Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S2 Pendidikan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STATISTIKA TERAPAN

8510103053

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Taufiq Hidayat, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan bidang manajemen pendidikan olahraga dan organisasi secara sistematis melalui penguasaan teori dan konsep manajemen dan metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan inter dan multi-disipliner

PLO-12

Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

PLO-15

Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri ataupun pengikutnya,secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, argumen, analisis, dan solusi yang relevan dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penyelesaian analisis statistik dalam bidang pendidikan jasmani secara mandiri

PO - 2

Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dalam penyelesaian statistik bidang pendidikan jasmani yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik serta dikomunikasikan dengan masyarakat

PO - 3

Mampu menganalisis masalah dalam bidang statistik bidang pendidikan jasmani dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based)

PO - 4

Mampu menerapkan teknologi dalam menganalisis statistik dalam bidang pendidikan jasmani

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-12PLO-15
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasna konsep mengenai analisis deskriptif, persyaratan data, uji prametrik meliputi independent t-test, paired sample t-test, anova, manova, pearson correlation, multivariate correlation, regression dan uji non parametrik meliputi wilcoxon, mann whitney, spearman rank, gamma, regresi logistik.

Pustaka

Utama :

  1. O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge.
  2. Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.
  3. Williams, C. and Wragg, C. 2004. Data Analysis and Research for Sport and Exercise Science. London. Routledge.
  4. Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc.

Pendukung :

  1. Sujarweni, V. W. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
  2. Sarwono, J.,2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta. PT Gramedia
  3. Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
  4. Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
  5. Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia
  6. Pramesti, G. 2017. Statistika Penelitian Dengan SPSS 24. Jakarta. PT Gramedia.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si.

Dr. Nur Ahmad Arief, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menjelaskan konsep dasar statistika
  2. Menjelaskan analisis data deskriptif
  3. Menyelesaikan masalah tentang data deskriptif
  1. Merumuskan konsep dasar statistika
  2. Merumuskan analisis data deskriptif
  3. Meninterpretasi dan mengevaluasi hasil analisis deskriptif
Kriteria:
  1. Ketepatan merumuskan
  2. Ketepatan menganalisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3 x 50

Materi: Konsep dasar statistik dan analisis data deskriptif
Pustaka: Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Merumuskan konsep paired sample t-test
  2. Mempraktekkan analisis paired sample t-test
  1. Merumuskan konsep paired sample t-test
  2. Menginterpretasikan hasil paired sample t-test
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep paired sample t-test
  3. Ketepatan analisis paired sample t-test
  4. Menginterpretasikan hasil paired sample t-test

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analisis paired sample t-test
Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Materi: paired sample t-test
Pustaka: O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Merumuskan konsep independent sample t-test
  2. Mempraktekkan analisis independent sample t-test
  1. Merumuskan konsep independent sample t-test
  2. Menginterpretasikan hasil independent sample t-test
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep independent sample t-test
  3. Ketepatan analisis independent sample t-test
  4. Menginterpretasikan hasil independent sample t-test

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analisis indenpendet sample t-test
Pustaka: Sarwono, J.,2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta. PT Gramedia
5%

4

Minggu ke 4

  1. Merumuskan konsep Anova
  2. Mempraktekkan analisis Anova
  1. Merumuskan konsep Anova
  2. Menginterpretasikan hasil Anova
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep Anova
  3. Ketepatan analisis Anova
  4. Menginterpretasikan hasil Anova

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analysis of Variance
Pustaka: Pramesti, G. 2017. Statistika Penelitian Dengan SPSS 24. Jakarta. PT Gramedia.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Merumuskan konsep Manova
  2. Mempraktekkan analisis Manova
  1. Merumuskan konsep Manova
  2. Menginterpretasikan hasil Manova
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep Manova
  3. Ketepatan analisis Manova
  4. Menginterpretasikan hasil Manova

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analisis Manova
Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Merumuskan konsep pearson correlation
  2. Mempraktekkan analisis pearson correlation
  1. Merumuskan konsep pearson correlation
  2. Menginterpretasikan hasil pearson correlation
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep pearson correlation
  3. Ketepatan analisis pearson correlation
  4. Menginterpretasikan hasil pearson correlation

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: pearson correlation
Pustaka: Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia
5%

