Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

8603104953

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

8 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd




Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.




Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan pribadi yang aktif, cerdas, religius, mandiri, serta bertanggungjawab pada proses pembelajaran.

PO - 2

Mampu mengembangkan inovasi pendidikan dalam sebuah permasalahan yang terjadi sesuai dengan isu yang terjadi

PO - 3

Mampu mengkreasikan konsep ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk artikel ilmiah yang terpublikasi pada jurnal ilmiah nasional dan internasional.

PO - 4

Mampu menciptakan perkembangan manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan peta penelitian dengan berbagai pendekatan penelitian.

PO - 5

Mampu bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan serta melakukan pengembangan diri

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam merancang penelitian dengan pola pendekatan induktif dan deduktif. Dalam penelitian kuantitatif untuk merumuskan masalah penelitian, menentukan variabel, populasi dan sampel penelitian dengan jenis penelitian yang sesuai. Pada Matakuliah kualitatif mahasiwa diharapkan dapat menentukan fokus penelitian, jenis penelitian, mengumpulkan data, menganalisis serta menginterpretasi, menafsirkan temuan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tepat. Pada metode kuantitatif mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen, mengumpulkan, dan menganalisis data dengan memanfaatkan teknologi informasi. Luaran Matakuliah ini menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional melalui pelaksanaan mini riset dengan menerapkan etika penelitian (Research Ethic) dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin untuk menghasilkan karya orisinil yang dapat dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications.
  2. Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Pendukung :

  1. Bogdan, Robert C. & Knopp, Sari Biklen. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon Inc. Boston, London.
  2. Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. London dan New York: Longman.
  3. Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational Research. Longman Inc. 95 Street, White Plains, 106001.
  4. Creswell, J.W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.
  5. Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.
  6. Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Inc.
  7. Glaser, B.G., & Strauss, A.L. 2006. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. USA: Aldine Transaction.
  8. Griffith University. 2004. Module: Qualitative Research and Community Engagement. Brisbane, Australia: Griffith University.
  9. Hancock, B., Ockleford, E., & Windridge, K. 2009. An Introduction to Qualitative Research. The NIHR RDS EM / YH.
  10. Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson.
  11. Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London
  12. Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. 2nd ed. London: Sage Publications
  13. Moloeng, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  14. Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson
  15. Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.

Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk konsep dasar dan ciri khas masing-masing metode.

  1. 1. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa
  2. 2. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan yang dilihat dari on/off kamera
Kriteria:

Mahasiswa yang aktif bertanya/ berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
4x50
Materi: Definisi dan karakteristik penelitian kualitatif.
Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Materi: Definisi dan karakteristik penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications.

Materi: Perbandingan antara kedua metode penelitian
Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson
8%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan membedakan berbagai jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif serta menjelaskan karakteristik dan aplikasi masing-masing jenis.

  1. 1. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa
  2. 2. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan yang dilihat dari on/off kamera
Kriteria:

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
4x50

Materi: ● Klasifikasi dan karakteristik berbagai jenis penelitian kualitatif (Etnografi, Naturalistik, Grounded Theory, Etnometodologi, Fenomenologi).
Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Materi: ● Klasifikasi dan karakteristik berbagai jenis penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications.

Materi: Klasifikasi dan perbedaannya penelitian kualitatif dan kuantitatif
Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan berbagai pendekatan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pendekatan.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
4 x 50
Materi: ● Pendekatan dalam penelitian kualitatif (misalnya, studi kasus, fenomenologi).
Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press

Materi: ● Pendekatan dalam penelitian kuantitatif (misalnya, eksperimen, survei).
Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka teori dan konsep penelitian serta memilih dan menerapkan teknik pengumpulan data yang sesuai untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4 x 50
Materi: ● Pengembangan kerangka teori dan konsep untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London

Materi: ● Teknik pengumpulan data untuk kedua metode.
Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis data untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk pemilihan model analisis yang tepat sesuai dengan jenis data.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4 x 50
Materi: ● Teknik analisis data untuk penelitian kualitatif (misalnya, coding, thematic analysis).
Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Materi: ● Teknik analisis data untuk penelitian kuantitatif (misalnya, statistik deskriptif, inferensial).
Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melakukan uji keabsahan data untuk penelitian kualitatif dan menerapkan teknik analisis lanjut untuk penelitian kuantitatif, serta menginterpretasikan hasilnya dengan tepat

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4 x 50
Materi: ● Uji keabsahan data untuk penelitian kualitatif (misalnya, validitas, reliabilitas).
Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Materi: ● Teknik analisis lanjut untuk penelitian kuantitatif (misalnya, analisis path, LISREL).
Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.
7%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis data secara mendalam dan menyajikan hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang sistematis dan jelas.

