Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan Jasa KOnstruksi

2220102162

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang usaha berbasis teknologi sesuai dengan bidang keahlian mahasiswa, serta mengembangkan peluang usaha tersebut. Mata kuliah ini menggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung (hands-­‐on experience) secara terintegrasi dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha kedalam business plan yang efektif. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini diantaranya adalah: konsep bisnis dan kewirausahaan, entrepreneursial mindset dan evaluasi diri, kreatifitas dan identifikasi peluang usaha, bisnis model, analisis dan evaluasi peluang usaha, analisis dan perencanaan pasar, analisis biaya dan penentuan harga produk, team building dan perencanaan sumber daya manusia, perencanaan finansial, pemodalan, ethic & tanggung jawab sosial, aspek legal dan analisa resiko, dan pengembangan business plan

Pustaka

Utama :

  1. Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

    William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

    Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

    Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

    Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Andang Widjaja, S.T., M.T.

Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan entreprenuership dan mendiskusikan perannya.Mampu mendiskusikan dampak kewirausahaan pada perekonomian dan masyarakatMampu menjelaskan proses menjadi seorang enterprenuerMampu menjelaskan apa itu bisnis dan bagaimana profit dihasilkanMampu menjelaskan peranan bisnis dalam masyarakatMampu menjelaskan faktor-­faktor yang berpengaruh terhadap bisnis

Mahasiswa dapat menjelaskan arti entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis

Kriteria:

Dapat merencanakan wirausaha (100%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan tentang kuliah, tugas dan kedispilinanCeramah dikelas
2 X 50

Materi: Entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan entreprenuership dan mendiskusikan perannya.Mampu mendiskusikan dampak kewirausahaan pada perekonomian dan masyarakatMampu menjelaskan proses menjadi seorang enterprenuerMampu menjelaskan apa itu bisnis dan bagaimana profit dihasilkanMampu menjelaskan peranan bisnis dalam masyarakatMampu menjelaskan faktor-­faktor yang berpengaruh terhadap bisnis

Mahasiswa dapat menjelaskan arti entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis

Kriteria:

Dapat merencanakan wirausaha (100%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan tentang kuliah, tugas dan kedispilinanCeramah dikelas
2 X 50

Materi: Entreprenuership, dampak pada perekonomian masyarakat dan faktor yang berpengaruh dalam bisnis
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis

Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-­‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.

Kriteria:
  1. Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
  2. Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi
2 X 50

Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-­langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis

Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-­‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.

Kriteria:
  1. Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
  2. Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi
2 X 50

Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-­langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mengenali peluang dan menciptaan ide bisnis

Mampu menjelaskan pentingnya memulai usaha baru. Mampu mengidentifikasi karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis. Memahami langkah-­‐langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Mampu memahami langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis. Mampu mengaplikasikan metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.

Kriteria:
  1. Dapat melihat peluang dan merencanakan wirausaha (skor 50%)
  2. Mengidentifikasi dan mendetailkan kegiatan wirausaha (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi
2 X 50

Materi: Karakteristik personal yang diperlukan untuk mengindentifikasi peluang bisnis, langkah-­langkah kreatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis, langkah-­‐langkah melindungi ide atau peluang bisnis, aplikasi metode-­‐metode diatas untuk mengidentifkasi peluang bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis.

Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya

Kriteria:

Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

7

Minggu ke 7

Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis.

Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya

Kriteria:

Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

8

Minggu ke 8

Mampu menjelaskan pentingnya analisa kelayakan ide bisnis. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan market feasibility. Mampu mengevaluasi kelayakan ide bisnis.

Mahasiswa dapat menganalisa sebuah ide, melihat kelayakan market, dan mengevaluasi ide nya

Kriteria:

Menganalisa kelayakan bisnis (skor 100%)


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: analisa kelayakan ide bisnis, market feasibility, dan mengevaluasi kelayakan ide bisnis.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


20%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen­‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis

Kriteria:
  1. Membuat model bisnis (skor 50%)
  2. Model pemasaran (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen­‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

10

Minggu ke 10

Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen­‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis

Kriteria:
  1. Membuat model bisnis (skor 50%)
  2. Model pemasaran (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen­‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

11

Minggu ke 11

Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen­‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis

Kriteria:
  1. Membuat model bisnis (skor 50%)
  2. Model pemasaran (skor 50%(

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen­‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

12

Minggu ke 12

Mampu menjelaskan business model. Mampu menjelaskan inovasi model bisnis. Mampu menjelaskan tujuan dari business plan. Memahami komponen­‐komponen penting dalam business plan. Memahami aspek pemasaran dan strategi pemasaran.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis

Kriteria:
  1. Membuat model bisnis (skor 50%)
  2. Model pemasaran (skor 50%)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, diskusi
2 X 50

Materi: business model, inovasi model bisnis, tujuan dari business plan, komponen­‐komponen penting dalam business plan, aspek pemasaran dan strategi pemasaran
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow

Kriteria:

Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil
2 X 50

Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow

Kriteria:

Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil
2 X 50

Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


4%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan. Mempelajari mengenai aspek keuangan dari pembuatan business plan. Mampu menghitung break even point. Mampu membuat proyeksi cash flow.

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan analisa SDM, BEP, dan Cash Flow

Kriteria:

Perhitungan skor pada tiap step rencana bisnis dari awal sampai akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tugas, dan diskusi hasil
2 X 50

Materi: Aspek sumberdaya manusia dari pembuatan business plan, aspek keuangan dari pembuatan business plan, break even point, proyeksi cash flow.
Pustaka:

Barringer, B. R., & Ireland, R. D . 2010. Entrepreneurship: Successfully launching new ventures . Upper Saddle River, N.J: Prentice Hall.

William, B. K., Sawyer, S. C., Berston, S. , 2013. Business: A Practical Introduction . Upper Saddle River, N.J: Prentice

Alma, Buchari Oktober , 2000, Manajemen Pemasaran dan Jasa , ALFABETA

Basu Swasta DH, Irawan, MBA , 1980, Manajemen Pemasaran Modern

Slot, R, dan Minnar, G, H , 1996, Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan , Terjemahan Kwik Gian Gie, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


3%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.