|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S2 Pendidikan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
STATISTIKA TERAPAN |
8510103053 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan bidang manajemen pendidikan olahraga dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipliner |
PLO-12 |
Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas |
PLO-15 |
Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri ataupun pengikutnya,secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, argumen, analisis, dan solusi yang relevan dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penyelesaian analisis statistik dalam bidang pendidikan jasmani secara mandiri
|
PO - 2 |
Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dalam penyelesaian statistik bidang pendidikan jasmani yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik serta dikomunikasikan dengan masyarakat
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis masalah dalam bidang statistik bidang pendidikan jasmani dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based)
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan teknologi dalam menganalisis statistik dalam bidang pendidikan jasmani
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-12 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasna konsep mengenai analisis deskriptif, persyaratan data, uji prametrik meliputi independent t-test, paired sample t-test, anova, manova, pearson correlation, multivariate correlation, regression dan uji non parametrik meliputi wilcoxon, mann whitney, spearman rank, gamma, regresi logistik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge.
- Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.
- Williams, C. and Wragg, C. 2004. Data Analysis and Research for Sport and Exercise Science. London. Routledge.
- Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Sujarweni, V. W. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
- Sarwono, J.,2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta. PT Gramedia
- Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
- Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
- Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia
- Pramesti, G. 2017. Statistika Penelitian Dengan SPSS 24. Jakarta. PT Gramedia.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si. Dr. Nur Ahmad Arief, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menjelaskan konsep dasar statistika
- Menjelaskan analisis data deskriptif
- Menyelesaikan masalah tentang data deskriptif
|
- Merumuskan konsep dasar statistika
- Merumuskan analisis data deskriptif
- Meninterpretasi dan mengevaluasi hasil analisis deskriptif
|
Kriteria:
- Ketepatan merumuskan
- Ketepatan menganalisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3 x 50 |
|
Materi: Konsep dasar statistik dan analisis data deskriptif Pustaka: Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Merumuskan konsep paired sample t-test
- Mempraktekkan analisis paired sample t-test
|
- Merumuskan konsep paired sample t-test
- Menginterpretasikan hasil paired sample t-test
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep paired sample t-test
- Ketepatan analisis paired sample t-test
- Menginterpretasikan hasil paired sample t-test
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analisis paired sample t-test Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Materi: paired sample t-test Pustaka: O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Merumuskan konsep independent sample t-test
- Mempraktekkan analisis independent sample t-test
|
- Merumuskan konsep independent sample t-test
- Menginterpretasikan hasil independent sample t-test
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep independent sample t-test
- Ketepatan analisis independent sample t-test
- Menginterpretasikan hasil independent sample t-test
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analisis indenpendet sample t-test Pustaka: Sarwono, J.,2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta. PT Gramedia |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Merumuskan konsep Anova
- Mempraktekkan analisis Anova
|
- Merumuskan konsep Anova
- Menginterpretasikan hasil Anova
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep Anova
- Ketepatan analisis Anova
- Menginterpretasikan hasil Anova
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analysis of Variance Pustaka: Pramesti, G. 2017. Statistika Penelitian Dengan SPSS 24. Jakarta. PT Gramedia. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Merumuskan konsep Manova
- Mempraktekkan analisis Manova
|
- Merumuskan konsep Manova
- Menginterpretasikan hasil Manova
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep Manova
- Ketepatan analisis Manova
- Menginterpretasikan hasil Manova
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analisis Manova Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Merumuskan konsep pearson correlation
- Mempraktekkan analisis pearson correlation
|
- Merumuskan konsep pearson correlation
- Menginterpretasikan hasil pearson correlation
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep pearson correlation
- Ketepatan analisis pearson correlation
- Menginterpretasikan hasil pearson correlation
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: pearson correlation Pustaka: Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Merumuskan konsep partial correlation
- Mempraktekkan analisis partial correlation
|
- Merumuskan konsep partial correlation
- Menginterpretasikan hasil partial correlation
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep partial correlation
- Ketepatan analisis partial correlation
- Menginterpretasikan hasil partial correlation
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Korelasi parsial Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai materi 1-7 |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan masalah berdasarkan data yang ada Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
3x50 |
3x50 |
Materi: Materi UTS Pustaka: Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Merumuskan konsep regresi
- Mempraktekkan analisis regresi
|
- Merumuskan konsep regresi
- Menginterpretasikan hasil analisis regresi
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep regresi
- Ketepatan menganalisis regresi
- Menginterpretasikan hasil analisis regresi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analisis regresi Pustaka: Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Merumuskan konsep analisis deskriminan
- Mempraktekkan analisis deskriminan
|
- Merumuskan konsep analisis deskriminan
- Menginterpretasikan hasil analisis deskriminan
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis deskriminan
- Ketepatan menganalisis deskriminan
- Menginterpretasikan hasil analisis deskriminan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Analisis deskriminan Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Merumuskan konsep wilcoxon
- Mempraktekkan analisis wilcoxon
|
- Merumuskan konsep analisis wilcoxon
- Menginterpretasikan hasil analisis wilcoxon
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis wilcoxon
- Ketepatan menganalisis wilcoxon
- Menginterpretasikan hasil analisis wilcoxon
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Uji wilcoxon Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Materi: Wilcoxon Pustaka: Williams, C. and Wragg, C. 2004. Data Analysis and Research for Sport and Exercise Science. London. Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Merumuskan konsep mann-whitney
- Mempraktekkan analisis mann-whitney
|
- Merumuskan konsep analisis mann-whitney
- Menginterpretasikan hasil analisis mann-whitney
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis mann-whitney
- Ketepatan menganalisis mann-whitney
- Menginterpretasikan hasil analisis mann-whitney
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Uji mann-whitney Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Materi: mann-whitney test Pustaka: Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Merumuskan konsep kruskal-wallis
- Mempraktekkan analisis kruskal-wallis
|
- Merumuskan konsep analisis kruskal-wallis
- Menginterpretasikan hasil analisis kruskal-wallis
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis kruskal-wallis
- Ketepatan menganalisis kruskal-wallis
- Menginterpretasikan hasil analisis kruskal-wallis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Uji kruskal-wallis Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Merumuskan konsep Spearman's rank correlation
- Mempraktekkan analisis Spearman's rank correlation
|
- Merumuskan konsep analisis Spearman's rank correlation
- Menginterpretasikan hasil analisis Spearman's rank correlation
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis Spearman's rank correlation
- Ketepatan menganalisis Spearman's rank correlation
- Menginterpretasikan hasil analisis Spearman's rank correlation
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: spearman rank Pustaka: Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Merumuskan konsep regresi logistik
- Mempraktekkan analisis regresi logistik
|
- Merumuskan konsep analisis regresi logistik
- Menginterpretasikan hasil analisis regresi logistik
|
Kriteria:
- Keaktifan
- Ketepatan merumuskan konsep analisis regresi logistik
- Ketepatan menganalisis regresi logistik
- Menginterpretasikan hasil analisis regresi logistik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial
Metode pembelajaran:
Berbasis masalah
Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri 3x50 |
|
Materi: Logistic regression Pustaka: O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menguasai materi 1-15 |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan masalah berdasarkan data yang ada Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3x50 |
3x50 |
Materi: Soal UAS Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. |
15% |