Rubrik Penilian Artikel

Kriteria:

Rubrik Penilian Artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
4 x 50
Materi: ● Teknik analisis data lanjutan untuk kualitatif dan kuantitatif.
Pustaka: Moloeng, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Materi: ● Metode penyajian hasil penelitian secara efektif
Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
7%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester/Ujian Tengah Semester

Rubrik Penilian Artikel

Kriteria:

Rubrik Penilian Artikel


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4x50
Materi: Artikel Kualitatif
Pustaka: Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage Publications, Inc.

Materi: Artikel Kuantitatif
Pustaka: Creswell, JW., Creswell, JD. 2018. Research Design, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 5th Eds. London: Sage Publications.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyajikan hasil penelitian secara efektif dan menulis laporan penelitian yang terstruktur dengan baik untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/ berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
4x50

Materi: ● Teknik penyajian hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson

Materi: ● Prinsip penulisan laporan penelitian yang baik.
Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson.
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menulis laporan penelitian dengan baik dan memahami konsep serta implementasi action research dalam konteks penelitian.

  1. 1. Daftar rujukan yang digunakan dalam artikel
  2. 2. Tata cara penulisan artikel
  3. 3. Penggunaan AI dalam Penulisan Artikel (Mendeley, N-Vivo, dll)
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Artikel yang telah diterbitkan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4x50
Materi: ● Penulisan laporan penelitian yang terstruktur.
Pustaka: Hancock, B., Ockleford, E., & Windridge, K. 2009. An Introduction to Qualitative Research. The NIHR RDS EM / YH.

Materi: ● Konsep dan implementasi action research.
Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa kelompok 1 dan 2 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur.

  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan
Kriteria:
  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
4x50
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 1 dan 2.
Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson.

Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 1 dan 2.
Pustaka: Miles, M.B., & Haberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills, London
7%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa kelompok 3 dan 4 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
4x50
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 3 dan 4.
Pustaka: Creswell, J.W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. University of Nebraska, Lincoln.

Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 3 dan 4.
Pustaka: Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Inc.
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa kelompok 5 dan 6 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
4x50
Materi: ● Analisis artikel penelitian oleh kelompok 5 dan 6.
Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson

Materi: ● Presentasi hasil analisis oleh kelompok 5 dan 6.
Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa kelompok 7 dan 8 mampu menganalisis artikel penelitian secara kritis dan menyajikan hasil analisis dengan jelas dan terstruktur

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan presentasi temuan artikel ilmiah
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Self-Directive Learning, Dikusi, Tanya jawab
4x50
Materi: menulis lembar wawancara, dokumentasi dan observasi
Pustaka: Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mereview dan mendiskusikan seluruh materi perkuliahan dengan pemahaman yang mendalam dan aplikasi praktis dari konsep-konsep yang telah dipelajari.

  1. 1. Performasi mahasiswa dalam melaksanakan berdiskusi
  2. 2. Daftar rujukan yang digunakan dalam presentasi
  3. 3. Keaktifan peserta dalam berdiskusi
  4. 4. Perhatian mahasiswa dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. 1. Hasil peer evaluation mahasiswa
  2. 2. Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Self-Directive Learning, Dikusi,
4x50
Materi: Review dan diskusi komprehensif mengenai seluruh materi yang telah dibahas selama perkuliahan.
Pustaka: Neuman, W.L. 2009. Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches. 3rd ed. New York: Pearson
7%

16

Minggu ke 16

UAS

Artikel Publish di jurnal nasional

Kriteria:

Artikel Publish di jurnal nasional


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Daring
4x50
Materi: Artikel
Pustaka: Johnson, B., & Christensen, L. 2006. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. 4th ed. Boston: Pearson.
3%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 53%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 47%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.