|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702262 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep teori perkembangan anak dan stimulasinya
|
PO - 2 |
Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan di lembaga PAUD
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan teori dan konsep PAUD dalam mengembangkan pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengkajian tentang pengetahuan teoritik dan praktis mengenai konsep tentang macam-macam dan teknik serta langkah-langkah
melakukan asesmen dan penilaian pada seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Dalam mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran berupa ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS
- Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
- Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen kesiapan belajar: asesmen non-tes untuk mengukur kesiapan belajar anak usia dini dalam perspektif neurosains. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17-32.
- Fitri, R., & Reza, M. (2018, December). The school readiness instrument (SRI): assessment of early childhood in the neuroscience perspective. In 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) (pp. 512-516). Atlantis Press.
- Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi kompetensi guru PAUD dalam melakukan asesmen pembelajaran dan perkembangan anak usia dini di kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109-120.
|
Pendukung : |
|
- Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.
- Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
- Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami hakikat penilaian anak usia dini |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang penilaian anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penilaian bagi perkembangan anak usia dini
- Mahasiswa menjelaskan prinsip penilaian bagi perkembangan anak
- Mahasiswa menjelaskan faktor yang mempengaruhi penilaian dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini
- Mahasiswa menjelaskan metode dan alat penilaian bagi anak usia dini
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami materi tentang penilaian pada anak usia dini secara umum dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Evaluasi pada anak usia dini Pustaka: Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakikat penilaian anak usia dini |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang penilaian anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penilaian bagi perkembangan anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip penilaian bagi perkembangan anak
- Mahasiswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi penilaian dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini
- Mahasiswa dapat menjelaskan metode dan alat penilaian bagi anak usia dini
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami materi tentang penilaian pada anak usia dini secara umum dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Evaluasi pada anak usia dini Pustaka: Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun Jenis-jenis penilaian untuk asesmen perkembangan anak usia dini |
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian time sampling
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian running record
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian event sampling
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian speciment record
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun bermacam-macam teknik penilaian pada anak usia dini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun Jenis-jenis penilaian untuk asesmen perkembangan anak usia dini |
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian time sampling
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian running record
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian event sampling
- Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian speciment record
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun bermacam-macam teknik penilaian pada anak usia dini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mengimplementasikan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian unjuk kerja
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian unjuk kerja
- Mahasiswa dapat mengimplementasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran paud dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengimplementasikan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian unjuk kerja
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian unjuk kerja
- Mahasiswa dapat mengimplementasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran paud dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengimplementasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian sikap
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian sikap
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa mengerjakan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
|
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian sikap
- Mahasiswa dalam merancang penilaian dengan teknik penilaian sikap
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mengimplementasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian proyek
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian proyek
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
|
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mengimplementasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian proyek
- Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian proyek
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengimplementasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian portofolio
- Mahasiswa dapat merancang penilaian denga teknik penilaian portofolio
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan tekik penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengimplementasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian portofolio
- Mahasiswa dapat merancang penilaian denga teknik penilaian portofolio
- Mahasiswa dapat mengaplikasikan tekik penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas Materi: Penilaian pada anak usia dini Pustaka: Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengaplikasikan penilaian sesuai kurikulum 2013 PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian otentik
- Mahasiswa dapat menyusun penilaian dalam pembelajaran anak usia dini (penilaian harian, pekanan, bulanan, semester)
- Mahaiswa dapat menyusun laporan penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga menyusun laporan penilaian dalam anak usia dini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Pembuatan laporan penilaian dalam anak usia dini Pustaka: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2). |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mengaplikasikan penilaian sesuai kurikulum 2013 PAUD |
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian otentik
- Mahasiswa dapat menyusun penilaian dalam pembelajaran anak usia dini (penilaian harian, pekanan, bulanan, semester)
- Mahaiswa dapat menyusun laporan penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami hingga menyusun laporan penilaian dalam anak usia dini Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah 2 X 50 |
Materi: Pembuatan laporan penilaian dalam anak usia dini Pustaka: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2). |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Tes sumatif 2 X 50 |
|
15% |