Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Studio Kayu

9020102121

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

6 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fathoni Setiawan, S.Pd., M.Pd.




Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd.




Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-9

Merancang dan menciptakan karya seni rupa dengan menerapkan prinsip-prinsip penciptaan, metode, serta eksplorasi teknis dan medium yang berbasis riset dan teruji secara teoritis

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengetahui dan memahami ragam dan jenis karya seni/kriya kayu

PO - 2

Memahami dan menjalankan keselamatan serta kesehatan kerja saat mengerjakan proyek dengan bahan dan media kayu.

PO - 3

Mengidentifikasi berbagai jenis kayu dan memilih kayu yang sesuai untuk berbagai jenis proyek seni dan desain.

PO - 4

Menguasai teknik dasar pengolahan kayu, termasuk pemotongan, penghalusan, pengukiran, dan finishing.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Studio Kayu memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pengetahuan hingga praktik kerja untuk pengolahan kayu sebagai media seni/kriya. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik dasar pengolahan kayu, pengenalan alat-alat pengolahan kayu, pemilihan bahan kayu yang tepat, serta penerapan dalam proyek seni/kriya dengan bahan/media kayu. Mata kuliah ini juga mengajarkan pentingnya keselamatan kerja di dalam studio kayu.

Pustaka

Utama :

  1. Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
  2. Korn, Peter. Woodworking Basics: Mastering the Essentials of Craftsmanship. Taunton Press, 2003.
  3. Bird, Lonnie. The Woodworker's Guide to Veneering & Inlay. Taunton Press, 2000.
  4. Jackson, Albert, David Day, dan Simon Jennings. The Complete Manual of Woodworking. Knopf, 1996.
  5. Bruce, Hoadley. Understanding Wood: A Craftsman's Guide to Wood Technology. Taunton Press, 2000.
  6. Burr, William. The New Best of Fine Woodworking: Woodshop Specialities. Taunton Press, 2001.
  7. Dodong Budianto A. 1996. Mesin Tangan Industri Kayu. Semarang; Kanisius.

Pendukung :

  1. Dumanouw. 2001. Mengenal Kayu . Semarang; Kanisius.

Dosen Pengampu

Fathoni Setiawan, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui dan mampu mengidentifikasi ragam dan jenis karya seni/kriya kayu baik 2 dimensi maupun 3 dimensi

Mampu mendeskripsikan dan mampu mengidentifikasi ragam seni dengan media kayu

Kriteria:

Pengetahuan dan kesesuaian dengan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
2x50

Materi: Pengetahuan tentang seni kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

2

Minggu ke 2

Memahami jenis, sifat, dan kualitas kayu memahami ornament motif tradisional

  1. Dapat mendiskripsikan jenis-jenis kayu
  2. Dapat menjelaskan sifat sifat kayu
  3. Dapat menjelaskan kualitas kayu dapat menjelaskan ornament motif tradisi dan menentukan desain yang dipilih masing-masing
Kriteria:

hasil identifikasi dan persiapan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, melihat contoh-contoh kayu, case study tentang Ornament
2 x 50

Materi: jenis, sifat, dan kualitas kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

3

Minggu ke 3

menggambar desain seni/kriya kayu

menyiapkan papan kayu medium ketebalan 2cm, lebar 20 cm, daan panjang 30 cm. dapat menjelaskan ornament motif tradisi dan menentukan desain yang dipilih masing-masing

Kriteria:

kesesuaian desain motif pada media kayu yang akan digunakan kerumitan desain konsep karya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktik menggambar desain karya
seni kayu
2 x 50

Materi: Desain kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

4

Minggu ke 4

Memahami desain kriya kayu dua dimensi memahami ornament motif tradisional penajaman pahan dan persiapan alat-alat sesuai karakteristik kayu yang disiapkan

menyiapkan papan kayu medium kriya ketebalan 2cm, lebar 20 cm, dan panjang 30 cm menyiapkan desain ornament motif tradisi yang telah dibuat dan menentukan desain yang dipilih masing-masing menyiapkan peralatan pahat mulai dari penajaman hingga pengecekan mesin gergaji

Kriteria:

desain motif pada kayu papan medium kriya, dan alat pahat siap dan tajam.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
case study tentang desain, papan kayu, Ornament, serta alat pahat.
2 x 50

Materi: ornament motif tradisional
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

5

Minggu ke 5

Mampu Menjelaskan Rancangan, peralatan dan konsep berkarya, serta teknik finishing untuk produk kriya kayu

  1. Presentasi Rancangan, peralatan dan bahan atau material kayu
  2. Dapat menjelaskan jenis bahan dan alat finishing
  3. Dapat menjelaskan teknik finishing dengan bahan politur, melamin, dan cat
  4. Dapat menjelaskan pentingnya finishing untuk kriya kayu
Kriteria:

mahasiswa dapat mempresentasikan dengan tepat terkait rancangan dan konsep karyanya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, case study
2 x 50

Materi: teknik finishing untuk produk seni/kriya kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

