Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Melatih Fisik, Teknik, Taktik & Mental Cabor Tinju

8520204511

T=1

P=0

ECTS=1.59

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang perencanaan program latihan olahraga tinju meliputi tujuan, manfaat, faktor-faktor penyusunan, dan periodesasi latihan, program latihan tahunan, program latihan bulanan, program, latihan mingguan, program latihan harian, dan sesi latihan.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa Tudor O, Half G Gregory 2015: Theory and Methodology of Training 5th Edition, Lippincott Williams & Wilkins
  2. Powers SK, Howley ET, 2009: Exercise Physiology, McGraw Hill;
  3. Robinson paul E, 2015 Fondation of Sport Coaching, 2nd Edition, Routledge
  4. Bompa Tudor O, 2005, Total Training for your Champhion, Human Kinetics
  5. Bompa Tudor O Carrera Michael, 2000, Periodezation Training for Sport, Human Kinetics
  6. Bompa Tudor O, Michael Carrera, 2015, Conditioning Young Athlete, Human Kinetics
  7. Yulfadinata Afifan, Wisnu Hari, 2017, Buku Ajar Mahasiswa Beladiri Karate

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wijono, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar perencanaan program latihan cabang olahraga Tinju

  1. Mampu memahami definisi periodesasi
  2. Mampu memahami periodesasi dari spesifikasi biomotorik Karate
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar perencanaan program latihan cabang olahraga tinju

  1. Mampu memahami definisi periodesasi
  2. Mampu memahami periodesasi dari spesifikasi biomotorik tinju
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami perencanaan program latihan tahunan pada cabang olahraga tinju

  1. Mampu memahami definisi perencanaan kepelatihan tahunan pada cabang olahraga Karate
  2. Mampu memahami fase – fase perencanaan kepelatihan tahunan pada cabang olahraga Karate
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami perencanaan program latihan tahunan pada cabang olahraga tinju

  1. Mampu memahami definisi perencanaan kepelatihan tahunan pada cabang olahraga Karate
  2. Mampu memahami fase – fase perencanaan kepelatihan tahunan pada cabang olahraga Karate
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami perencanaan pemuncakan pada cabang olahraga Karate

  1. Mampu memahami definisi pemuncakan pada cabang olahraga Karate
  2. Mampu memahami definisi taper pada cabang olahraga Karate
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, Diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami perencanaan program latihan harian pada cabang olahraga Karate

  1. Mampu memahami perencanaan sesi latihan pada cabang olahraga Karate
  2. Mampu memahami modeling perencanaan sesi latihan pada cabang olahraga Karate
Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami perencanaan program latihan harian pada cabang olahraga Karate

  1. Mampu memahami perencanaan sesi latihan pada cabang olahraga Karate
  2. Mampu memahami modeling perencanaan sesi latihan pada cabang olahraga Karate
Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Memahami perencanaan program latihan makro pada cabang olahraga Karate

Mampu memahami siklus latihan makro pada cabang olahraga Karate

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Memahami perencanaan program latihan makro pada cabang olahraga Karate

Mampu memahami siklus latihan makro pada cabang olahraga Karate

Ceramah, Diskusi
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

UTS


    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami perencanaan program latihan meso dan mikro pada cabang olahraga Karate

    1. Mampu memahami siklus latihan meso pada cabang olahraga Karate
    2. Mampu memahami siklus latihan mikro pada cabang olahraga Karate
    Ceramah, Diskusi
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami perencanaan program latihan fisik pada cabang olahraga Karate

    1. Mampu memahami perencanaan latihan daya tahan pada Karate
    2. Mampu memahami perencanaan latihan kecepatan pada Karate
    3. Mampu memahami perencanaan latihan fisik spesifik pada Karate
    4. Mampu memahami perencanaan latihan kekuatan pada Karate
    Ceramah, Diskusi
    4 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami perencanaan program latihan fisik pada cabang olahraga Karate

    1. Mampu memahami perencanaan latihan daya tahan pada Karate
    2. Mampu memahami perencanaan latihan kecepatan pada Karate
    3. Mampu memahami perencanaan latihan fisik spesifik pada Karate
    4. Mampu memahami perencanaan latihan kekuatan pada Karate
    Ceramah, Diskusi
    4 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Program latihan teknik dan taktik pada cabang olahraga Karate

    1. Mampu memahami perencanaan defense pada Karate
    2. Mampu memahami perencanaan offense pada Karate
    3. Mampu memahami perencanaan latihan transisi pada Karate
    Ceramah dan diskusi
    4 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami Program latihan teknik dan taktik pada cabang olahraga Karate

    1. Mampu memahami perencanaan defense pada Karate
    2. Mampu memahami perencanaan offense pada Karate
    3. Mampu memahami perencanaan latihan transisi pada Karate
    Ceramah dan diskusi
    4 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      2 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.