|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Aquatic |
8520203682 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merancang, menyusun dan mengaplikasikan Program latihan renang dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mempresentasikannya dg sikap bertanggungjawab.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas tentang prosedur penyusunan program latihan mikro dan macro pada program latihan renang dan selam. mahasiswa diberikan kesempatan dalam memahami dan praktre |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bompa, Tudor O. 2015. Conditioning Young Athletes. United States. Human Kinetics.
- Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
- Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
- Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air |
- Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
- Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
|
Kriteria:
Sesuai penilaian yang ada di UNESA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air |
- Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
- Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
|
Kriteria:
Sesuai penilaian yang ada di UNESA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
pemahaman konsep tujuan dan manfaat periodesasi latihan |
- memahami pengertian periodesasi latihan
- memahami konsep tujuan pembuatan periodesasi latihan
- memahami manfaat periodesasi latihan
|
Kriteria:
TES DAN PRAKTEK Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Observasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan periodesasi latihan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor |
Mampu memahami konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi presentasio bservasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air |
Mampu membuat periodesasi tahunan |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi presentasi observasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air |
Mampu membuat periodesasi tahunan |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi presentasi observasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor |
Kriteria:
sesuai kriteria yang ditetapkan unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: pembelajaran motorik atlet renang Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor |
Kriteria:
sesuai kriteria yang ditetapkan unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 4 X 50 |
|
Materi: periodesasi Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
9% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
mahasiswa dapat mengembangkan dan membuat program peningkatan biomotor atlet renang |
Kriteria:
sesuai kriteria unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: latihan motorik atlet renanfg Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami teori periode transisi pada program latihan renang |
- Menjelaskan pengertian periode transisi
- Menjelaskan evaluasi hasil pertandingan dari hasil pertandingan renang kualifikasi dan langsung
- Menjelaskan rekaveri usai pertandaingan pada tiap seri yang diikuti
|
Kriteria:
sesuai dengan kriteria unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
diskusi 4 X 50 |
|
Materi: teori periode transisi pada program latihan renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan harian dan sesi latihan. |
- Menjelaskan penyusunan program satu hari.
- Menjelaskan penyusunan program latihan harian.
- Menjelaskan penyusunan program sesi latihan.
|
Kriteria:
praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan harian dan sesi latihan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan mingguan. |
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan satu puncak.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan dua puncak.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan tiga puncak.
|
Kriteria:
diskusi dan praktei Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan mingguan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan bulanan. |
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan.
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan dua minggu.
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan tiga minggu.
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria Penilaian Unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan bulanan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan. |
Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan tahunan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan. |
Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan tahunan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menyelesaikan ujian dengan memahami dan mampu menyusun program latihan sesuai materi 1-15 |
Lulus Ujian matakuliah |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UJIAN UAS 4 X 50 |
|
Materi: peeiodesasi Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
20% |