|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Pelaksanaan Konstruksi & K3L |
2220102070 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
29 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan pelaksanaan pekerjaan konstruksi bangunan gedung, jalan, jembatan, bangunan air, termasuk penggunaan alat berat, serta peranan keselamatan kesehatan kerja dalam konstruksi (K3). Pengertian dasar K3 adalah kecelakaan kerja konstruksi dan biaya langsung dan tidak langsung akibat dari kecelakaan kerja; dasar hukum K3 konstruksi; pedoman K3 konstruksi; dan sistem manajemen K3 (SMK3) konstruksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Andang Widjaja. 2013. Metoda Konstruksi dan K3. Surabaya: Penerbit Unesa
- Asiyanto. 2010. Metode Konstruksi proyek Jalan. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
- Ridley, John. 2006. (Terjemahan) Ikhtisar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga
- Sumamur PK. 1976. Kecelakaan Akibat Kerja dalam Higene Perusahaan dan Keselamat Kerja. Gunung Agung, Jakarta.
- Sumamur PK. 1989. Keselamatan Kerja & Pencegahan Kecelakaan. CV Haji Masagung, Jakarta.
- Tim Redaksi Fokusmedia. 2006. Himpunan Peraturan Perundang Undangan Ketenagakerjaan. Penerbit Fokusmedia, Bandung.
- Tunggal, Hadi Setia. 2000. Undang-Undang RI No 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Buruh. Harvarindo , Jakarta
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ir. H. Soeparno, M.T. Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T. Dr. Gde Agus Yudha Prawira Adistana, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui hukum K3 serta hubungan tenaga-kerja dan pimpinan sesuai perjanjian kerja. |
1. Kemampuan memprediksi perilaku pekerja dalam menerapkan hukum/regulasi keprofesiannya 2. penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3). |
Kriteria:
- Nilai 4, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data benar, kelengkapan laporan baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 3, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 2, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan kurang benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
- Nilai 1, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang tidak baik, data laporan tidak benar, analisis data tidak benar, kelengkapan laporan tidak baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
|
1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tinjauan lapangan Mahasiswa mendiskusikan komponen perlengkapan kerja sesuai undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja, serta membandingkan penerapan hukum K3 serta hubungan tenaga-kerja dan pimpinan di lapangan 1 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mengenal kegiatan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan (K3) pekerja pada kegiatan konstruksi, dan mengetahui kegiatan penanggulangan |
1. Kemampuan memprediksi kebutuhan alat kelengkapan K3 pada saat bekerja konstruksi 2. Kemampuan menyebutkan fungsi alat kelengkapan K3 pada saat bekerja konstruksi 3. Mahasiswa mampu menyebutkan mengatur tata letak alat K3 pada setiap ruangan/tempat kerja di lingkungan proyek |
Kriteria:
- Nilai 4, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data benar, kelengkapan laporan baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 3, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 2, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan kurang benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
- Nilai 1, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang tidak baik, data laporan tidak benar, analisis data tidak benar, kelengkapan laporan tidak baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
|
1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tugas Mahasiswa mendiskusikan komponen perlengkapan kerja sesuai undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja, serta melihat penerapan di lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mengenal kegiatan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan (K3) pekerja pada kegiatan konstruksi, dan mengetahui kegiatan penanggulangan |
1. Kemampuan memprediksi kebutuhan alat kelengkapan K3 pada saat bekerja konstruksi 2. Kemampuan menyebutkan fungsi alat kelengkapan K3 pada saat bekerja konstruksi 3. Mahasiswa mampu menyebutkan mengatur tata letak alat K3 pada setiap ruangan/tempat kerja di lingkungan proyek |
Kriteria:
- Nilai 4, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data benar, kelengkapan laporan baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 3, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tepat waktu
- Nilai 2, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang baik, data laporan kurang benar, analisis data kurang benar, kelengkapan laporan kurang baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
- Nilai 1, jika Laporan dibuat dengan tata tulis yang tidak baik, data laporan tidak benar, analisis data tidak benar, kelengkapan laporan tidak baik, dan waktu pengumpulan tidak tepat waktu
|