6

Minggu ke 6

Mampu Menjelaskan Rancangan, peralatan dan konsep berkarya, serta teknik finishing untuk produk kriya kayu

  1. Presentasi Rancangan, peralatan dan bahan atau material kayu
  2. Dapat menjelaskan jenis bahan dan alat finishing
  3. Dapat menjelaskan teknik finishing dengan bahan politur, melamin, dan cat
  4. Dapat menjelaskan pentingnya finishing untuk kriya kayu
Kriteria:

mahasiswa dapat mempresentasikan dengan tepat terkait rancangan dan konsep karyanya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, case study
2 x 50

Materi: teknik finishing untuk produk seni/kriya kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

7

Minggu ke 7

Mampu Menjelaskan Rancangan, peralatan dan konsep berkarya, serta teknik finishing untuk produk kriya kayu

  1. Presentasi Rancangan, peralatan dan bahan atau material kayu
  2. Dapat menjelaskan jenis bahan dan alat finishing
  3. Dapat menjelaskan teknik finishing dengan bahan politur, melamin, dan cat
  4. Dapat menjelaskan pentingnya finishing untuk kriya kayu
Kriteria:

mahasiswa dapat mempresentasikan dengan tepat terkait rancangan dan konsep karyanya


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, case study
2 x 50

Materi: teknik finishing untuk produk seni/kriya kayu
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

8

Minggu ke 8

UTS

penyajian proses atau perkembangan hasil kerja kriya kayu

Kriteria:

membentuk ornamen tradisional atau klasik pada papan kayu, siap finishing coating


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
presentasi progres dan hasil praktik studio
2 x 50

Materi: materi pertemuan 1 sampai 7
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

9

Minggu ke 9

Mampu menyiapkan bahan papan Kayu atau Balok serta pola desain dan alat pahat

Memilih bahan dengan melihat ukuran dan bentuk kayu sesuai desainnya Alat yang diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan dimensi karya yang akan dibuat

Kriteria:

kesiapan alat, bahan dan desin. metode pembentukan karya kriya kayu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, dan melihat contoh-contoh bahan dan alat
2 x 50

Materi: pola desain dan alat pahat
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menyiapkan bahan papan Kayu atau Balok serta pola desain dan alat pahat

Memilih bahan dengan melihat ukuran dan bentuk kayu sesuai desainnya Alat yang diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan dimensi karya yang akan dibuat

Kriteria:

kesiapan alat, bahan dan desin. metode pembentukan karya kriya kayu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, dan melihat contoh-contoh bahan dan alat
2 x 50

Materi: pola desain dan alat pahat
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

membuat karya kriya kayu berornamen tradisional

Memilih bahan dengan melihat ukuran dan bentuk kayu sesuai desainnya Alat yang diperlukan untuk disesuaikan dengan kebutuhan desain yang dibuat, karya 2D atau 3D

Kriteria:

kesiapan alat, bahan, desain, dan metode pembentukan karya kriya kayu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, case study (diskusi proses membentuk karya dan penggunaan alat)
2 x 50

Materi: Ornamen tradisional
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menyiapkan bahan papan Kayu atau Balok serta pola desain dan alat pahat

praktik berkarya kriya dua dimensi atau tiga dimensi

Kriteria:

penguasaan bahan dan alat, pada karya masing-masing


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
project based learning membentuk karya berornamen tradisional
2 x 50

Materi: pola desain dan alat pahat
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

13

Minggu ke 13

membuat karya seni/kriya kayu berornamen tradisional

praktik berkarya kriya dua dimensi atau tiga dimensi

Kriteria:

penguasaan bahan dan alat, pada karya masing-masing


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
project based learning membuat karya ukir kriya kayu
2 x 50

Materi: seni/kriya kayu berornamen tradisional
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

14

Minggu ke 14

membuat karya seni/kriya kayu berornamen tradisional

praktik berkarya kriya dua dimensi atau tiga dimensi

Kriteria:

penguasaan bahan dan alat, pada karya masing-masing


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
project based learning membuat karya ukir kriya kayu
2 x 50

Materi: seni/kriya kayu berornamen tradisional
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

membuat karya seni/kriya kayu berornamen tradisional

praktik berkarya kriya dua dimensi atau tiga dimensi

Kriteria:

penguasaan bahan dan alat, pada karya masing-masing


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
project based learning membuat karya ukir kriya kayu
2 x 50

Materi: seni/kriya kayu berornamen tradisional
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
5%

16

Minggu ke 16

UAS

menjelaskan hasil karya kriya kayu yang dibuat berdasarkan teknik dan konsep pembuatan

Kriteria:

kesesuaikan desain dan hasil karya yang dibuat hasil finishing kesesuaian presentasi dengan konsep yang telah dibuat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
2 x 50

Materi: materi pertemuan 9 sampai 15
Pustaka: Sulbi Prabowo. 2002. Keraj inan Kayu. Surabaya
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4.17%
3. Penilaian Portofolio 4.17%
4. Penilaian Praktikum 10%
5. Praktik / Unjuk Kerja 77.5%
6. Tes 1.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.