|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif |
8603104953 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
1 |
8 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd
|
Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.
|
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan pribadi yang aktif, cerdas, religius, mandiri, serta bertanggungjawab pada proses pembelajaran.
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan inovasi pendidikan dalam sebuah permasalahan yang terjadi sesuai dengan isu yang terjadi
|
PO - 3 |
Mampu mengkreasikan konsep ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk artikel ilmiah yang terpublikasi pada jurnal ilmiah nasional dan internasional.
|
PO - 4 |
Mampu menciptakan perkembangan manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan peta penelitian dengan berbagai pendekatan penelitian.
|
PO - 5 |
Mampu bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan serta melakukan pengembangan diri
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam merancang penelitian dengan pola pendekatan induktif dan deduktif. Dalam penelitian kuantitatif untuk merumuskan masalah penelitian, menentukan variabel, populasi dan sampel penelitian dengan jenis penelitian yang sesuai. Pada Matakuliah kualitatif mahasiwa diharapkan dapat menentukan fokus penelitian, jenis penelitian, mengumpulkan data, menganalisis serta menginterpretasi, menafsirkan temuan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tepat. Pada metode kuantitatif mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen, mengumpulkan, dan menganalisis data dengan memanfaatkan teknologi informasi. Luaran Matakuliah ini menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional melalui pelaksanaan mini riset dengan menerapkan etika penelitian (Research Ethic) dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin untuk menghasilkan karya orisinil yang dapat dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications.
- Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Bogdan, Robert C. & Knopp, Sari Biklen. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon Inc. Boston, London.
- Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. London dan New York: Longman.
- Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational Research. Longman Inc. 95 Street, White Plains, 106001.
- Creswell, J.W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.
- Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.
- Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Inc.
- Glaser, B.G., & Strauss, A.L. 2006. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. USA: Aldine Transaction.
- Griffith University. 2004. Module: Qualitative Research and Community Engagement. Brisbane, Australia: Griffith University.
- Hancock, B., Ockleford, E., & Windridge, K. 2009. An Introduction to Qualitative Research. The NIHR RDS EM / YH.
- Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson.
- Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London
- Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. 2nd ed. London: Sage Publications
- Moloeng, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
- Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson
- Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd. Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons. Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd. Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk konsep dasar dan ciri khas masing-masing metode. |
- 1. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa
- 2. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan yang dilihat dari on/off kamera
|
Kriteria:
Mahasiswa yang aktif bertanya/ berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Online 4x50 |
Materi: Definisi dan karakteristik penelitian kualitatif. Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc. Materi: Definisi dan karakteristik penelitian kuantitatif Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications. Materi: Perbandingan antara kedua metode penelitian Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan membedakan berbagai jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif serta menjelaskan karakteristik dan aplikasi masing-masing jenis. |
- 1. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa
- 2. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan yang dilihat dari on/off kamera
|
Kriteria:
Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 4x50 |
|
Materi: ● Klasifikasi dan karakteristik berbagai jenis penelitian kualitatif (Etnografi, Naturalistik, Grounded Theory, Etnometodologi, Fenomenologi). Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc. Materi: ● Klasifikasi dan karakteristik berbagai jenis penelitian kuantitatif Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications. Materi: Klasifikasi dan perbedaannya penelitian kualitatif dan kuantitatif Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan berbagai pendekatan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pendekatan. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 4 x 50 |
Materi: ● Pendekatan dalam penelitian kualitatif (misalnya, studi kasus, fenomenologi). Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press Materi: ● Pendekatan dalam penelitian kuantitatif (misalnya, eksperimen, survei). Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka teori dan konsep penelitian serta memilih dan menerapkan teknik pengumpulan data yang sesuai untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4 x 50 |
Materi: ● Pengembangan kerangka teori dan konsep untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London Materi: ● Teknik pengumpulan data untuk kedua metode. Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis data untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk pemilihan model analisis yang tepat sesuai dengan jenis data. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4 x 50 |
Materi: ● Teknik analisis data untuk penelitian kualitatif (misalnya, coding, thematic analysis). Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc. Materi: ● Teknik analisis data untuk penelitian kuantitatif (misalnya, statistik deskriptif, inferensial). Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln. |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan uji keabsahan data untuk penelitian kualitatif dan menerapkan teknik analisis lanjut untuk penelitian kuantitatif, serta menginterpretasikan hasilnya dengan tepat |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4 x 50 |
Materi: ● Uji keabsahan data untuk penelitian kualitatif (misalnya, validitas, reliabilitas). Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc. Materi: ● Teknik analisis lanjut untuk penelitian kuantitatif (misalnya, analisis path, LISREL). Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis data secara mendalam dan menyajikan hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang sistematis dan jelas. |
Rubrik Penilian Artikel |
Kriteria:
Rubrik Penilian Artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 4 x 50 |
Materi: ● Teknik analisis data lanjutan untuk kualitatif dan kuantitatif. Pustaka: Moloeng, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Materi: ● Metode penyajian hasil penelitian secara efektif Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester/Ujian Tengah Semester |
Rubrik Penilian Artikel |
Kriteria:
Rubrik Penilian Artikel Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4x50 |
Materi: Artikel Kualitatif Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc. Materi: Artikel Kuantitatif Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyajikan hasil penelitian secara efektif dan menulis laporan penelitian yang terstruktur dengan baik untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/ berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 4x50 |
|
Materi: ● Teknik penyajian hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson Materi: ● Prinsip penulisan laporan penelitian yang baik. Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson. |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menulis laporan penelitian dengan baik dan memahami konsep serta implementasi action research dalam konteks penelitian. |
- 1. Daftar rujukan yang digunakan dalam artikel
- 2. Tata cara penulisan artikel
- 3. Penggunaan AI dalam Penulisan Artikel (Mendeley, N-Vivo, dll)
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Artikel yang telah diterbitkan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4x50 |
Materi: ● Penulisan laporan penelitian yang terstruktur. Pustaka: Hancock, B., Ockleford, E., & Windridge, K. 2009. An Introduction to Qualitative Research. The NIHR RDS EM / YH. Materi: ● Konsep dan implementasi action research. Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa kelompok 1 dan 2 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur. |
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
|
Kriteria:
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
- 2. Daftar rujukan yang digunakan
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 4x50 |
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 1 dan 2. Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson. Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 1 dan 2. Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa kelompok 3 dan 4 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 4x50 |
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 3 dan 4. Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln. Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 3 dan 4. Pustaka: Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Inc. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa kelompok 5 dan 6 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 4x50 |
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 5 dan 6. Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 5 dan 6. Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa kelompok 7 dan 8 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Self-Directive Learning, Dikusi, Tanya jawab 4x50 |
Materi: menulis lembar wawancara, dokumentasi dan observasi Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mereview dan mendiskusikan seluruh materi perkuliahan dengan pemahaman yang mendalam dan aplikasi praktis dari konsep-konsep yang telah dipelajari. |
- 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan berdiskusi
- 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
- 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
- 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
|
Kriteria:
- 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
- 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Self-Directive Learning, Dikusi, 4x50 |
Materi: Review dan diskusi komprehensif mengenai seluruh materi yang telah dibahas selama perkuliahan. Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Artikel Publish di jurnal nasional |
Kriteria:
Artikel Publish di jurnal nasional Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring 4x50 |
Materi: Artikel Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson. |
3% |