|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Berpikir Matematis |
8620602290 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Wiryanto, Neni Mariana, Budiyono, Ika Rahmawati, Delia Indrawati, Vivi Astuti Nurlaily, Ramadhan Kurnia Habibie, Zaenal Abidin
|
Zaenal Abidin
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an. |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-11 |
Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan keterampilan berpikir matematis dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
|
PO - 2 |
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi matematika di Sekolah dasar berdasarkan analisis standar proses keterampilan matematis NCTM.
|
PO - 3 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, mengalisis, mengambil keputusan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan matematika.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah "Keterampilan Berpikir Matematis" dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah matematika secara kritis dan logis. Mata kuliah ini menekankan pada pemahaman konsep dasar matematika serta penerapannya dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik dan strategi berpikir yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematis. Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan analisis mereka dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang membutuhkan keterampilan berpikir matematis yang kuat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schoenfeld, A. H. (2016). Mathematical thinking and problem solving. Oxon: Taylor and Francis_Routledge
- Eligo, U. X. (2017). Understanding emotions in mathematical thinking and learning. Oxford: Academic Press.
- Takahashi, Akihiko & Geoffrey Wake. (2023). The Mathematics Practitioner’s Guidebook for Collaborative Lesson Research. London: Eye On Education.
- Schoenfeld, Alan H. (2016). Mathematical Thinking and Problem Solving. London: Routlodge.
- Krantz, Steven G. (2018). Essential of Mathematical Thinking. USA: CRC Press, Taylor & Francis Group.
- Karloff, Howard. (2023). Matehmatical Thinking: Why Everyone Should Study Math. New York : Birkouser.
- Small, marian. (2017). Teaching Mathematical Thinking : Tasks & Questions to Strengthen Practices and Processes. New York: Teachers College press.
- Liljedahl, Peter. (2020). Building Thinking Classroom in Mathematics. USA: Corwin Press.
|
Pendukung : |
|
- Zambak, Vecihi Sarbay., Ai, Kamei & Kaitlyn, Sorochka. (2023). Noticing Elementary Students’ Mathematical Reasoning and Diverse Needs: Investigating The Impact of Different Noticing Tasks. International Journal of Mathematical Education in Science. https://doi.org/10.1080/0020739X.2022.2150903.
- Herman, T., Akbar, A., Farokhah, L., Febriandi, R., Zahrah, R. F., Febriani, W. D., ... & Abidin, Z. (2024). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Indonesia Emas Group
- Abidin, Z., Herman, T., Wahyudin, W., Turmudi, T., Farokhah, L., Febriandi, R., & Huda, M. M. (2024). Computational Thinking with a Multi-literacy Model Using Interactive PowerPoint Media: An Experiment in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 408- 417.
- Djam’an, N., Mariana, N., & Simanjorang, M. M. (2023). Trends in Mathematics Education Research in Indonesia. Asian Research in Mathematics Education: Mapping the Field, 163-175.
- Dewi, I. S., Mariana, N., & Ekawati, R. (2023). Transformasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Dilemma Story Pedagogy. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 566-579
- Wiryanto, W., Rahmawati, I., & Humaira, F. (2024). Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Material on the Characteristics of Two-Dimentional Figures Using the Reog Ponorogo Performance in Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 732-746.
|
Dosen Pengampu
|
Drs. H. Budiyono, S.Pd., M.Pd. Dr. Wiryanto, M.Si. Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd. Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. Vivi Astuti Nurlaily, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi berpikir matematis dan kecakapan matematis |
Mahasiswa mampu membedakan konsep berpikir matematis dan kecakapan matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study
1. Mahasiswa memahami permasalahan terkait perbedaan berpikir matematis dan kecakapan matematis
2. Mahasiswa berdiskusi terkait permasalahan yang diberikan
3. Mahasiswa menemukan konsep berpikir matematis dan kecakapan matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA terkait perbedaan berpikir matematis dan kecakapan matematis
2. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir matematis dan kecakapan matematis Pustaka: Schoenfeld, A. H. (2016). Mathematical thinking and problem solving. Oxon: Taylor and Francis_Routledge |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi konsep number sense |
Mahasiswa mengidentifikasi konsep number sense |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa memahami permasalahan terkait number sense
2. Mahasiswa menemukan konsep number sense 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Number sense Pustaka: Eligo, U. X. (2017). Understanding emotions in mathematical thinking and learning. Oxford: Academic Press. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi konsep berpikir spasial |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep berpikir spasial |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa memahami permasalahan terkait berpikir spasial
2. Mahasiswa menemukan konsep berpikir spasial 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir Spasial Pustaka: Takahashi, Akihiko & Geoffrey Wake. (2023). The Mathematics Practitioner’s Guidebook for Collaborative Lesson Research. London: Eye On Education. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi konsep Problem Solving |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi problem solving di SD |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa diminta memahami perbedaan masalah dan non masalah
2. Mahasiswa diminta memahami perbedaan masalah rutin dan non rutin
3. Mahasiswa menemukan konsep problem solving 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Problem Solving Pustaka: Schoenfeld, Alan H. (2016). Mathematical Thinking and Problem Solving. London: Routlodge. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memilih strategi pemecahan masalah |
