|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN PEMBELAJARAN |
8620302169 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
0 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, model-model sistem pembela jaran, dan langkah-langkah-langkah pengembangan desain sistem pembelajaran serta praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran baik berupa Silabus mauputi RPP sebagai implementasi kurikulum berbasis kompetensi di tingkat satuan pendidikan tertentu (sekolah dan luar sekolah/diklat). |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Abdul Majid. 2006 Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remja Roesdakarya. Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Carey, W Dick, and Carey, L & Carey, JO. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. Lamijan Hadi Susarno. 2016. Desain Sistem Pembelajaran. Surabaya: CV.Bintang.. Masnur Muslich. 2008. KTSP: Dasar Pemahaman Dan Pengembangan Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara. Morrison Gary R, Ross, Steven M, Kemp, Jerrold E. 2001. Designing Efective Instruction. Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa Menguasai Konsep Dasar Pengembangan Sistem Pembelajaran |
Mahasiswa bisa mengklasifikasikan variabel-variabel pembelajaran. |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai:
- Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
|
Melalui model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, tanya jawab, dan penugasan terstruktur secara individu 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa Menguasai Konsep Dasar Pengembangan Sistem Pembelajaran |
Mahasiswa bisa mengklasifikasikan variabel-variabel pembelajaran. |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai:
- Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
|
Melalui model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, tanya jawab, dan penugasan terstruktur secara individu 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
- Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
|
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi. 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
- Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
|
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi. 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
- Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
|
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi. 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Ujian Sub Sumatif atau Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa menguasai konsep dasarprencanaan sistem pembelajaran |
Kriteria:
Sistem penskoran dengan skala 10 - 100. |
Online 4 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat Menguasai Langkah-Langkah Pengem-bangan Perencanaan Pembelajaran |
Mengidentifikasi kebu-tuhan pembelajaran dan karakteristik awal siswa |
Kriteria:
- Konsep yang dinilai:
- Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajar. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
|
Model pembelajaran Problem Based Learning, Penugasan Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat Menganalisis pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran. |
Menganalisis pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran umum dan khusus |
Kriteria:
- Tugas: Buatlah analisis pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran.
- Keterangan Penilaian:
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = kurang baik
- 1 = sangat kurang baik
|
Model pembelajaran Based Learning, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat Mengembangkan tes acuan patokan |
Mengembangkan tes acuan patokan |
Kriteria:
- Kriteria Aspek Penilaian :
- 1. Sangat sesuai rumusan pembelajaran
- 2. Sesuai dengan rumusan pembelajaran
- 3. Kurang sesuai dg. rumusan pembel.
- 4. Tidak relevan
- Keterangan Skor:
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = kurang baik
- 1 = sangat kurang baik
|
Model pembelajaran problem based learning, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat Mengembangkan strategi pembelajaran |
Mengembangkan metode dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran |
Kriteria:
- Aspek:
- 1. Sangat sesuai dg bahan pembelajaran
- 2. Sesuai dengan bahan pembelajaran
- 3. Kurang sesuai dg. bahan pembel.
- 4. Tidak sesuai dg. bahan pembelajaran
- Keterangan Skor:
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = kurang baik
- 1 = sangat kurang baik
|
Model pembelajaran kolabratf dengan Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat Mengembangkan bahan pembelajar-an |
Langkah-langkah pengembangan bahan pembela-jaran |
Kriteria:
- Aspek: 1. Sangat sesuai rumusan tujuan pembelajaran
- 2. Sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran
- 3. Kurang sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
- 4. Tidak sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
- Keterangan Skor:
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = kurang baik
- 1 = sangat kurang baik
|
Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat Mengembangkan Alat Evaluasi Formatif |
Langkah-langkah evaluasi formatif |
Kriteria:
- Aspek:
- 1. Sangat sesuai rumusan tujuan pembelajar.
- 2. Sesuai dengan rumusan tujuan pembel
- 3. Kurang sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
- 4. Tidak sesuai dengan rumuasan tujuan pem belajaran
- Keterangan Skor:
- 4 = sangat baik
- 3 = baik
- 2 = kurang baik
- 1 = sangat kurang baik
|
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pengasan 4 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan program pembel-ajaran |
Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran |
Kriteria:
- Kriteria:
- 5 = sangat baik
- 4 = baik
- 3 = kurang baik
- 2 = tidak baik
- 1 = sangat tidak baik
|
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab 6 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengembangkan program pembel-ajaran |
Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran |
Kriteria:
- Kriteria:
- 5 = sangat baik
- 4 = baik
- 3 = kurang baik
- 2 = tidak baik
- 1 = sangat tidak baik
|
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab 6 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mengembangkan program pembel-ajaran |
Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran |
Kriteria:
- Kriteria:
- 5 = sangat baik
- 4 = baik
- 3 = kurang baik
- 2 = tidak baik
- 1 = sangat tidak baik
|
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab 6 X 50 |
|
|
0% |