|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Asesmen Psikologi |
7320106228 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog ; Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi., Psikolog ; Nanda Audia Vrisaba, M.Psi., Psikolog ; Yohana Wuri Satwika, M.Psi., Psikolog ; Onny Fransinata Anggara, M.Psi., Psikolog ; Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi., Psikolog ; Erizza Farizan Adani, M.Psi., Psikolog ; Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi., Psikolog
|
.......................................
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
PEO 1. Mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis di bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi
|
PO - 2 |
PEO 2. Mampu menggunakan teknologi informasi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis di bidang psikologi
|
PO - 3 |
PEO 3. Mampu melakukan penelitian di bidang psikologi dan penerapannya dalam pengembangan sumber daya manusia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Dasar Asesmen Psikologi pada jenjang S1 program studi Psikologi memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar dalam melakukan asesmen psikologi. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada berbagai teknik dan alat asesmen psikologi yang digunakan dalam praktik psikologis. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang jenis-jenis asesmen, proses pengumpulan data, skoring hasil asesmen, serta etika dalam melakukan asesmen psikologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks
- 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited.
|
Pendukung : |
|
- Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc.
- Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Fitrania Maghfiroh, M.Psi., Psikolog Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog Ribka Mutiara Simatupang, M.Psi. Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog Erizza Farizan Adani, M.Psi. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami Tes Psikologi secara umum dan Jenis-jenisnya
- Memahami Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal
|
- Mampu memahami tes psikologi secara umum dan jenis-jenisnya
- Mampu memahami Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring/offline 6x50 menit |
|
Materi: tes psikologi secara umum dan jenis-jenisnya ; Konsep, teori tentang Tes Intelegensi, Faktor-faktor yang mempengaruhi intelegensi, dan Kemampuan mental superior dan subnormal Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami Macam-macam Tes Intelegensi
- Memahami Konsep Tes Minat dan Bakat
|
- Mampu Memahami Macam-macam Tes Intelegensi
- Mampu Memahami Konsep Tes Minat dan Bakat
- Review Jurnal dengan topik Tes Psikologi
|
Kriteria:
- Partisipasi/keaktifan selama di kelas
- Penilaian Hasil review Jurnal
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring/offline 6x50 menit |
|
Materi: Tes Intelegensi dan Tes Bakat Minat Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
20% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC |
- Mampu memahami administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC
- Mampu melakukan praktikum adiministrasi dan skoring Tes IST
|
Kriteria:
Partisipasi/keaktifan selama kelas dan praktikum Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring/Offline 6x50 menit |
|
Materi: administrasi dan skoring Tes IST, CFIT, CHC Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami administrasi dan skoring Tes Weschler dan Binet |
Mampu memahami administrasi dan skoring Tes Weschler dan Binet |
Kriteria:
Partisipasi/keaktifan selama di kelas Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring/Offline 6x50 menit |
|
Materi: Tes Weschler dan Binet Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami administrasi dan skoring Tes RMIB, Holland |
Mampu memahami administrasi dan skoring Tes RMIB, Holland |
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring/Offline 6x50 menit |
|
Materi: Tes RMIB dan Holland Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
0% |
6
Minggu ke 6 |
- Memahami Konsep dan Pengantar Tes Kerja
- Memahami Maximum Performance Test dan Typical Performance Test
|
- Mampu Memahami Konsep dan Pengantar Tes Kerja
- Mampu Memahami Maximum Performance Test dan Typical Performance Test
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Konsep dan Pengantar Tes Kerja ; Maximum Performance Test dan Typical Performance Test Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
0% |
7
Minggu ke 7 |
- Memahami Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin)
- Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Pauli)
|
- Mampu memahami Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin)
- Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Pauli)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Jenis-jenis Tes Sikap Kerja (Pauli, Kraepelin) Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited. |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Tes Formatif / Ujian Tengah Semester |
Ketepatan jawaban hasil tes formatif |
Kriteria:
Ketepatan jawaban hasil tes formatif Bentuk Penilaian : Tes |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Tes Formatif / Ujian Tengah Semester Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
25% |
9
Minggu ke 9 |
- Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
- Melakukan Praktikum Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
|
- Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
- Mampu melakukan Praktikum Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin)
|
Kriteria:
Partisipasi/keaktifan selama di kelas dan praktikum Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin) Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited. Materi: Administrasi dan Skoring Tes (Kraepelin) Pustaka: |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik |
- Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik
- Mampu melakukan Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik
|
Kriteria:
Partisipasi/keaktifan selama di kelas dan praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Administrasi dan Skoring Tes Papi Kostik Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
- Mampu Memahami Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF
- Mampu melakukan Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Administrasi dan Skoring Tes EPPS dan 16PF Pustaka: 2. Gregory, R.J., (2015), Psychological Testing: History, Principles and Applications (7th edition). Edinburgh: Pearson Education Limited. |
0% |
12
Minggu ke 12 |
- Memahami Dasar-dasar Teoritis Proyeksi
- Memahami Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi
|
- Mampu memahami Dasar-dasar Teoritis Proyeksi
- Mampu Memahami Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi
- Forum Diskusi Kelas
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Dasar-dasar Teoritis Proyeksi ; Sensasi, Persepsi, Apersepsi, dan Distorsi Apersepsi Pustaka: Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc. |
15% |
13
Minggu ke 13 |
- Memahami Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi
- Memahami Macam-macam Teknik Proyeksi
|
- Mampu Memahami Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi
- Mampu Memahami Macam-macam Teknik Proyeksi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Asesmen Kepribadian dengan Teknik Proyeksi ; Macam-macam Teknik Proyeksi Pustaka: Kendall, PC & Norton-Ford, JD, (2022) : Clinical Psychology, Scientific and Professional Dimentions, New York : John Willey & Sons, Inc. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
- Memahami SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring)
- Memahami Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi)
|
- Mampu memahami SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring)
- Mampu Memahami Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: SSCT (Pengenalan, Instruksi, dan Skoring) ; Tes Rorscach (Pengenalan dan Instruksi) Pustaka: Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- Memahami TAT (Pengenalan dan Instruksi)
- Memahami Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
|
- Mampu memahami TAT (Pengenalan dan Instruksi)
- Mampu Memahami Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
- Mampu melakukan praktikum tes Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar)
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: TAT (Pengenalan dan Instruksi) ; tes Grafis (DAP, BAUM, HTP, WZT - Pengenalan, Instruksi, Interpretasi Dasar) Pustaka: Karmiyati, D., Suryaningrum C. (2013). Pengantar Psikologi Proyektif. Malang: UMM Press. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
Menyusun Laporan Praktikum Tes Psikologi (IST, Holland, Kraeplin, Papikostik, DISC, dan Grafis) |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring / Offline 6x50 menit |
|
Materi: Laporan Praktikum Tes Psikologi (IST, Holland, Kraeplin, Papikostik, DISC, dan Grafis) Pustaka: 1. Anastasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes Psikologi. Jakarta: PT. Indeks |
40% |