Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA KARATE

8520204740

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar karate dalam situasi pertandingan nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis video pertandingan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet dalam teknik karate (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program latihan berdasarkan hasil pertandingan dan feedback atlet (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi pelatihan yang inovatif untuk meningkatkan performa atlet karate berdasarkan analisis data pertandingan (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip biomekanik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas teknik karate (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet dan mengembangkan strategi untuk mengelola stres kompetitif (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan program nutrisi atlet karate untuk mendukung performa optimal selama kompetisi (C5)

PO - 8

Menciptakan metode pelatihan yang adaptif yang sesuai dengan kebutuhan individu atlet (C6)

PO - 9

Menerapkan teknologi terkini dalam analisis performa atlet karate untuk mendapatkan insight yang lebih mendalam (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam coaching karate (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1       
PO-2       
PO-3       
PO-4      
PO-5       
PO-6      
PO-7       
PO-8       
PO-9       
PO-10       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Karate pada jenjang S1 program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet karate. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet karate, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik, strategi kompetisi, dan perencanaan latihan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teori dan praktik analisis performa atlet karate, penerapan teknik analisis dalam konteks latihan dan kompetisi, serta pengembangan keterampilan dalam menyusun program latihan yang efektif untuk meningkatkan performa atlet karate.

Pustaka

Utama :

  1. Coy, J., Cree, J., & Turner, A. (2019). Karate. In Routledge Handbook of Strength and Conditioning. https://doi.org/10.4324/9781315542393-20

Pendukung :

  1. Bahrami, F., Movahedi, A., Marandi, S. M., & Sorensen, C. (2016). The Effect of Karate Techniques Training on Communication Deficit of Children with Autism Spectrum Disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders. https://doi.org/10.1007/s10803-015-2643-y

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Bahrami, F., Movahedi, A., Marandi, S. M., & Sorensen, C. (2016). The Effect of Karate Techniques Training on Communication Deficit of Children with Autism Spectrum Disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders. https://doi.org/10.1007/s10803-015-2643-y
Pustaka:

Materi: Coy, J., Cree, J., & Turner, A. (2019). Karate. In Routledge Handbook of Strength and Conditioning. https://doi.org/10.4324/9781315542393-20
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline

5%

5

Minggu ke 5

Luring / Offline

5%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


20%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline

0%

11

Minggu ke 11

Luring / Offline

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi program nutrisi atlet karate yang ada, serta mampu menyesuaikan program nutrisi untuk mendukung performa optimal atlet karate selama kompetisi.

  1. Mampu menganalisis kebutuhan nutrisi atlet karate
  2. Mampu mengevaluasi program nutrisi yang sudah ada
  3. Mampu menyusun program nutrisi yang sesuai untuk mendukung performa atlet karate

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring / Offline

Materi: Pentingnya nutrisi dalam olahraga, Kebutuhan nutrisi atlet karate, Evaluasi program nutrisi, Penyesuaian program nutrisi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menciptakan metode pelatihan adaptif yang sesuai dengan kebutuhan individu atlet karate.

  1. Pemahaman konsep pelatihan adaptif
  2. Kemampuan merancang program pelatihan personal
  3. Kreativitas dalam mengadaptasi metode pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan konsep pelatihan adaptif dalam konteks atlet karate
Materi: Konsep pelatihan adaptif, Analisis kebutuhan individu atlet karate, Strategi pelatihan personal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Luring / Offline

5%

15

Minggu ke 15

Luring / Offline

5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi program nutrisi atlet karate, serta mampu menyesuaikan program nutrisi tersebut untuk mendukung performa optimal atlet selama kompetisi.

  1. Pemahaman tentang pentingnya nutrisi bagi performa atlet karate
  2. Kemampuan mengevaluasi program nutrisi atlet karate
  3. Kemampuan menyesuaikan program nutrisi atlet karate

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang program nutrisi atlet karate, Membuat jurnal evaluasi program nutrisi atlet karate
Materi: Pentingnya nutrisi bagi performa atlet karate, Aspek-aspek nutrisi yang mempengaruhi performa atlet karate, Strategi mengevaluasi dan menyesuaikan program nutrisi atlet karate
Pustaka: Handbook Perkuliahan
39%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 58.92%
2. Penilaian Portofolio 12.25%
3. Praktik / Unjuk Kerja 16.42%
4. Tes 11.42%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.