|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kreativitas Tari |
8820902556 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji teori penciptaan tari anak dan praktek menata/ membuat tari untuk anak TK- SD besrta iringan, dilaksanakan dengan diskusi dan praktek secara kelompok. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Purwatiningsih, dkk. 2003. Pendidikan Seni Tari-Drama (TK-SD) . Malang: Universitas Negeri Malang
- Dewantara, Ki Hadjar. 1977. ” Pendidikan” . Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa Yogyakarta.
- Caturwati, Endang dkk. 2008. Tari anak-anak dan Permasalahannya . Bandung: L. Sunan ambu Press STSI
- Kartini, Kartono. 1982. “ Psikologi Anak” . Bandung: Alumni.
- Smith, Jacqueline. 1985. “Komposisi Tari”: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru . Terj. Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti.
- Hadi, Sumandiyo. 2003. “Asprk-aspek Dasar Komposisi Kelompok” . Yogyakarta: ELKAPI.
- Murgianto, Sal. 1983. “Koreografi: Pengetahuan Dasar Komposisi Tari” . Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dekdikbud
- Widaryanto, F.X. 2009. “Koreografi”: Bahan Ajar Mata Kuliah Koreografi . Bandung: Jurusan Tari
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
NOORDIANA Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep-konsep koreografi pendidikan dan mampu membuat rancangan konsep karya tari. |
- Memahami konsep karya dan perbedaan koreografi pendidikan dan koreografi.
- Membuat rancangan konsep karya tari pendidikan
|
Kriteria:
- Tes tulis:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep koreografi pendidikan.
- Penugasan:
- Jika anak didik bisa membuat rancangan dan menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
model pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
· Memahami metodologi penciptaan dan teknik mentransformasi anak didik melalui Gerak & Lagu/ Solah Bawa. |
- Memahami metodologi penciptaan Gerak & Lagu/ Solah Bawa. - Mengkaji metode analisis dan evaluasi gerak. - Memahami teknik transformasi karya. - Membuat rancangan metodologi Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak. |
Kriteria:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
· Mampu membuat dan mengkaji tema tari dan dapat membuat motif gerak. |
- Mengkaji kurikulum pendidikan dasar dan menengah. - Memahami kemampuan menari dari anak didik - Melakukan eksplorasi tema, gerak - Melakukan improvisasi gerak. |
Kriteria:
- Tes tulis:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
· Mampu membuat dan mengkaji Gerak & Lagu/ Solah Bawa. |
- Membuat komposisi gerak bagian awal yang dilandasi oleh tujuan dan sasaran pendidikan. - Menganalisis dan mengevaluasi gerak pada komposisi gerak bagian awal. |
Kriteria:
- Tes tulis:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
· Mampu membuat dan mengkaji Gerak & Lagu/ Solah bagian tengah. |
- Membuat komposisi gerak bagian tengah, - Menganalisis dan mengevaluasi Gerak & Lagu/ Solah Bawa pada gerak bagian tengah. |
Kriteria:
- Tes tulis:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
· Mampu membuat dan mengkaji gerak bagian akhir. |
- Membuat gerak bagian akhir, - Menganalisis dan mengevaluasi Gerak & Lagu/ Solah Bawa pada gerak bagian akhir. |
Kriteria:
- Tes tulis:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
pra Uts |
- |
Kriteria:
- |
- 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
· Mampu menganalisis dan mengevaluasi musik dan busana yang digunakan. |
· Mengkaji komposisi musik dan busana · Menganalisis dan mengevaluasi komposisi musik dan busana yang digunakan |
Kriteria:
- Jika anak didik bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar tanpa mencontek pekerjaan temannya, atau dengan membaca buku maka mereka dinyatakan telah menguasai sebagian konsep Gerak & Lagu/ Solah Bawa dan Dolanan Anak.
- Penugasan:
- Jika anak didik dapat membuat rancangan serta menjelaskan rancangannya dengan baik dan benar maka mereka telah berhasil.
|
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
· Mampu membuat dan mengkaji model penilaian keberhasilan Dolanan Anak. |
· Membuat model penilaian keberhasilan Dolanan Anak. · Menganalisis dan mengevaluasi model yang dibuat. |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak. |
· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui karya. Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi. |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak. |
· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui karya. · Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi. |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
· Mampu mentransformasikan kepekaan seni anak didik melalui eksplorasi Dolanan Anak |
· Membimbing eksplorasi ojek material karya yang dilakukan oleh anak didik · Menganalisis dan mengevaluasi pendidikan |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
· Mampu mentransformasi kepekaan seni anak didik melalui Dolanan Anak |
· Mengkaji konsep transformasi anak didik melalui Dolanan Anak. Menganalisis dan mengevaluasi model penilaian transformasi |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyajikan Dolanan Anak yang dibawakan oleh anak didik |
· Menyajikan gerak yang dibawakan oleh anak didik. Mengkaji penyajian tari yang dibawakan oleh anak didik |
Kriteria:
Jika dalam keadaan santai anak didik bisa menjawab dengan baik dan benar maka mereka telah menguasai materi |
pembelajaran langsung 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
uas |
- |
Kriteria:
- .kesesuaian tema dengan sajian gerak.
- 2.Hafalan.
- 3.Harmoni.
- 4.Wiraga dan wirama yang disajikan.
- 5.Kwantitas
|
pembelajaran demontrasi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi karya tari 100menit |
Presentasi karya tari melalui video 100 menit |
|
0% |