Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia Dasar

4620103100

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang konsep-konsep dasar: Metode Ilmiah, Sifat-sifat Materi, Stoikhiometri, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Energetika, Wujud Zat, Larutan, Koloid, Kimia Karbon, Green Chemistry dan Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari serta kegiatan laboratorium yang sesuai melalui diskusi, penugasan, dan praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kimia Umum. 2013.Kimia Umum .Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
  2. Brady and Humiston. 2004.General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.
  3. Chang, Raymond. 2005.General Chemistry The Essential Concepts Third Edition.USA: McGraw Hill.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SRI HIDAYATI SYARIEF

SITI TJAHJANI

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ilmu kimia sebagai hasil kegiatan ilmiah yang mempelajari tentang materi dengan sifat universal

1. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah 2. Menjelaskanperbedaan sifat ekstensif dan intensif 3. Menjelaskan perbedaansifat kimia dan fisika, unsur, senyawa, dan campuran

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Strategi belajar peta konsep
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami hal-hal yang mendasari stoikhiometri, yaitu: hukum dasar kimia, atom dan molekul, konsep mol dan tetapan Avogadro, rumus senyawa, reaksi kimia serta kemolaran dan ekivalensi

1. Menjelaskan Hukum dasar Kimia 2. Menjelaskan perbedaanatom, molekul, dan Konsep Mol 3. Menerapkan Tetapan Avogadro dan Rumus Senyawa 4. Menerapkan Reaksi Kimia dan Penyetaraan, Kemolaran dan Ekivalen dalam latihan soal

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS
1. Diskusi 2. Tugas 3. Strategi belajar peta konsep 4. Praktikum
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami hal-hal yang mendasari stoikhiometri, yaitu: hukum dasar kimia, atom dan molekul, konsep mol dan tetapan Avogadro, rumus senyawa, reaksi kimia serta kemolaran dan ekivalensi

1. Menjelaskan Hukum dasar Kimia 2. Menjelaskan perbedaanatom, molekul, dan Konsep Mol 3. Menerapkan Tetapan Avogadro dan Rumus Senyawa 4. Menerapkan Reaksi Kimia dan Penyetaraan, Kemolaran dan Ekivalen dalam latihan soal

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai 1. tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tugas 3. Strategi belajar peta konsep 4. Praktikum
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami perkembangan,kegunaan, dan dasar penyusunan sistem periodik serta hubungannya dengan konfigurasi elektron unsur dan sifat keperiodikan

1. Menjelaskan perkembanagn Sistem Periodic Unsur dan hubungan konfigurasi elektron. 2. Menganalisis berbagai sifat-sifat keperiodikan

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Tugas
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memutuskan keterkaitan ikatan kimia dan gaya-gaya kimia untuk menjelaskan pengetahuan sesuai program studinya.

1. Menjelaskan peranan Elektron dalam Ikatan Kimia, 2. Menjelaskan contoh Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, Energi Ikatan, Struktur Molekul, dan Ikatan Kimia Lain (van.der Waals, Ikatan Hidrogen, Ikatan Logam)

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Strategi belajar peta konsep 3. Tugas
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami istilah-istilah, hukum termodinamika, serta penentuan terjadinya reaksi secara termodinamika

1. Menjelaskan perbedaanSistem, lingkungan, fungsi keadaan, proses adiabatic, proses isoterm, kerja, kapasitas kalor, dll). 2. Menjelaskan Hukum Termodinamika I, Hukum Hess, Energi Ikatan, Termokimia, Hukum Termodinamika II, Entropi, Energi Bebas.

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami istilah-istilah, hukum termodinamika, serta penentuan terjadinya reaksi secara termodinamika

1. Menjelaskan perbedaanSistem, lingkungan, fungsi keadaan, proses adiabatic, proses isoterm, kerja, kapasitas kalor, dll). 2. Menjelaskan Hukum Termodinamika I, Hukum Hess, Energi Ikatan, Termokimia, Hukum Termodinamika II, Entropi, Energi Bebas.

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1.Diskusi 2.Tugas 3.Praktikum
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Pertemuan 1-7

Pertemuan 1-7

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
-
1 X 1

0%

9

Minggu ke 9

Memahami wujud zat berupa gas dan cairan beserta hukum yang berlaku dan wujud zat padat Kristal

1. Menganalisis sifat-sifat gas, cairan, dan padatan 2. Menjelaskan padatan Kristal 3. Menjelaskan tentang perubahan wujud zat dan diagram fasa

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami beberapa aspek larutan dan menerapkan dalam segi kuantitatifnya

1. Membandingkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non-elektrolit. 2. Membedakan beberapa sifat koligatif larutan. 3. Membedakan teori asam-basa 4. Menghitung pH larutan. 5. Menjelaskan hidrolisis dan larutan buffer. 6. Menentukan trayek pH indikator. 7. Melakukan titrasi asam - basa

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memahami beberapa aspek larutan dan menerapkan dalam segi kuantitatifnya

1. Membandingkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non-elektrolit. 2. Membedakan beberapa sifat koligatif larutan. 3. Membedakan teori asam-basa 4. Menghitung pH larutan. 5. Menjelaskan hidrolisis dan larutan buffer. 6. Menentukan trayek pH indikator. 7. Melakukan titrasi asam - basa

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami prinsip-prinsip yang mendasari sistem koloid dan menghubungkannya dengan gejala sehari-hari

1. Menjelaskan sistem dispersi 2. Membedakan macam koloid 3. Membedakan pembuatan koloid 4. Menguraikan kegunaan koloid

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memahami kimia karbon, dan menghu-bungkannya dengan kehidupan sehari-hari

1. Menjelaskan kekhasan atom karbon 2. Menjelaskan klassifikasi dan karakteristik senyawa organic 3. Menganalisis karakteristik masing-masing jenis hidrokarbon (jenuh, tidak jenuh, aromatis, dan tersubstitusi

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memahami prinsip-prinsip yang mendukung green chemistry

1. Menjelaskan prinsip-prinsip yang mendukung green chemistry 2. Menganalisis contoh-contoh penerapan green chemistry yang dapat diakses melalui internet

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Memahami Bahan Kimia Sehari-hari agar dapat mengambil keputusan keterkaitannya dengan pengetahuan sesuai program studinya.

1. Menganalisis karakteristik bahan kimia dalam rumah tangga. 2. Menganalisis karakteristik bahan kimia dalam makanan. Menjelaskan zat adiktif dan psikotropika

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Pertemuan 9-15

Pertemuan 9-15

Kriteria:
  1. 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
  2. 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
  3. 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
  4. 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
  5. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
-
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.