1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tugas Mahasiswa mendiskusikan komponen perlengkapan kerja sesuai undang-undang keselamatan dan kesehatan kerja, serta melihat penerapan di lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengenal pekerjaan persiapan pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa mampu memahami perencanaan mobilisasi SDM. 2. Mahasiswa mampu memahami perencanaan mobilisasi alat.. 3. Mahasiswa mampu memahami manajemen sumber daya manusia dan alat 4. Mahasiswa memahami pelaksanaan surveying dengan alat ukur tanah. 5. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan pekerjaan persiapan konstruksi (mobilisasi sumber daya manusia, sumber daya alat, pembersihan lahan, persiapan kit, dan pengukuran) |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tugas 1 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mengenal metoda pelaksanaan pekerjaan sub struktur atau fondasi pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan urutan pekerjaan fondasi, sesuai gambar kerja. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi persiapan K3 pada pekerjaan fondasi. 3. Mahasiswa memahami metoda pelaksanaan fondasi dangkal: batu kali, pelat setempat. |
Kriteria:
Nilai maksimal (100) diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi kelas, kunjungan ke lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengenal metoda pelaksanaan pekerjaan sub struktur atau fondasi dangkal pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa memahami metode pelaksanaan fondasi bor 2. Mahasiswa memahami metode pelaksanaan fondasi tiang pancang 3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi persiapan K3 pada pekerjaan fondasi dalam. |
Kriteria:
Nilai maksimal (100) diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
1. Diskusi 2. Ceramah 3. Tugas 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
ujian tengah semester |
ujian tengah semester |
Kriteria:
ujian tengah semester |
ujian tengah semester 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan struktur atas: kolom, balok dan pelat pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan pekerjaan pemasangan papan cetak atau bekesting dengan pengukuran elevasi dan tegak lurus pada kolom. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan struktur atas: kolom, balok dan pelat pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan pelaksanaan merangkai besi konstruksi kolom. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan struktur atas: kolom, balok dan pelat pada bangunan teknik sipil. |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan pelaksanaan merangkai besi konstruksi kolom. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure atau struktur atau rangka atap atas pada bangunan gedung, Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure pada jembatan, atau jalan raya: |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan struktur atas jembatan (pemasangan tumpuan girder, pemasangan bearing pada, serta penyempurnaan pelat injak. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan bena |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure atau struktur atau rangka atap atas pada bangunan gedung, Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure pada jembatan, atau jalan raya: |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan struktur atas jembatan (pemasangan tumpuan girder, pemasangan bearing pada, serta penyempurnaan pelat injak. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan bena |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure atau struktur atau rangka atap atas pada bangunan gedung, Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure pada jembatan, atau jalan raya: |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan struktur atas jembatan (pemasangan tumpuan girder, pemasangan bearing pada, serta penyempurnaan pelat injak. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan bena |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure atau struktur atau rangka atap atas pada bangunan gedung, Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure pada jembatan, atau jalan raya: |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan struktur atas jembatan (pemasangan tumpuan girder, pemasangan bearing pada, serta penyempurnaan pelat injak. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan bena |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure atau struktur atau rangka atap atas pada bangunan gedung, Mahasiswa dapat mengenal pekerjaan upper structure pada jembatan, atau jalan raya: |
1. Mahasiswa mampu menyebutkan tahapan persiapan pelaksanaan struktur atas jembatan (pemasangan tumpuan girder, pemasangan bearing pada, serta penyempurnaan pelat injak. 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi personel dan alat K3 konstruksi.yang dipersiapkan untuk pelaksanaan konstruksi. |
Kriteria:
Nilai maksimal diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan bena |
1. Diskusi2. Ceramah3. Tugas, atau4. Kunjungan lapangan 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |