Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

8620702262

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep teori perkembangan anak dan stimulasinya

PO - 2

Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi perkembangan di lembaga PAUD

PO - 3

Mengaplikasikan teori dan konsep PAUD dalam mengembangkan pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian tentang pengetahuan teoritik dan praktis mengenai konsep tentang macam-macam dan teknik serta langkah-langkah melakukan asesmen dan penilaian pada seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Dalam mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran berupa ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah.

Pustaka

Utama :

  1. Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS
  2. Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
  3. Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen kesiapan belajar: asesmen non-tes untuk mengukur kesiapan belajar anak usia dini dalam perspektif neurosains. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17-32.
  4. Fitri, R., & Reza, M. (2018, December). The school readiness instrument (SRI): assessment of early childhood in the neuroscience perspective. In 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) (pp. 512-516). Atlantis Press.
  5. Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi kompetensi guru PAUD dalam melakukan asesmen pembelajaran dan perkembangan anak usia dini di kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109-120.

Pendukung :

  1. Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.
  2. Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
  3. Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami hakikat penilaian anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang penilaian anak usia dini
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penilaian bagi perkembangan anak usia dini
  3. Mahasiswa menjelaskan prinsip penilaian bagi perkembangan anak
  4. Mahasiswa menjelaskan faktor yang mempengaruhi penilaian dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini
  5. Mahasiswa menjelaskan metode dan alat penilaian bagi anak usia dini
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami materi tentang penilaian pada anak usia dini secara umum dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Evaluasi pada anak usia dini
Pustaka: Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS
2%

2

Minggu ke 2

Memahami hakikat penilaian anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang penilaian anak usia dini
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya penilaian bagi perkembangan anak usia dini
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip penilaian bagi perkembangan anak
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi penilaian dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini
  5. Mahasiswa dapat menjelaskan metode dan alat penilaian bagi anak usia dini
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami materi tentang penilaian pada anak usia dini secara umum dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Evaluasi pada anak usia dini
Pustaka: Fitri, Ruqoyyah. 2018. Evaluasi Pembelajaran di PAUD. Surabaya: UNIPRESS
3%

3

Minggu ke 3

Menyusun Jenis-jenis penilaian untuk asesmen perkembangan anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian time sampling
  2. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian running record
  3. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian event sampling
  4. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian speciment record
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun bermacam-macam teknik penilaian pada anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
2%

4

Minggu ke 4

Menyusun Jenis-jenis penilaian untuk asesmen perkembangan anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian time sampling
  2. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian running record
  3. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian event sampling
  4. Mahasiswa dapat menyusun teknik penilaian speciment record
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun bermacam-macam teknik penilaian pada anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
3%

5

Minggu ke 5

Mengimplementasikan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian unjuk kerja
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian unjuk kerja
  3. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran paud dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
5%

6

Minggu ke 6

Mengimplementasikan penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian unjuk kerja
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian unjuk kerja
  3. Mahasiswa dapat mengimplementasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan teknik penilaian unjuk kerja dalam pembelajaran paud dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
5%

7

Minggu ke 7

Mengimplementasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian sikap
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian sikap
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa mengerjakan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
15%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian sikap
  2. Mahasiswa dalam merancang penilaian dengan teknik penilaian sikap
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian sikap dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Teknik penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
2%

10

Minggu ke 10

Mengimplementasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian proyek
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian proyek
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
3%

11

Minggu ke 11

Mengimplementasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian proyek
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian dengan teknik penilaian proyek
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian proyek dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.
5%

12

Minggu ke 12

Mengimplementasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian portofolio
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian denga teknik penilaian portofolio
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan tekik penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas
5%

13

Minggu ke 13

Mengimplementasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian penilaian portofolio
  2. Mahasiswa dapat merancang penilaian denga teknik penilaian portofolio
  3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan tekik penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga mengaplikasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran di PAUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Suminah, Enah., dkk.. 2015. Pedoman penilaian pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kemendikbud dirjen PAUD Dikmas

Materi: Penilaian pada anak usia dini
Pustaka: Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.
5%

14

Minggu ke 14

Mengaplikasikan penilaian sesuai kurikulum 2013 PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian otentik
  2. Mahasiswa dapat menyusun penilaian dalam pembelajaran anak usia dini (penilaian harian, pekanan, bulanan, semester)
  3. Mahaiswa dapat menyusun laporan penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga menyusun laporan penilaian dalam anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Pembuatan laporan penilaian dalam anak usia dini
Pustaka: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
10%

15

Minggu ke 15

Mengaplikasikan penilaian sesuai kurikulum 2013 PAUD

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian otentik
  2. Mahasiswa dapat menyusun penilaian dalam pembelajaran anak usia dini (penilaian harian, pekanan, bulanan, semester)
  3. Mahaiswa dapat menyusun laporan penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami hingga menyusun laporan penilaian dalam anak usia dini


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan pembelajaran berbasis masalah
2 X 50
Materi: Pembuatan laporan penilaian dalam anak usia dini
Pustaka: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50
Tes sumatif
2 X 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.