|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Numerik |
2220103204 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
29 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PLO-6 |
Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah akar
|
PO - 2 |
persamaan Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan nonlinier dengan menggunakan metode tertutup
|
PO - 3 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan nonlinier dengan menggunakan metode terbuka
|
PO - 4 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode iterasi jacobi
|
PO - 5 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode gauss seidel
|
PO - 6 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode SOR
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menguraikan pemodelan permasalahan keteknikan dalam bentuk model matematis sehingga
dapat diselesaikan dengan operasi aritmatika. Selain itu juga mempelajari bagaimana posisi metode numeris
dalam penyelesaian model matematis atas suatu kondisi fisis dan jenis-jenis persoalan yang dapat diselesaikan
dengan metode numeris. Mata kuliah ini juga mengajarkan penggunaan dan pengaplikasian metode numerik ke
dalam sebuah program komputer. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
- Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
- Munif, A., Prastyoko, A. 1995. Penguasaan dan Penggunaan Metode Numerik. Guna Widya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
mahasiswa mampu menghitung galat suatu hampiran numerik |
mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan galat suatu hampiran numerik |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mengerti tentang galat mutlak dan galat relatif |
mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan galat mutlak dan relatif |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Munif, A., Prastyoko, A. 1995. Penguasaan dan Penggunaan Metode Numerik. Guna Widya Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa memahami metode bagi dua |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode bagi dua |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
mahasiswa memahami metode posisi palsu |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode posisi palsu |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa memahami metode titik tetap |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode titik tetap |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mahasiswa memahami metode newton raphson |
- Mahasiswa dapat menjelaskan metode eliminasi gauss untuk mencari nilai suatu variabel
- Mahasiswa dapat menggunakan metode eliminasi gauss untuk mencari nilai suatu variabel
|
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mahasiswa memahami metode newton raphson |
- ยท Mahasiswa dapat menggunakan metode Matrik inversi untuk mencari akar
- Mahasiswa dapat menjelaskan metode Matrik inversi untuk mencari akar
- Mahasiswa dapat menggunakan metode Metode iterasi untuk mencari akar
- Mahasiswa dapat menjelaskan metode Metode iterasi untuk mencari akar
|
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 3 X 50 |
UTS 3 X 50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa memahami metode iterasi jacobi |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode iterasi jacobi |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa memahami metode eliminasi gauss |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mahasiswa memahami metode eliminasi gauss |
Memberi penjelasan tentang interpolasi polynomial dan interpolasi polynomial lagrange |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami metode gauss-seidel |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss-seidel |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memahami metode gauss-seidel |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss-seidel |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang prinsip metode euler dan metode runge kutta |
mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode SOR |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memahami metode SOR |
Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang prinsip metode perkiraan differensial dengan beda hingga |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi 3 X 50 |
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik. Pustaka: Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3 X 50 |
UAS 3 X 50 |
|
15% |