Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DESAIN PEMBELAJARAN

8620302169

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji berbagai konsep dasar desain sistem pembelajaran, model-model sistem pembela jaran, dan langkah-langkah-langkah pengembangan desain sistem pembelajaran serta praktik penyusunan model pengembangan desain sistem pembelajaran baik berupa Silabus mauputi RPP sebagai implementasi kurikulum berbasis kompetensi di tingkat satuan pendidikan tertentu (sekolah dan luar sekolah/diklat).

Pustaka

Utama :

  1. Abdul Majid. 2006 Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remja Roesdakarya.

    Atwi Suparman. 2012. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

    Carey, W Dick, and Carey, L & Carey, JO. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.

    Lamijan Hadi Susarno. 2016. Desain Sistem Pembelajaran. Surabaya: CV.Bintang..

    Masnur Muslich. 2008. KTSP: Dasar Pemahaman Dan Pengembangan Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

    Morrison Gary R, Ross, Steven M, Kemp, Jerrold E. 2001. Designing Efective Instruction. Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.


Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa Menguasai Konsep Dasar Pengembangan Sistem Pembelajaran

Mahasiswa bisa mengklasifikasikan variabel-variabel pembelajaran.

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai:
  2. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
Melalui model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, tanya jawab, dan penugasan terstruktur secara individu
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa Menguasai Konsep Dasar Pengembangan Sistem Pembelajaran

Mahasiswa bisa mengklasifikasikan variabel-variabel pembelajaran.

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai:
  2. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
Melalui model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, tanya jawab, dan penugasan terstruktur secara individu
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran

Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
  2. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi.
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran

Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
  2. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi.
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat Menguasai Konsep Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran

Menguasai Perencanaan Sistem Pembelajaran

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai: Perencanaan Sistem Pembelajaran
  2. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 25.
Model Pembelajaran Colaborative Learning dengan metode Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi.
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Ujian Sub Sumatif atau Ujian Tengah Semester

Mahasiswa menguasai konsep dasarprencanaan sistem pembelajaran

Kriteria:

Sistem penskoran dengan skala 10 - 100.

Online
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat Menguasai Langkah-Langkah Pengem-bangan Perencanaan Pembelajaran

Mengidentifikasi kebu-tuhan pembelajaran dan karakteristik awal siswa

Kriteria:
  1. Konsep yang dinilai:
  2. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum & Pembelajar. Tiap Soal jika dijawab dengan benar, maka skor maksimal yang diperoleh 20.
Model pembelajaran Problem Based Learning, Penugasan Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat Menganalisis pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran.

Menganalisis pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran umum dan khusus

Kriteria:
  1. Tugas: Buatlah analisis pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran.
  2. Keterangan Penilaian:
  3. 4 = sangat baik
  4. 3 = baik
  5. 2 = kurang baik
  6. 1 = sangat kurang baik
Model pembelajaran Based Learning, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat Mengembangkan tes acuan patokan

Mengembangkan tes acuan patokan

Kriteria:
  1. Kriteria Aspek Penilaian :
  2. 1. Sangat sesuai rumusan pembelajaran
  3. 2. Sesuai dengan rumusan pembelajaran
  4. 3. Kurang sesuai dg. rumusan pembel.
  5. 4. Tidak relevan
  6. Keterangan Skor:
  7. 4 = sangat baik
  8. 3 = baik
  9. 2 = kurang baik
  10. 1 = sangat kurang baik
Model pembelajaran problem based learning, Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat Mengembangkan strategi pembelajaran

Mengembangkan metode dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran

Kriteria:
  1. Aspek:
  2. 1. Sangat sesuai dg bahan pembelajaran
  3. 2. Sesuai dengan bahan pembelajaran
  4. 3. Kurang sesuai dg. bahan pembel.
  5. 4. Tidak sesuai dg. bahan pembelajaran
  6. Keterangan Skor:
  7. 4 = sangat baik
  8. 3 = baik
  9. 2 = kurang baik
  10. 1 = sangat kurang baik
Model pembelajaran kolabratf dengan Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat Mengembangkan bahan pembelajar-an

Langkah-langkah pengembangan bahan pembela-jaran

Kriteria:
  1. Aspek: 1. Sangat sesuai rumusan tujuan pembelajaran
  2. 2. Sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran
  3. 3. Kurang sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
  4. 4. Tidak sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
  5. Keterangan Skor:
  6. 4 = sangat baik
  7. 3 = baik
  8. 2 = kurang baik
  9. 1 = sangat kurang baik
Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat Mengembangkan Alat Evaluasi Formatif

Langkah-langkah evaluasi formatif

Kriteria:
  1. Aspek:
  2. 1. Sangat sesuai rumusan tujuan pembelajar.
  3. 2. Sesuai dengan rumusan tujuan pembel
  4. 3. Kurang sesuai dg. rumusan tujuan pembel.
  5. 4. Tidak sesuai dengan rumuasan tujuan pem belajaran
  6. Keterangan Skor:
  7. 4 = sangat baik
  8. 3 = baik
  9. 2 = kurang baik
  10. 1 = sangat kurang baik
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pengasan
4 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mengembangkan program pembel-ajaran

Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Kriteria:
  1. Kriteria:
  2. 5 = sangat baik
  3. 4 = baik
  4. 3 = kurang baik
  5. 2 = tidak baik
  6. 1 = sangat tidak baik
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab
6 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mengembangkan program pembel-ajaran

Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Kriteria:
  1. Kriteria:
  2. 5 = sangat baik
  3. 4 = baik
  4. 3 = kurang baik
  5. 2 = tidak baik
  6. 1 = sangat tidak baik
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab
6 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mengembangkan program pembel-ajaran

Langkah-langkah pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Kriteria:
  1. Kriteria:
  2. 5 = sangat baik
  3. 4 = baik
  4. 3 = kurang baik
  5. 2 = tidak baik
  6. 1 = sangat tidak baik
Model pembelajaran problem based learning dengan metode Ceramah, diskusi, tanya jawab
6 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.