7

Minggu ke 7

  1. Merumuskan konsep partial correlation
  2. Mempraktekkan analisis partial correlation
  1. Merumuskan konsep partial correlation
  2. Menginterpretasikan hasil partial correlation
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep partial correlation
  3. Ketepatan analisis partial correlation
  4. Menginterpretasikan hasil partial correlation

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Korelasi parsial
Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
5%

8

Minggu ke 8

Menguasai materi 1-7

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ketepatan dalam menyelesaikan masalah berdasarkan data yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

3x50

3x50
Materi: Materi UTS
Pustaka: Maksum, A. 2018. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.
15%

9

Minggu ke 9

  1. Merumuskan konsep regresi
  2. Mempraktekkan analisis regresi
  1. Merumuskan konsep regresi
  2. Menginterpretasikan hasil analisis regresi
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep regresi
  3. Ketepatan menganalisis regresi
  4. Menginterpretasikan hasil analisis regresi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analisis regresi
Pustaka: Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Merumuskan konsep analisis deskriminan
  2. Mempraktekkan analisis deskriminan
  1. Merumuskan konsep analisis deskriminan
  2. Menginterpretasikan hasil analisis deskriminan
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis deskriminan
  3. Ketepatan menganalisis deskriminan
  4. Menginterpretasikan hasil analisis deskriminan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Analisis deskriminan
Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Merumuskan konsep wilcoxon
  2. Mempraktekkan analisis wilcoxon
  1. Merumuskan konsep analisis wilcoxon
  2. Menginterpretasikan hasil analisis wilcoxon
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis wilcoxon
  3. Ketepatan menganalisis wilcoxon
  4. Menginterpretasikan hasil analisis wilcoxon

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Uji wilcoxon
Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Materi: Wilcoxon
Pustaka: Williams, C. and Wragg, C. 2004. Data Analysis and Research for Sport and Exercise Science. London. Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Merumuskan konsep mann-whitney
  2. Mempraktekkan analisis mann-whitney
  1. Merumuskan konsep analisis mann-whitney
  2. Menginterpretasikan hasil analisis mann-whitney
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis mann-whitney
  3. Ketepatan menganalisis mann-whitney
  4. Menginterpretasikan hasil analisis mann-whitney

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Uji mann-whitney
Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Materi: mann-whitney test
Pustaka: Verma, J., P. 2016. Sports Research with Analytical Solution Using SPSS. New Jersey. John Wiley & Sons, Inc.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Merumuskan konsep kruskal-wallis
  2. Mempraktekkan analisis kruskal-wallis
  1. Merumuskan konsep analisis kruskal-wallis
  2. Menginterpretasikan hasil analisis kruskal-wallis
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis kruskal-wallis
  3. Ketepatan menganalisis kruskal-wallis
  4. Menginterpretasikan hasil analisis kruskal-wallis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Uji kruskal-wallis
Pustaka: Santoso, S. 2017. Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Merumuskan konsep Spearman's rank correlation
  2. Mempraktekkan analisis Spearman's rank correlation
  1. Merumuskan konsep analisis Spearman's rank correlation
  2. Menginterpretasikan hasil analisis Spearman's rank correlation
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis Spearman's rank correlation
  3. Ketepatan menganalisis Spearman's rank correlation
  4. Menginterpretasikan hasil analisis Spearman's rank correlation

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: spearman rank
Pustaka: Priyastama, R. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisa Data. Bantul. PT Anak Hebat Indonesia
5%

15

Minggu ke 15

  1. Merumuskan konsep regresi logistik
  2. Mempraktekkan analisis regresi logistik
  1. Merumuskan konsep analisis regresi logistik
  2. Menginterpretasikan hasil analisis regresi logistik
Kriteria:
  1. Keaktifan
  2. Ketepatan merumuskan konsep analisis regresi logistik
  3. Ketepatan menganalisis regresi logistik
  4. Menginterpretasikan hasil analisis regresi logistik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Responsi dan tutorial

Metode pembelajaran:
Berbasis masalah

Penugasan Mahasiswa:
Tersruktur dan mandiri
3x50

Materi: Logistic regression
Pustaka: O'Donoghue, P. 2012. Statistics for Sport and Exercise Studies: An Introduction. UK. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Menguasai materi 1-15

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ketepatan dalam menyelesaikan masalah berdasarkan data yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

3x50

3x50
Materi: Soal UAS
Pustaka: Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Multivariate. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 85%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.