Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kreativitas Tari

8820902556

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji teori penciptaan tari anak dan praktek menata/ membuat tari untuk anak TK- SD besrta iringan, dilaksanakan dengan diskusi dan praktek secara kelompok.

Pustaka

Utama :

  1. Purwatiningsih, dkk. 2003. Pendidikan Seni Tari-Drama (TK-SD) . Malang: Universitas Negeri Malang
  2. Dewantara, Ki Hadjar. 1977. ” Pendidikan” . Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa Yogyakarta.
  3. Caturwati, Endang dkk. 2008. Tari anak-anak dan Permasalahannya . Bandung: L. Sunan ambu Press STSI
  4. Kartini, Kartono. 1982. “ Psikologi Anak” . Bandung: Alumni.
  5. Smith, Jacqueline. 1985. “Komposisi Tari”: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru . Terj. Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti.
  6. Hadi, Sumandiyo. 2003. “Asprk-aspek Dasar Komposisi Kelompok” . Yogyakarta: ELKAPI.
  7. Murgianto, Sal. 1983. “Koreografi: Pengetahuan Dasar Komposisi Tari” . Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dekdikbud
  8. Widaryanto, F.X. 2009. “Koreografi”: Bahan Ajar Mata Kuliah Koreografi . Bandung: Jurusan Tari

Pendukung :

Dosen Pengampu

NOORDIANA

Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep-konsep koreografi pendidikan dan mampu membuat rancangan konsep karya tari.

  1. Memahami konsep karya dan perbedaan koreografi pendidikan dan koreografi.
  2. Membuat rancangan konsep karya tari pendidikan
Kriteria:
  1. Tes tulis:
  2. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep koreografi pendidikan.
  3. Penugasan:
  4. Jika anak didik bisa membuat rancangan dan menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
model pembelajaran langsung
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

· Memahami metodologi penciptaan dan teknik mentransformasi anak didik melalui Gerak & Lagu/ Solah Bawa.

- Memahami metodologi penciptaan Gerak & Lagu/ Solah Bawa. - Mengkaji metode analisis dan evaluasi gerak. - Memahami teknik transformasi karya. - Membuat rancangan metodologi Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.

Kriteria:
  1. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  2. Penugasan:
  3. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran langsung
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

· Mampu membuat dan mengkaji tema tari dan dapat membuat motif gerak.

- Mengkaji kurikulum pendidikan dasar dan menengah. - Memahami kemampuan menari dari anak didik - Melakukan eksplorasi tema, gerak - Melakukan improvisasi gerak.

Kriteria:
  1. Tes tulis:
  2. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  3. Penugasan:
  4. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran langsung
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

· Mampu membuat dan mengkaji Gerak & Lagu/ Solah Bawa.

- Membuat komposisi gerak bagian awal yang dilandasi oleh tujuan dan sasaran pendidikan. - Menganalisis dan mengevaluasi gerak pada komposisi gerak bagian awal.

Kriteria:
  1. Tes tulis:
  2. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  3. Penugasan:
  4. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran langsung
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

· Mampu membuat dan mengkaji Gerak & Lagu/ Solah bagian tengah.

- Membuat komposisi gerak bagian tengah, - Menganalisis dan mengevaluasi Gerak & Lagu/ Solah Bawa pada gerak bagian tengah.

Kriteria:
  1. Tes tulis:
  2. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  3. Penugasan:
  4. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran langsung
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

· Mampu membuat dan mengkaji gerak bagian akhir.

- Membuat gerak bagian akhir, - Menganalisis dan mengevaluasi Gerak & Lagu/ Solah Bawa pada gerak bagian akhir.

Kriteria:
  1. Tes tulis:
  2. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  3. Penugasan:
  4. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

pra Uts

-

Kriteria:

-

-
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

· Mampu menganalisis dan mengevaluasi musik dan busana yang digunakan.

· Mengkaji komposisi musik dan busana · Menganalisis dan mengevaluasi komposisi musik dan busana yang digunakan

Kriteria:
  1. Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
  2. Penugasan:
  3. Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

· Mampu membuat dan mengkaji model penilaian keberhasilan Dolanan Anak.

· Membuat model penilaian keberhasilan Dolanan Anak. · Menganalisis dan mengevaluasi model yang dibuat.

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran langsung
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak.

· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui karya. Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi.

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak.

· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui karya. · Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi.

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui eksplorasi Dolanan Anak

· Membimbing eksplorasi ojek material karya yang dilakukan oleh anak didik · Menganalisis dan mengevaluasi pendidikan

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran langsung
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

· Mampu mentransformasi kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak

· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui Dolanan Anak. Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu menyajikan Dolanan Anak yang dibawakan oleh anak didik

· Menyajikan gerak yang dibawakan oleh anak didik. Mengkaji penyajian tari yang dibawakan oleh anak didik

Kriteria:

Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi

pembelajaran langsung
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

uas

-

Kriteria:
  1. .kesesuaian tema dengan sajian gerak.
  2. 2.Hafalan.
  3. 3.Harmoni.
  4. 4.Wiraga dan wirama yang disajikan.
  5. 5.Kwantitas
pembelajaran demontrasi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi karya tari
100menit
Presentasi karya tari melalui video
100 menit
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.