|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Rupa Anak Usia Dini |
8620702250 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan memberikan keterampilan pada mahasiswa dalam merancang pembelajaran pendidikan seni dan
kreativitas anak usia dini.
Kajian meliputi : Hakikat Pendidikan Seni bagi Anak Usia Dini, Konsep Kreativitas anak usia dini, Kreativitas Musik, Kreativitas Tari, Kreativitas teater, Kreativitas Seni Rupa dan Kerajinan (menggambar, mewarnai, menggunting, melipat, menempel,dan lain-lain), Kreativitas Gerak pada Anak Usia Dini, serta rancangan pembelajaran seni untuk anak usia dini. Metode pembelajaran Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face {font-family:"Arial MT"; panose-1:2 11 6 4 2 2 2 2 2 4; mso-font-alt:Arial; mso-font-charset:1; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 0 0 0 0 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}p.MsoBodyText, li.MsoBodyText, div.MsoBodyText {mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-link:"Body Text Char"; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}span.BodyTextChar {mso-style-name:"Body Text Char"; mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-locked:yes; mso-style-link:"Body Text"; mso-ansi-font-size:9.0pt; mso-bidi-font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-ascii-font-family:"Arial MT"; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-hansi-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; mso-pagination:none; text-autospace:none;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan
|
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended learning
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian seni Dapat menyebutkan jenis-jenis seni Dapat menyebutkan tujuan seni Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
50% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
50% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
UTS |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
UTS 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
|
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |