Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Pelaksanaan Konstruksi & K3L

2220102070

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

PLO-8

Mampu menguasai metode dan aplikasi teknologi pendukung dengan pendekatan interdisplin atau multidisiplin baik individu atau kerjasama dalam tim

PLO-9

Mampu menguasai konsep ilmu keteknisipilan dan menerapkan dalam berbagai industri jasa konstruksi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan metode konstruksi yang efisien dan efektif dalam proyek nyata untuk meningkatkan kualitas dan keamanan konstruksi (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai risiko keselamatan kerja di lapangan dan mengusulkan solusi mitigasi yang tepat (C4)

PO - 3

Mengevaluasi dampak lingkungan dari berbagai metode konstruksi dan memilih metode yang paling berkelanjutan (C5)

PO - 4

Menciptakan desain inovatif yang mengintegrasikan prinsip K3 dan keberlanjutan lingkungan dalam proyek konstruksi (C6)

PO - 5

Menerapkan teknologi terkini dalam pengelolaan proyek konstruksi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas (C3)

PO - 6

Menganalisis berbagai teknik konstruksi dan menentukan teknik yang paling sesuai untuk jenis proyek tertentu (C4)

PO - 7

Mengevaluasi kepatuhan terhadap regulasi K3 di lokasi konstruksi dan mengusulkan perbaikan prosedural jika diperlukan (C5)

PO - 8

Menciptakan rencana mitigasi yang efektif untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dari kegiatan konstruksi (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip desain berkelanjutan dalam pengembangan infrastruktur (C3)

PO - 10

Menganalisis hasil pengukuran kualitas udara dan suara di area konstruksi dan menilai kebutuhan akan perubahan metode kerja (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Magang Praktek Kerja ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami metode konstruksi di tempat magang dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami prosedur Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L) dan menganalisa implementasi K3L yang ada di industri meliputi faktor yang mempengaruhi K3L, prinsip pencegahan kecelakaan kerja, sistem manajemen K3L, mengukur nilai ambang batas faktor fisik manusia, penanganan dan tindakan pertolongan kecelakaan kerja, penggunaan APD, upaya peningkatan kesadaran K3L, sistem pencegahan bahaya kebakaran, serta analisis kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Pustaka

Utama :

  1. Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)
    Fakultas Teknik Unesa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
    Tim FE Unesa. 2018. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ekonomi
    Unesa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
    Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
    (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Ir. H. Soeparno, M.T.

Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T.

Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

2

Minggu ke 2

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

3

Minggu ke 3

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

4

Minggu ke 4

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

5

Minggu ke 5

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

6

Minggu ke 6

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

7

Minggu ke 7

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

8

Minggu ke 8

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

9

Minggu ke 9

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

10

Minggu ke 10

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

11

Minggu ke 11

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

12

Minggu ke 12

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

13

Minggu ke 13

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

14

Minggu ke 14

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

15

Minggu ke 15

Mampu melaksanakan penerapan ilmu kuliah di tempat magang

Terlaksananya kegiatan di tempat magang dengan lancar dan sesuai dengan waktu pelaksanaan

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
wawancara, observasi, dan mandiri
2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

6%

16

Minggu ke 16

Final Assesment MPK - Metode Konstruksi, K3, & Lingkungan

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 X 50

Materi: -
Pustaka:

Tim FT Unesa. 2014. Buku Panduan Praktik Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL)

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.