
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

6

Minggu ke 6

Menganalisis seni dalam ritual

Menganalisis seni dalam ritual

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Kajian
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis peran seniman

Menganalisis peran seniman

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Materi: sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
5%

8

Minggu ke 8

Menganalisis seni dan identitas

Menganalisis seni dan identitas

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: budaya
Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
5%

9

Minggu ke 9

Menganalisis seni dan identitas

Menganalisis seni dan identitas

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Antropologi
Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Materi: Sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
20%

10

Minggu ke 10

Menganalisis perubahan sosial dalam seni

Menganalisis perubahan sosial dalam seni

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: kajian tari
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
3%

11

Minggu ke 11

Menyusun kajian fenomena seni

Menyusun kajian fenomena seni

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Antropologi
Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
3%

12

Minggu ke 12

Mengkaji seni tradisi & kontemporer

Mengkaji seni tradisi & kontemporer

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: Sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
3%

13

Minggu ke 13

Mempresentasikan hasil kajian

Mempresentasikan hasil kajian

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
PJBL

Materi: Sosiologi
Pustaka: Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
4%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan hasil kajian

Mempresentasikan hasil kajian

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: Antropologi
Pustaka: Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
4%

15

Minggu ke 15

Refleksi dan penguatan materi

Refleksi dan penguatan materi

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: teks
Pustaka: Hadi, Y. S. (2007). Kajian tari: Teks dan konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL

Materi: 28
Pustaka:

Materi: Budaya
Pustaka: Sedyawati, E. (2008). Keindonesiaan dalam budaya. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
28%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 95%
2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.