|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan Jasa KOnstruksi |
2220102162 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang usaha berbasis teknologi sesuai dengan bidang keahlian mahasiswa, serta mengembangkan peluang usaha tersebut. Mata kuliah ini menggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung (hands-‐on experience) secara terintegrasi dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha kedalam business plan yang efektif. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini diantaranya adalah: konsep bisnis dan kewirausahaan, entrepreneursial mindset dan evaluasi diri, kreatifitas dan identifikasi peluang usaha, bisnis model, analisis dan evaluasi peluang usaha, analisis dan perencanaan pasar, analisis biaya dan penentuan harga produk, team building dan perencanaan sumber daya manusia, perencanaan finansial, pemodalan, ethic & tanggung jawab sosial, aspek legal dan analisa resiko, dan pengembangan business plan |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Andang Widjaja, S.T., M.T. Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan entreprenuership dan mendiskusikan perannya.Mampu mendiskusikan dampak kewirausahaan pada perekonomian dan masyarakatMampu menjelaskan proses menjadi seorang enterprenuerMampu menjelaskan apa itu bisnis dan bagaimana profit dihasilkanMampu menjelaskan peranan bisnis dalam masyarakatMampu menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bisnis |
Mahasiswa dapat menjelaskan arti entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis |
Kriteria:
Dapat merencanakan wirausaha (100%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan tentang kuliah, tugas dan kedispilinanCeramah dikelas 2 X 50 |
|
Materi: Entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan entreprenuership dan mendiskusikan perannya.Mampu mendiskusikan dampak kewirausahaan pada perekonomian dan masyarakatMampu menjelaskan proses menjadi seorang enterprenuerMampu menjelaskan apa itu bisnis dan bagaimana profit dihasilkanMampu menjelaskan peranan bisnis dalam masyarakatMampu menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bisnis |
Mahasiswa dapat menjelaskan arti entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis |
Kriteria:
Dapat merencanakan wirausaha (100%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan tentang kuliah, tugas dan kedispilinanCeramah dikelas 2 X 50 |
|
Materi: Entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis |
Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. |
Kriteria:
- Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
- Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis |
Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. |
Kriteria:
- Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
- Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis |
Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. |
Kriteria:
- Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
- Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis. |
Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya |
Kriteria:
Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis. |
Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya |
Kriteria:
Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis. |
Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya |
Kriteria:
Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%) Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis |
Kriteria:
- Membuat model bisnis (skor 50%)
- Model pemasaran (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis |
Kriteria:
- Membuat model bisnis (skor 50%)
- Model pemasaran (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis |
Kriteria:
- Membuat model bisnis (skor 50%)
- Model pemasaran (skor 50%(
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis |
Kriteria:
- Membuat model bisnis (skor 50%)
- Model pemasaran (skor 50%)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow |
Kriteria:
Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil 2 X 50 |
|
Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow |
Kriteria:
Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil 2 X 50 |
|
Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow. |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow |
Kriteria:
Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil 2 X 50 |
|
Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow. Pustaka: Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall. William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
|
3% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
30% |