Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Hasil

7410804045

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

1 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Menguasai metode penelitian hukum, penalaran dan mampu melakukan penulisan hukum secara benar;

PLO-8

Menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan solutif melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang keilmuannya

PLO-16

Mampu mengintegrasikan dokumen-dokumen hukum keolahragaan dan hukum secara umum dalam merancang peraturan dan kebijakan;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8PLO-16
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Seminar Hasil bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempresentasikan hasil penelitian mereka secara komprehensif dan kritis. Mahasiswa akan menyusun laporan hasil penelitian yang mencakup analisis data, interpretasi temuan, dan kesimpulan. Mata kuliah ini memberikan ruang diskusi dan evaluasi, di mana mahasiswa menerima umpan balik konstruktif dari dosen dan rekan sejawat untuk menyempurnakan karya penelitian mereka sebelum disusun menjadi tesis atau karya ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. John W. Creswell, "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches," Edisi ke-4, 2014

Pendukung :

  1. Robert K. Yin,
  2. Wayne C. Booth,
  3. Soerjono Soekanto,

Dosen Pengampu

Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Tamsil, S.H., M.H.

Dr. Sulaksono, S.H., M.H.

Eny Sulistyowati, S.H., M.H.

Dr. Bachrul Amiq, S.H., M.H.

Indri Fogar Susilowati, S.H., M.H.

Dr. Hananto Widodo, S.H., M.H.

Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H.

Budi Hermono, S.H., M.H.

Arinto Nugroho, S.H., S.Pd., M.H.

Muh. Ali Masnun, S.H., M.H.

Dita Perwitasari, S.H., M.Kn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Pengantar Mata Kuliah Seminar Hasil - Tujuan dan Proses Evaluasi Penelitian
  2. Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi.

Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berupa tesis, dengan struktur, isi, dan bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, & terhindar dari plagiasi.
Pustaka: John W. Creswell,
5%

2

Minggu ke 2

  1. Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama
  2. Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama

Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi pendahuluan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Penyusunan Laporan Hasil Penelitian - Struktur dan Komponen Utama
Pustaka: Soerjono Soekanto,
5%

3

Minggu ke 3

  1. Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif.
  2. Ketepatan mendeskripsikan pengertian dan materi analisis data-Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif.

Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif

Kriteria:

Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Teknik Analisis Data - Normatif, Kuantitatif, dan Kualitatif
Pustaka: John W. Creswell,
10%

4

Minggu ke 4

Interpretasi Temuan Penelitian - Menyusun Argumen Berdasarkan Data.

Ketepatan Menyusun Argumen Berdasarkan Data.

Kriteria:

Ketepatan Menyusun Argumen Berdasarkan Data.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Interpretasi Temuan Penelitian - Menyusun Argumen Berdasarkan Data.
Pustaka: Soerjono Soekanto,
10%

5

Minggu ke 5

Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis.

Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis

Kriteria:

Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Penyusunan Bab Hasil Penelitian - Menyajikan Data secara Jelas dan Logis.
Pustaka: John W. Creswell,
5%

6

Minggu ke 6

Diskusi Temuan Penelitian - Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka.

Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka.

Kriteria:

Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Diskusi Temuan Penelitian - Menghubungkan Temuan dengan Kajian Pustaka
Pustaka: Wayne C. Booth,
5%

7

Minggu ke 7

Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian.

Mampu Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian

Kriteria:

Mampu Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian.
Pustaka:

Materi: Penulisan Kesimpulan dan Implikasi Penelitian
Pustaka: Robert K. Yin,
5%

8

Minggu ke 8

Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi.

Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi

Kriteria:

Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Teknik Penulisan Laporan yang Efektif - Bahasa, Format, dan Sitasi
Pustaka: John W. Creswell,
10%

9

Minggu ke 9

Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan.

Mampu Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan

Kriteria:

Mampu Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Simulasi Presentasi Hasil Penelitian - Latihan Penyampaian Temuan
Pustaka: Wayne C. Booth,
5%

10

Minggu ke 10

Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens

Mampu Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens

Kriteria:

Mampu Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Teknik Menjawab Pertanyaan dan Kritik dari Audiens.
Pustaka: John W. Creswell,
5%

11

Minggu ke 11

Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok.

Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok.

Kriteria:

Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok.
Pustaka:

Materi: Perbaikan Laporan Berdasarkan Umpan Balik - Diskusi Kelompok
Pustaka: John W. Creswell,
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan.

Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan

Kriteria:

Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Penyusunan Rekomendasi Penelitian - Relevansi dan Kebermanfaatan.
Pustaka: John W. Creswell,
5%

13

Minggu ke 13

Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi.

Melaksanakan Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi

Kriteria:

Melaksanakan Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Simulasi Sidang Seminar Hasil - Latihan Evaluasi dan Diskusi
Pustaka: John W. Creswell,
5%

14

Minggu ke 14

Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir.

Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir

Kriteria:

Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 x 50

Materi: Evaluasi Karya Penelitian Mahasiswa - Diskusi dan Perbaikan Akhir
Pustaka: John W. Creswell,
5%

15

Minggu ke 15

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif.

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif

Kriteria:

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif


Bentuk Penilaian :
Tes

2 x 50

Materi: Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif
Pustaka: Robert K. Yin,
5%

16

Minggu ke 16

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif

Kriteria:

Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UJIAN AKHIR SEMESTER

Materi: Seminar Hasil - Presentasi Akhir dan Penilaian Komprehensif
Pustaka: John W. Creswell,
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 85%
2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.