Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Numerik

2220103204

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah akar

PO - 2

persamaan Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan nonlinier dengan menggunakan metode tertutup

PO - 3

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan nonlinier dengan menggunakan metode terbuka

PO - 4

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode iterasi jacobi

PO - 5

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode gauss seidel

PO - 6

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan solusi persamaan linier dengan menggunakan metode SOR

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menguraikan pemodelan permasalahan keteknikan dalam bentuk model matematis sehingga dapat diselesaikan dengan operasi aritmatika. Selain itu juga mempelajari bagaimana posisi metode numeris dalam penyelesaian model matematis atas suatu kondisi fisis dan jenis-jenis persoalan yang dapat diselesaikan dengan metode numeris. Mata kuliah ini juga mengajarkan penggunaan dan pengaplikasian metode numerik ke dalam sebuah program komputer.

Pustaka

Utama :

  1. Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
  2. Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
  3. Munif, A., Prastyoko, A. 1995. Penguasaan dan Penggunaan Metode Numerik. Guna Widya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa mampu menghitung galat suatu hampiran numerik

mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan galat suatu hampiran numerik

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengerti tentang galat mutlak dan galat relatif

mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan galat mutlak dan relatif

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Munif, A., Prastyoko, A. 1995. Penguasaan dan Penggunaan Metode Numerik. Guna Widya
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

mahasiswa memahami metode bagi dua

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode bagi dua

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa memahami metode posisi palsu

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode posisi palsu

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa memahami metode titik tetap

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan tak linier dengan menggunakan metode titik tetap

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa memahami metode newton raphson

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan metode eliminasi gauss untuk mencari nilai suatu variabel
  2. Mahasiswa dapat menggunakan metode eliminasi gauss untuk mencari nilai suatu variabel
Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa memahami metode newton raphson

  1. ยท Mahasiswa dapat menggunakan metode Matrik inversi untuk mencari akar
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan metode Matrik inversi untuk mencari akar
  3. Mahasiswa dapat menggunakan metode Metode iterasi untuk mencari akar
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan metode Metode iterasi untuk mencari akar
Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50
UTS
3 X 50
15%

9

Minggu ke 9

mahasiswa memahami metode iterasi jacobi

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode iterasi jacobi

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

mahasiswa memahami metode eliminasi gauss

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

mahasiswa memahami metode eliminasi gauss

Memberi penjelasan tentang interpolasi polynomial dan interpolasi polynomial lagrange

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:

Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami metode gauss-seidel

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss-seidel

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami metode gauss-seidel

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode gauss-seidel

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:

Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang prinsip metode euler dan metode runge kutta

mahasiswa dapat menggunakan metode numerik untuk penyelesaian suatu persamaan linier dengan menggunakan metode SOR

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:

Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami metode SOR

Mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang prinsip metode perkiraan differensial dengan beda hingga

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
tatap muka, diskusi, penyelesaian soal-soal terkait, tugas program dan simulasi
3 X 50
Materi: Soeharjo. 1985. Analisa Numerik.
Pustaka:

Materi: Chapra, S.C., Canale, R.P. 2006. Numerical Methods for Engineers 5th ed. McGraw-Hill
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

hasil akhir= 30% tugas 20% keaktifan 20% USS 20% UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 X 50
UAS
3 X 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.