Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Aquatic

8520203682

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes




Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merancang, menyusun dan mengaplikasikan Program latihan renang dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mempresentasikannya dg sikap bertanggungjawab.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-7PLO-8
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas tentang prosedur penyusunan program latihan mikro dan macro pada program latihan renang dan selam. mahasiswa diberikan kesempatan dalam memahami dan praktre

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, Tudor O. 2015. Conditioning Young Athletes. United States. Human Kinetics.
  2. Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
  3. Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
  4. Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si.

Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.

Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air

  1. Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
  2. Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
Kriteria:

Sesuai penilaian yang ada di UNESA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, ceramah dan praktek
4 X 50

Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
4%

2

Minggu ke 2

Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air

  1. Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
  2. Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
Kriteria:

Sesuai penilaian yang ada di UNESA


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, ceramah dan praktek
4 X 50

Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
4%

3

Minggu ke 3

pemahaman konsep tujuan dan manfaat periodesasi latihan

  1. memahami pengertian periodesasi latihan
  2. memahami konsep tujuan pembuatan periodesasi latihan
  3. memahami manfaat periodesasi latihan
Kriteria:

TES DAN PRAKTEK


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Observasi dan diskusi
4 X 50

Materi: konsep penyusunan periodesasi latihan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

4

Minggu ke 4

Pemahaman konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor

Mampu memahami konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor

Kriteria:

presentasi dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi presentasio bservasi
4 X 50

Materi: konsep penyusunan program latihan gerak
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.

Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang
Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air

Mampu membuat periodesasi tahunan

Kriteria:

presentasi dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi presentasi observasi
4 X 50

Materi: konsep penyusunan program latihan gerak
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.

Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang
Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
6%

6

Minggu ke 6

Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air

Mampu membuat periodesasi tahunan

Kriteria:

presentasi dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Diskusi presentasi observasi
4 X 50

Materi: konsep penyusunan program latihan gerak
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.

Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang
Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor

Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor

Kriteria:

sesuai kriteria yang ditetapkan unesa


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
diskusi dan praktek
4 X 50

Materi: pembelajaran motorik atlet renang
Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd
5%

8

Minggu ke 8

Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor

Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor

Kriteria:

sesuai kriteria yang ditetapkan unesa


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
4 X 50

Materi: periodesasi
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
9%

9

Minggu ke 9

Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor

mahasiswa dapat mengembangkan dan membuat program peningkatan biomotor atlet renang

Kriteria:

sesuai kriteria unesa


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah dan praktek
4 X 50

Materi: latihan motorik atlet renanfg
Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami teori periode transisi pada program latihan renang

  1. Menjelaskan pengertian periode transisi
  2. Menjelaskan evaluasi hasil pertandingan dari hasil pertandingan renang kualifikasi dan langsung
  3. Menjelaskan rekaveri usai pertandaingan pada tiap seri yang diikuti
Kriteria:

sesuai dengan kriteria unesa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
diskusi
4 X 50

Materi: teori periode transisi pada program latihan renang
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan menyusun program latihan harian dan sesi latihan.

  1. Menjelaskan penyusunan program satu hari.
  2. Menjelaskan penyusunan program latihan harian.
  3. Menjelaskan penyusunan program sesi latihan.
Kriteria:

praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi praktek
4 X 50

Materi: program latihan harian dan sesi latihan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami dan menyusun program latihan mingguan.

  1. Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan.
  2. Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan satu puncak.
  3. Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan dua puncak.
  4. Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan tiga puncak.
Kriteria:

diskusi dan praktei


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Praktek
4 X 50

Materi: program latihan mingguan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
7%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan menyusun program latihan bulanan.

  1. Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan.
  2. Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan dua minggu.
  3. Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan tiga minggu.
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria Penilaian Unesa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi praktek
4 X 50

Materi: program latihan bulanan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan.

Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan.

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi praktek
4 X 50

Materi: program latihan tahunan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan.

Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan.

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi praktek
4 X 50

Materi: program latihan tahunan
Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
5%

16

Minggu ke 16

Menyelesaikan ujian dengan memahami dan mampu menyusun program latihan sesuai materi 1-15

Lulus Ujian matakuliah

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
UJIAN UAS
4 X 50

Materi: peeiodesasi
Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 13.41%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56.41%
3. Penilaian Portofolio 5.58%
4. Penilaian Praktikum 1.67%
5. Praktik / Unjuk Kerja 5%
6. Tes 17.92%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.