Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PKL

7920202148

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 September 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Sylvi Chintya Adelia, S.S, M.A




Ephrilia Noor Fitriana, S.Hum., M.Hum




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Students will be able to define and explain the concept of entrepreneurship , its role in the economy and its sifnificance in society

PO - 2

Students will develop the ablility to generate and evaluate creative bussiness ideas, considering market needs, oppotunities and trends

PO - 3

Develop a comprehensive bussiness plan

PO - 4

Develop skills in conducting market research

PO - 5

Develop effective communication and presentation skills

PO - 6

Apply critical thinking and problem solving skills in real world entrepreneurial scenarios

PO - 7

Define and measure success in entrepreneurship

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah kewirausahaan mengajarkan bagaimana menjadi wirausahawan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dan dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mecetak wirausahawan yang sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Mata kuliah tersebut juga merupakan implementasi dari berbagai teori yang diajarkan dalam kewirausahaan sehingga mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausahawan baru yang memiliki ide dan implementasi mengenai lapangan usaha baru yang dapat memajukan perekonomian pribadi, perusahaan, agama, dan negara.

Pustaka

Utama :

  1. Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
  2. Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta
  3. Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
  4. Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Dwi Nur Cahyani Sri Kusumaningtyas, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Introduction to Entrepreneurship: By the end of the lesson, Students should have clear understanding of what entrepreneurship is, including the definition, principles and significance in the bussiness world

- Understanding the basic entrepreneurial concepts, such as entrepreneuship definitions, entrepreneur roles and the importance of entrepreneurship in the economy

Kriteria:
  1. · Classroom Participation : 20%
  2. · Quiz and take-home assignment : 30%
  3. · Mid term test : 20%
  4. · Final test : 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, Question and Answer
2 X 50

Materi: Definition and importance of entrepreneurship, the entrepreneurial mindset, key traits of succesful entrepreneurus, identify personal goals and motivations
Pustaka: Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
3%

2

Minggu ke 2

Idea Generation: Students should be able to generate and evaluate innovative bussiness ideas, considering market needs, opportinities and trends

  1. Mendesain model bisnis yang kompetitif dan memebangun rencana strategis yang solid,
  2. Melakukan analisis kelayakan dan menyusun rencana bisnis yang unggul,
  3. Melakukan analisis bentuk-bentuk kepemilikan bisnis
Kriteria:

Berdasarkan pertanyaan dan jawaban strategis dari topik diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, Question and Answer
2 X 50

Materi: - Creativity and innovation, identifying market needs and opportunities, evealuating bussiness ideas
Pustaka: Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.
3%

3

Minggu ke 3

Students should develop a comprehensive business plan, including elements: missions statements, business goals, markrting strategies and financial projections

  1. Mendefinisikan pengertian inovasi dan kreativitas
  2. Dasar-dasar pemikiran kreatif
  3. Mendefinisikan pengertian inovasi
  4. Menganalisis prinsip-prinsip inovasi dan peluangnya
  5. Inovasi produk
  6. Proses adopsi dari inovasi
Kriteria:

Berdasarkan jawaban dan pertanyaan kreatif dan kritis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: - Components of a bussiness plan, mission and vision statements, setting SMART goals
Pustaka: Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.
3%

4

Minggu ke 4

Memahami sikap dan prilaku wirausahawan sukses

Menjelaskan sikap dan prilaku seorang wirausahawan

Kriteria:

Berdasarkan hasil diskusi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan biografi (profil) pengusaha sukses Diskusi dan Tanya jawab
2 X 50

Materi: - Entrepreneural mindset; creativity, risk-taking, resilience and adaptability
Pustaka: Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
5%

5

Minggu ke 5

Menyusun Rencana bisnis: Pertimbangan keuangan dan pemasaran

  1. Menganalisis rencana bisnis dari sisi modal dan keuangan,
  2. menganalisis rencana bisnis dari sisi pemasaran
Kriteria:

Berdasarkan hasil tanya jawab dan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: - Components of a bussiness planning. - Mission and vision statements. - setting SMART goals
Pustaka: Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.
5%

6

Minggu ke 6

Soft skill penyelesaian masalah

  1. Memiliki pengetahuan pengelolaan keuangan
  2. Mampu membuat keputusan
  3. Mampu membuat keputusan dan menganalisis konsekuensi keputusan
  4. Mampu menyelesaikan masalah dalam usaha.
Kriteria:

Berdasarkan pertanyaan kritis dan inovatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Tanya jawab dan diskusi. Latihan membuat perencanaan bisnis
2 X 50

Materi: - Encourage critical thinking skills to address challenges
Pustaka: Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis dan mengaplikasikan usaha kecil dalam kehidupan sehari-hari

  1. Tujuan menjadi wirausahawan
  2. Pengertian usaha kecil
  3. Jenis-jenis usaha kecil
  4. Memulai usaha kecil
  5. Masalah yang dihapi usaha kecil
  6. Sebab-sebab kegagalan usaha
  7. Latihan membaca peluang usaha
  8. Membuat analisis swot dari usaha kecil yang sudah diamati.
Kriteria:

Berdasarkan hasil laporan pengamatan lapangan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Study lapangan untuk usaha kecil
2 X 50

Materi: - Analyze and apply small bussiness in daily life
Pustaka: Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta
5%

8

Minggu ke 8

Melakukan inovasi dari hasil analisis terhadap usaha kecil/Penyusunan kerangka Business Plan

- Membuat inovasi dan menyusun bisnis plannya - Mempresentasikan bisnis plan yang dibuat

Kriteria:

Berdasarkan inovasi BP yang dirancang


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan tanya-jawab
2 X 50

Materi: - Design thinking. - Creativity techniques.- Innovation metrics
Pustaka: Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.
5%

9

Minggu ke 9

Students will be able to identify potential risk in entrepreneurship and develop strategiesto mitigate them

  1. Understanding the concepts of risk in entrepreuneurship
  2. Analyze risk in business concept
  3. Creativity and innovation in overcoming entrepreneurship problems
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Discussion
2 x 50

Materi: - Understand the concept of risk. - analyze risk. - decision-making skill. - case study. - creativity and innovation. - communication skill
Pustaka: Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
5%

10

Minggu ke 10

Students are able to build a profesonal network and learn the importance of relationship in bussiness

  1. Communication skills
  2. Quality and Quantity of the entrepreneurship network
  3. The use of technology
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Discussion, Quession and Answer
2x50

Materi: - The important of networking. - some strategies to develop networking. - invesment. - the use of technology. - ethics in a bussiness network
Pustaka: Scarborough, Norman M & Doug Wilson (2008), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Pearson Education.
5%

11

Minggu ke 11

Students are able to understand the broader economic and social impact of entrepreneurship on communities and society

  1. Understand the economic and social impact of entrepreneurship
  2. Critical analysis about the economic and social impact of entrepreneurship
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, Question and Answer

Materi: - Critical thinking. - Entrepreneurship for economic and social
Pustaka:
3%

12

Minggu ke 12

Students are able to explore the concept of social entrepreneurship and sustainable bussiness practices

  1. Undestand the impcat of entrepreneurship in society
  2. Evaluate the extend of entrepreneruship
  3. Assess the social innovation in entrepreneurship
  4. Assess the quality of products and services
  5. Evaluate collaboration with the relevant parties
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Discussion, Question and Answer
2 x 50

Materi: - The concepts of social relationship
Pustaka: Mellor, Robert, et all (2009), Entrepreneurship for everyone, SAGE
3%

13

Minggu ke 13

Students are able to develop a bussiness plan

  1. Business feasibility
  2. Target bussines
  3. Business strategies
  4. Capital requirements
  5. Management team
  6. Monitoring and evaluation
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Question and Answer
2x 50

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
10%

14

Minggu ke 14

Students are able to develop a bussiness plan

  1. Business feasibility
  2. Target bussines
  3. Business strategies
  4. Capital requirements
  5. Management team
  6. Monitoring and evaluation
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Question and Answer
2x 50

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
10%

15

Minggu ke 15

Students are able to develop a bussiness plan

  1. Business feasibility
  2. Target bussines
  3. Business strategies
  4. Capital requirements
  5. Management team
  6. Monitoring and evaluation
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Question and Answer
2x 50

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
10%

16

Minggu ke 16

Students are able to develop and present a final bussiness plan

  1. Business feasibility
  2. Target bussines
  3. Business strategies
  4. Capital requirements
  5. Management team
  6. Monitoring and evaluation
Kriteria:

Students understanding based on the indicator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Question and Answer
2x 50

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Panduan penyusunan Proposal PKM-K, Belmawa, Kemristek Dikti, 2015, Jakarta

Materi: Develop lesson plan
Pustaka: Buku Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNESA, 2021, Surabaya
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 20.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.