
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Rupa Anak Usia Dini |
8620702250 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nurul Khotima M.Pd
|
Dr. Nurul Khotima M.Pd
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Menguasai konsep bidang seni anak usia dini sesuai kebutuhan perkembangan anak usia dini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Konsep Dasar Seni Rupa untuk Anak Usia Dini
|
PO - 2 |
Mendesain Kegiatan Seni Rupa yang Sesuai dengan Usia Anak
|
PO - 3 |
Menerapkan Teknik Seni Rupa yang Sederhana dan Aman untuk Anak Usia Dini
|
PO - 4 |
Menggunakan Seni Rupa sebagai Media Pembelajaran untuk Perkembangan Kognitif, Sosial, dan Emosional Anak
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Seni Rupa Anak Usia Dini (AUD) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) tentang pentingnya seni rupa dalam perkembangan anak. Mata kuliah ini mengkaji berbagai konsep dasar seni rupa yang sesuai dengan usia dini, serta cara-cara mengintegrasikan seni rupa dalam pembelajaran untuk mendukung perkembangan motorik halus, kreativitas, imajinasi, dan ekspresi diri anak. Mahasiswa akan mempelajari teknik seni rupa seperti menggambar, mewarnai, melukis, dan kerajinan yang dapat diterapkan pada anak usia dini, serta merancang kegiatan seni yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face {font-family:"Arial MT"; panose-1:2 11 6 4 2 2 2 2 2 4; mso-font-alt:Arial; mso-font-charset:1; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 0 0 0 0 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}p.MsoBodyText, li.MsoBodyText, div.MsoBodyText {mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-link:"Body Text Char"; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}span.BodyTextChar {mso-style-name:"Body Text Char"; mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-locked:yes; mso-style-link:"Body Text"; mso-ansi-font-size:9.0pt; mso-bidi-font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-ascii-font-family:"Arial MT"; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-hansi-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; mso-pagination:none; text-autospace:none;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan
|
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended learning
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian seni Dapat menyebutkan jenis-jenis seni Dapat menyebutkan tujuan seni Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
UTS |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
- Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual
|
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
24% |