Mahasiswa mampu menyebutkan minimal 5 strategi pemecahan masalah matematika |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study
1. Siswa mengkaji macam-macam strategi pemecahan masalah
2. Siwa memilih strategi pemecahan masalah yang sesuai dengan sekolah dasar 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa mengerjakan quiz yang ada di SIDIA
2. Mahasiswa menganalisis macam-macam strategi berdasarkan sumber bacaan yang ada di SIDIA
3. Mahasiswa mengerjakan soal dan penjelasan strategi pemecahan masalah di platform di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Strategi Pemecahan Masalah Matematika Pustaka: Krantz, Steven G. (2018). Essential of Mathematical Thinking. USA: CRC Press, Taylor & Francis Group. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi konsep koneksi matematis |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep koneksi matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa mengkaji konsep koneksi matematis
2. Mahasiswa menemukan konsep dan indikator koneksi matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Koneksi matematis Pustaka: Karloff, Howard. (2023). Matehmatical Thinking: Why Everyone Should Study Math. New York : Birkouser. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi konsep penalaran matematis |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menalaah konsep penalaraan matematis
2. Mahasiswa menemukan konsep dan indikator penalaran matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Penalaran matematis Pustaka: Small, marian. (2017). Teaching Mathematical Thinking : Tasks & Questions to Strengthen Practices and Processes. New York: Teachers College press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa mampu menjawab soal dengan baik dan benar |
Kriteria:
Tes tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 100 menit |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi konsep reprentasi matematis |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep representasi matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep representasi matematis
2. Mahasiswa menemukan konsep dan indikator representasi matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Representasi matematis Pustaka: Zambak, Vecihi Sarbay., Ai, Kamei & Kaitlyn, Sorochka. (2023). Noticing Elementary Students’ Mathematical Reasoning and Diverse Needs: Investigating The Impact of Different Noticing Tasks. International Journal of Mathematical Education in Science. https://doi.org/.... |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi konsep komunikasi matematis |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep komunikasi matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep komunikasi matematis
2. Mahasiswa menemukan konsep dan indikator komunikasi matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Komunikasi matematis Pustaka: Liljedahl, Peter. (2020). Building Thinking Classroom in Mathematics. USA: Corwin Press. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentifikasi berpikir kreatif dalam matematika |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep representasi matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep berpikir kreatif dalam matematika
2. Mahasiswa menemukan indikator berpikir kreatif matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir kreatif matematis Pustaka: Abidin, Z., Herman, T., Wahyudin, W., Turmudi, T., Farokhah, L., Febriandi, R., & Huda, M. M. (2024). Computational Thinking with a Multi-literacy Model Using Interactive PowerPoint Media: An Experiment in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 408- 417. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mengidentifikasi konsep berpikir kritis matematis |
Mahasiswa mampu menyebutkan konsep berpikir kritis matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep berpikir kritis dalam matematika
2. Mahasiswa menemukan indikator berpikir kritis matematis 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir kritis matematis Pustaka: Djam’an, N., Mariana, N., & Simanjorang, M. M. (2023). Trends in Mathematics Education Research in Indonesia. Asian Research in Mathematics Education: Mapping the Field, 163-175. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentifikasi literasi matematis |
Mahasiswa mampu memaparkan konsep literasi matematis |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah perbedaan literasi matematis dan numerasi
2. Mahasiswa menemukan konsep literasi matematis dan indikatornya 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Literasi Matematis Pustaka: Dewi, I. S., Mariana, N., & Ekawati, R. (2023). Transformasi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Dilemma Story Pedagogy. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 566-579 |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mengidentifikasi berpikir aljabar |
Mahasiswa mampu memaparkan konsep berpikir aljabar |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep berpikir aljabar
2. Mahasiswa menemukan indikator berpikir aljabar 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir Aljabar Pustaka: Wiryanto, W., Rahmawati, I., & Humaira, F. (2024). Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Material on the Characteristics of Two-Dimentional Figures Using the Reog Ponorogo Performance in Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 732-746. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengidentifikasi konsep berpikir komputasi |
Mahasiswa mampu memaparkan konsep berpikir komputasi |
Kriteria:
Tes dan non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
1. Mahasiswa menelaah konsep berpikir komputasi
2. Mahasiswa menemukan indikator berpikir komputasi 2 x 50 menit |
1. Mahasiswa membaca bahan ajar yang diberikan pada platform SIDIA
2. Mahasiswa berdiskusi melalui platform SIDIA
3. Mahasiswa menuliskan pendapat dalam 250 kata terkait materi dan disimpan di SIDIA 2 x 50 menit |
Materi: Berpikir Komputasi Pustaka: Abidin, Z., Herman, T., Wahyudin, W., Turmudi, T., Farokhah, L., Febriandi, R., & Huda, M. M. (2024). Computational Thinking with a Multi-literacy Model Using Interactive PowerPoint Media: An Experiment in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 408- 417. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal dengan benar |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 100 menit |
|
|
20% |