Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Asesmen Psikologi

7320106228

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=6

P=0

ECTS=9.54

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog ; Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog ; Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog ; Yohana Wuri Satwika, M.Psi., Psikolog ; Onny Fransinata Anggara, M.Psi., Psikolog ; Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi., Psikolog ; Erizza Farizan Adani, M.Psi., Psikolog ; Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi., Psikolog




.......................................




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

PEO 1. Mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis di bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi

PO - 2

PEO 2. Mampu menggunakan teknologi informasi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis di bidang psikologi

PO - 3

PEO 3. Mampu melakukan penelitian di bidang psikologi dan penerapannya dalam pengembangan sumber daya manusia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Dasar Asesmen Psikologi pada jenjang S1 program studi Psikologi memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar dalam melakukan asesmen psikologi. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada berbagai teknik dan alat asesmen psikologi yang digunakan dalam praktik psikologis. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang jenis-jenis asesmen, proses pengumpulan data, skoring hasil asesmen, serta etika dalam melakukan asesmen psikologi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
  2. 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.

Pendukung :

  1. Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc.
  2. Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press.

Dosen Pengampu

Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi.

Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog

Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi.

Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Erizza Farizan Adani, M.Psi.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami Tes Psikologi secara umum dan Jenis-jenisnya
  2. Memahami Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal
  1. Mampu memahami tes psikologi secara umum dan jenis-jenisnya
  2. Mampu memahami Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring/offline
6x50 menit

Materi: tes psikologi secara umum dan jenis-jenisnya ; Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
0%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami Macam-macam Tes Intelegensi
  2. Memahami Konsep Tes Minat dan Bakat
  1. Mampu Memahami Macam-macam Tes Intelegensi
  2. Mampu Memahami Konsep Tes Minat dan Bakat
  3. Review Jurnal dengan topik Tes Psikologi
Kriteria:
  1. Partisipasi/keaktifan selama di kelas
  2. Penilaian Hasil review Jurnal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring/offline
6x50 menit

Materi: Tes Intelegensi dan Tes Bakat Minat
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
20%

3

Minggu ke 3

Memahami administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC

  1. Mampu memahami administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC
  2. Mampu melakukan praktikum adiministrasi dan skoring Tes IST
Kriteria:

Partisipasi/keaktifan selama kelas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring/Offline
6x50 menit

Materi: administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
0%

4

Minggu ke 4

Memahami administrasi dan skoring Tes Weschler dan Binet

Mampu memahami administrasi dan skoring Tes Weschler dan Binet

Kriteria:

Partisipasi/keaktifan selama di kelas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring/Offline
6x50 menit

Materi: Tes Weschler dan Binet
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
0%

5

Minggu ke 5

Memahami administrasi dan skoring Tes RMIB, Holland

Mampu memahami administrasi dan skoring Tes RMIB, Holland


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring/Offline
6x50 menit

Materi: Tes RMIB dan Holland
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
0%

6

Minggu ke 6

  1. Memahami Konsep dan Pengantar Tes Kerja
  2. Memahami Maximum Performance Test dan Typical Performance Test
  1. Mampu Memahami Konsep dan Pengantar Tes Kerja
  2. Mampu Memahami Maximum Performance Test dan Typical Performance Test

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Konsep dan Pengantar Tes Kerja ; Maximum Performance Test dan Typical Performance Test
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
0%

7

Minggu ke 7

  1. Memahami Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin)
  2. Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Pauli)
  1. Mampu memahami Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin)
  2. Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Pauli)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin)
Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.
0%

8

Minggu ke 8

Tes Formatif / Ujian Tengah Semester

Ketepatan jawaban hasil tes formatif

Kriteria:

Ketepatan jawaban hasil tes formatif


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Tes Formatif / Ujian Tengah Semester
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
25%

9

Minggu ke 9

  1. Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
  2. Melakukan Praktikum Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
  1. Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
  2. Mampu melakukan Praktikum Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
Kriteria:

Partisipasi/keaktifan selama di kelas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.

Materi: Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Memahami Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik

  1. Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik
  2. Mampu melakukan Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik
Kriteria:

Partisipasi/keaktifan selama di kelas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik
Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.
0%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF
  2. Mampu melakukan Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF
Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.
0%

12

Minggu ke 12

  1. Memahami Dasar-dasar Teoritis Proyeksi
  2. Memahami Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi
  1. Mampu memahami Dasar-dasar Teoritis Proyeksi
  2. Mampu Memahami Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi
  3. Forum Diskusi Kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Dasar-dasar Teoritis Proyeksi ; Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi
Pustaka: Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc.
15%

13

Minggu ke 13

  1. Memahami Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi
  2. Memahami Macam-macam Teknik Proyeksi
  1. Mampu Memahami Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi
  2. Mampu Memahami Macam-macam Teknik Proyeksi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi ; Macam-macam Teknik Proyeksi
Pustaka: Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc.
0%

14

Minggu ke 14

  1. Memahami SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring)
  2. Memahami Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi)
  1. Mampu memahami SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring)
  2. Mampu Memahami Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring) ; Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi)
Pustaka: Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press.
0%

15

Minggu ke 15

  1. Memahami TAT (Pengenalan dan Instruksi)
  2. Memahami Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
  1. Mampu memahami TAT (Pengenalan dan Instruksi)
  2. Mampu Memahami Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
  3. Mampu melakukan praktikum tes Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: TAT (Pengenalan dan Instruksi) ; tes Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
Pustaka: Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press.
0%

16

Minggu ke 16

Menyusun Laporan Praktikum Tes Psikologi (IST, Holland, Kraeplin, Papikostik, DISC, dan Grafis)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring / Offline
6x50 menit

Materi: Laporan Praktikum Tes Psikologi (IST, Holland, Kraeplin, Papikostik, DISC, dan Grafis)
Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.