|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations in Mathematics Teaching) |
8410203171 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Susanah, M.Pd.
|
Dr. Susanah, M.Pd
|
Dr. Agung Lukito, M.S. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif |
PLO-8 |
Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis. |
PLO-9 |
Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika
|
PO - 2 |
Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Cakupan materi meliputi konsep dasar inovasi, sejarah inovasi pembelajaran matematika,pendekatan/model/strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika, pencarian contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi iterature, pencarian contoh inovasi di internet dan lapangan serta proyek pengembangan inovasi pada level yang diinginkan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Susanah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep inovasi pembelajaran di abad 21. |
ide atau pendapat yang diutarakan |
Kriteria:
2 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep inovasi pembelajaran di abad 21. |
pendapat atau gagasan yang diutarakan |
Kriteria:
3 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: Materi: macam-maca model pembelajaran Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
5 |
Kriteria:
- 5
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... Materi: 2. Mengkaji Literature, pencarian contoh inovasi. Pustaka: |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu) |
Memilih ide/topik inovasi pembelajaran matematika |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika Pustaka: |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu) |
5 |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika Pustaka: |
2% |
7
Minggu ke 7 |
- Workshop Pengembangan inovasi pembelajaran matematika
- Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika
|
10 |
Kriteria:
10 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. |
Kriteria:
15 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu). |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu). |
5 |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu). |
- Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih
- 5
|
Kriteria:
- 5
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 x 50 menit |
|
Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu). |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika |
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. |
Kriteria:
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika |
- Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
- Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika |
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. |
Kriteria:
15 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Presentrasi penerapan inovasi pembelajaran matematika (Individu). |
5 |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 3x50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: UAS Pustaka: Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... Materi: UAS Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
20% |