|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Dasar |
4620103100 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang konsep-konsep dasar: Metode Ilmiah, Sifat-sifat Materi, Stoikhiometri, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Energetika, Wujud Zat, Larutan, Koloid, Kimia Karbon, Green Chemistry dan Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari serta kegiatan laboratorium yang sesuai melalui diskusi, penugasan, dan praktikum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Kimia Umum. 2013.Kimia Umum .Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.
- Brady and Humiston. 2004.General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.
- Chang, Raymond. 2005.General Chemistry The Essential Concepts Third Edition.USA: McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SRI HIDAYATI SYARIEF SITI TJAHJANI Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si. Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ilmu kimia sebagai hasil kegiatan ilmiah yang mempelajari tentang materi dengan sifat universal |
1. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah 2. Menjelaskanperbedaan sifat ekstensif dan intensif 3. Menjelaskan perbedaansifat kimia dan fisika, unsur, senyawa, dan campuran |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Strategi belajar peta konsep 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hal-hal yang mendasari stoikhiometri, yaitu: hukum dasar kimia, atom dan molekul, konsep mol dan tetapan Avogadro, rumus senyawa, reaksi kimia serta kemolaran dan ekivalensi |
1. Menjelaskan Hukum dasar Kimia 2. Menjelaskan perbedaanatom, molekul, dan Konsep Mol 3. Menerapkan Tetapan Avogadro dan Rumus Senyawa 4. Menerapkan Reaksi Kimia dan Penyetaraan, Kemolaran dan Ekivalen dalam latihan soal |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS
|
1. Diskusi 2. Tugas 3. Strategi belajar peta konsep 4. Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami hal-hal yang mendasari stoikhiometri, yaitu: hukum dasar kimia, atom dan molekul, konsep mol dan tetapan Avogadro, rumus senyawa, reaksi kimia serta kemolaran dan ekivalensi |
1. Menjelaskan Hukum dasar Kimia 2. Menjelaskan perbedaanatom, molekul, dan Konsep Mol 3. Menerapkan Tetapan Avogadro dan Rumus Senyawa 4. Menerapkan Reaksi Kimia dan Penyetaraan, Kemolaran dan Ekivalen dalam latihan soal |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai 1. tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tugas 3. Strategi belajar peta konsep 4. Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami perkembangan,kegunaan, dan dasar penyusunan sistem periodik serta hubungannya dengan konfigurasi elektron unsur dan sifat keperiodikan |
1. Menjelaskan perkembanagn Sistem Periodic Unsur dan hubungan konfigurasi elektron. 2. Menganalisis berbagai sifat-sifat keperiodikan |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Tugas 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memutuskan keterkaitan ikatan kimia dan gaya-gaya kimia untuk menjelaskan pengetahuan sesuai program studinya. |
1. Menjelaskan peranan Elektron dalam Ikatan Kimia, 2. Menjelaskan contoh Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, Energi Ikatan, Struktur Molekul, dan Ikatan Kimia Lain (van.der Waals, Ikatan Hidrogen, Ikatan Logam) |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Strategi belajar peta konsep 3. Tugas 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami istilah-istilah, hukum termodinamika, serta penentuan terjadinya reaksi secara termodinamika |
1. Menjelaskan perbedaanSistem, lingkungan, fungsi keadaan, proses adiabatic, proses isoterm, kerja, kapasitas kalor, dll). 2. Menjelaskan Hukum Termodinamika I, Hukum Hess, Energi Ikatan, Termokimia, Hukum Termodinamika II, Entropi, Energi Bebas. |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami istilah-istilah, hukum termodinamika, serta penentuan terjadinya reaksi secara termodinamika |
1. Menjelaskan perbedaanSistem, lingkungan, fungsi keadaan, proses adiabatic, proses isoterm, kerja, kapasitas kalor, dll). 2. Menjelaskan Hukum Termodinamika I, Hukum Hess, Energi Ikatan, Termokimia, Hukum Termodinamika II, Entropi, Energi Bebas. |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1.Diskusi 2.Tugas 3.Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Pertemuan 1-7 |
Pertemuan 1-7 |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
- 1 X 1 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami wujud zat berupa gas dan cairan beserta hukum yang berlaku dan wujud zat padat Kristal |
1. Menganalisis sifat-sifat gas, cairan, dan padatan 2. Menjelaskan padatan Kristal 3. Menjelaskan tentang perubahan wujud zat dan diagram fasa |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami beberapa aspek larutan dan menerapkan dalam segi kuantitatifnya |
1. Membandingkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non-elektrolit. 2. Membedakan beberapa sifat koligatif larutan. 3. Membedakan teori asam-basa 4. Menghitung pH larutan. 5. Menjelaskan hidrolisis dan larutan buffer. 6. Menentukan trayek pH indikator. 7. Melakukan titrasi asam - basa |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami beberapa aspek larutan dan menerapkan dalam segi kuantitatifnya |
1. Membandingkan sifat-sifat larutan elektrolit dan non-elektrolit. 2. Membedakan beberapa sifat koligatif larutan. 3. Membedakan teori asam-basa 4. Menghitung pH larutan. 5. Menjelaskan hidrolisis dan larutan buffer. 6. Menentukan trayek pH indikator. 7. Melakukan titrasi asam - basa |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami prinsip-prinsip yang mendasari sistem koloid dan menghubungkannya dengan gejala sehari-hari |
1. Menjelaskan sistem dispersi 2. Membedakan macam koloid 3. Membedakan pembuatan koloid 4. Menguraikan kegunaan koloid |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 4. Praktikum 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami kimia karbon, dan menghu-bungkannya dengan kehidupan sehari-hari |
1. Menjelaskan kekhasan atom karbon 2. Menjelaskan klassifikasi dan karakteristik senyawa organic 3. Menganalisis karakteristik masing-masing jenis hidrokarbon (jenuh, tidak jenuh, aromatis, dan tersubstitusi |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami prinsip-prinsip yang mendukung green chemistry |
1. Menjelaskan prinsip-prinsip yang mendukung green chemistry 2. Menganalisis contoh-contoh penerapan green chemistry yang dapat diakses melalui internet |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Bahan Kimia Sehari-hari agar dapat mengambil keputusan keterkaitannya dengan pengetahuan sesuai program studinya. |
1. Menganalisis karakteristik bahan kimia dalam rumah tangga. 2. Menganalisis karakteristik bahan kimia dalam makanan. Menjelaskan zat adiktif dan psikotropika |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
1. Diskusi 2. Tanya jawab 3. Latihan soal 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Pertemuan 9-15 |
Pertemuan 9-15 |
Kriteria:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan, dilakukan melalui pengamatan (bobot 2)
- 2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (2)
- 3. Nilai tugas mengerjakan soal, membuat makalah, dan praktikum ( bobot 2)
- 4. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan dengan mengases semua indikator yang relevan melalui ujian tulis, dengan bobot (3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
- 2 X 50 |
|
|
0% |