Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Makro Lanjut

8700303003

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK 1 CLO 1 Mahasiswa mampu menafsirkan dan mengkritik teori dan konsep ekonomi makro. CPMK 2 CLO 2 Mahasiswa mampu menghubungkan kondisi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional serta aplikasinya dengan isu-isu dan riset terhadap kesajahteraan masyarakat. CPMK 3 CLO 3 Mahasiswa mampu menganalisis siklus bisnis dan penerapannya pada perekonomian global terhadap isu-isu dan riset terkini yang ada dalam masyarakat. CPMK 4 CLO 4 Mahasiswa mampu mengelaborasi berbagai konsep kebijakan moneter dan fiscal serta ketidak-stabilan keuangan dan inflasi, dalam aplikasinya dengan isu-isu dan riset terkini yang ada dalam masyarakat

PO - 2

Menguasai konsep-konsep berkembangan ekonomi makro modern.

PO - 3

Menguasai perkembangan teori-teori ekonomi makro modern.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ekonomi makro lanjut dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep, teori-teori, dan masalah-masalah penting dalam ekonomi makro modern. Deskripsi yang lebih rinci dari matakuliah Ekonomi Makro Lanjut ini tentang Teori Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Nasional, Teori Siklus Bisnis, Kebijakan Moneter dan Fiskal, Ketidakstabilan Keuangan, Ekonomi Global, Analisis Empiris. Mata kuliah ekonomi makro lanjut ini cocok untuk mahasiswa yang tertarik pada studi akademis atau karier di bidang ekonomi, keuangan, atau kebijakan publik.

Pustaka

Utama :

  1. Athur, OS, Steven Sheffrin and Peres. (2022). Macroeconomics: Principles, Applications, and Tools. California: Pentice Hill, Inc.
  2. Romer, David. (2001). Advanced Macroeconomics, New York: McGraw Hill, 651p
  3. Mankiw, N. Gregory. 2010. Macroeconomics. New York: Seventh Edition, Worth Publishers.
  4. Blanchard, Olivier & Johnson, David R. (2017). Macroeconomics, Houston: Pearson Education Inc.
  5. Tanjung, Hendri & Siregar, Hermanto (2012), Macroeconomics: An Evolutionary Approach. Bogor: IPB Press.
  6. Sri Mulyani & Rizal Ramli ( 2021). Ekonomi Makro Lanjut. Jakarta: LP3M UI.

Pendukung :

  1. 1. Jordi, Gali (2020). Monetary Policy, Inflation, and the Business Cycle: An Introduction to the New Keynesian Framework and Its Applications (Edisi ke-2, 2020)
  2. 2. Froyen, Richard T. (2013). Macroeconomics, Theories and Policies. 10thEdition. Kendallville: Pearson, USA
  3. 3. Subroto, WT & Baidlowi. (2022). Does Funding Decentralization Can Influence The Local Economic Growth? Iranian Economic Review. 26(2): 311-323. DOI: 10.22059/IER.2020.77978.
  4. 4. Soejoto, Ady, Subroto, WT. Suyanto. (2015). Fiscal Decentralization Policy in Promoting Indonesia Human Development. International Journal of Economics and Financial Issues, 2015, 5(3), 763-771.
  5. 5. Subroto, WT. (2015). Learning Innovation for for Macroeconomic Course in Economic Education. International Journal Business Economics Research. Vol. 13, No. 4, (2015): 1517-1524.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.

Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Luring / offline

0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.