|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seminar Hasil |
7410804045 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
1 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Menguasai metode penelitian hukum, penalaran dan mampu melakukan penulisan hukum secara benar; |
PLO-8 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan solutif melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang keilmuannya |
PLO-16 |
Mampu mengintegrasikan dokumen-dokumen hukum keolahragaan dan hukum secara umum dalam merancang peraturan dan kebijakan; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PLO-16 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Seminar Hasil bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempresentasikan hasil penelitian mereka secara komprehensif dan kritis. Mahasiswa akan menyusun laporan hasil penelitian yang mencakup analisis data, interpretasi temuan, dan kesimpulan. Mata kuliah ini memberikan ruang diskusi dan evaluasi, di mana mahasiswa menerima umpan balik konstruktif dari dosen dan rekan sejawat untuk menyempurnakan karya penelitian mereka sebelum disusun menjadi tesis atau karya ilmiah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- John W. Creswell, "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches," Edisi ke-4, 2014
|
Pendukung : |
|
- Robert K. Yin,
- Wayne C. Booth,
- Soerjono Soekanto,
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. Tamsil, S.H., M.H. Dr. Sulaksono, S.H., M.H. Eny Sulistyowati, S.H., M.H. Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H. Indri Fogar Susilowati, S.H., M.H. Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H. Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H. Budi Hermono, S.H., M.H. Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H. Muh. Ali Masnun, S.H., M.H. Dita Perwitasari, S.H., M.Kn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Pengantar Mata Kuliah Seminar Hasil - Tujuan dan Proses Evaluasi Penelitian
- Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi.
|
Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi. Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama
- Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama
|
Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama Pustaka: Soerjono Soekanto, |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif.
- Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi analisis data-Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif.
|
Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif |
Kriteria:
Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif Pustaka: John W. Creswell, |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Interpretasi Temuan Penelitian - Menyusun Argumen Berdasarkan Data. |
Ketepatan Menyusun Argumen Berdasarkan Data. |
Kriteria:
Ketepatan Menyusun Argumen Berdasarkan Data. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Interpretasi Temuan Penelitian - Menyusun Argumen Berdasarkan Data. Pustaka: Soerjono Soekanto, |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis. |
Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis |
Kriteria:
Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis. Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Diskusi Temuan Penelitian - Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka. |
Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka. |
Kriteria:
Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Diskusi Temuan Penelitian - Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka Pustaka: Wayne C. Booth, |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian. |
Mampu Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian |
Kriteria:
Mampu Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian. Pustaka: Materi: Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian Pustaka: Robert K. Yin, |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi. |
Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi |
Kriteria:
Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi Pustaka: John W. Creswell, |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan. |
Mampu Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan |
Kriteria:
Mampu Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan Pustaka: Wayne C. Booth, |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens |
Mampu Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens |
Kriteria:
Mampu Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens. Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok. |
Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok. |
Kriteria:
Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok. Pustaka: Materi: Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan. |
Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan |
Kriteria:
Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan. Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi. |
Melaksanakan Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi |
Kriteria:
Melaksanakan Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir. |
Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir |
Kriteria:
Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
|
Materi: Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir Pustaka: John W. Creswell, |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif. |
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif |
Kriteria:
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif Bentuk Penilaian : Tes |
2 x 50 |
|
Materi: Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif Pustaka: Robert K. Yin, |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif |
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif |
Kriteria:
Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
|
Materi: Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif Pustaka: John W. Creswell, |
10% |