Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Deutsch fuer Anfaenger (A1)

7920606270

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1

Program Objectives (PO)

PO - 1

Keterampilan berbahasa Jerman dalam aspek mendengar, berbicara, membaca, menulis dengan Niveaustufe A1 secara reseptif dan produktif pada tataran komunikasi tulis dan lisan bertema: : 1) Guten Tag!, 2) Freunde, Kollege und ich, 3) In Hamburg, 4) Guten Appetit!, 5) Alltag und Familie, 6) Zeit mit Freunden, 7) Arbeitsalltag, 8) Fit und gesund, 9) Meine Wohnung, 10) Studium und Beruf, dengan ditunjang gramatika, kosakata dan Redemittel, sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari yang membuat mahasiswa dapat beradaptasi dan bekerjasama dengan orang lain.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pembekalan tentang keterampilan berbahasa Jerman dalam aspek mendengar, berbicara, membaca dan menulis dengan Niveaustufe A1 secara reseptif dan produktif pada tataran komunikasi tulis dan lisan bertema: 1) Guten Tag!, 2) Freunde, Kollege und ich, 3) In Hamburg, 4) Guten Appetit!, 5) Alltag und Familie, 6) Zeit mit Freunden, 7) Arbeitsalltag, 8) Fit und gesund, 9) Meine Wohnung, 10) Studium und Beruf, dengan ditunjang gramatika, kosakata dan Redemittel, sehingga mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menumbuhkan sikap menghargai budaya sendiri dan sikap empati terhadap budaya asing yang pada akhirnya mahasiswa memiliki kompetensi humanis. Perkuliahan diselenggarakan secara luring/daring. Penilaian dilakukan melalui keaktifan dalam perkuliahan, tugas terstruktur, UTS dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
  2. Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Pendukung :

  1. Niebisch, Daniela. dkk.2006. Schritte International A1. Berlin : Hueber Verlag.

Dosen Pengampu

Dra. Raden Roro Dyah Woroharsi Parnaningroem, M.Pd.

Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami audio teks yang didengar, berbicara tentang tema yang dibahasmenggunakan kalimat sederhana, memahami teks yang dibaca, menulis kalimat sesuai pola kalimat yang benar di level A1 tentang perkenalan pada tema Guten Tag!

  1. Dapat menulis alfabet yang didengarkan dalam bahasa Jerman.
  2. Dapat menuliskan kata ganti orang yang didengarkan dalam bahasa Jerman.
  3. Dapat menuliskan ungkapan untuk menyatakan salam ketika bertemu teman (formal dan tidak formal) dalam dalam bahasa Jerman.
  4. Dapat menuliskan ungkapan untuk menyatakan salam ketika berpisah dengan teman (formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman
  5. Dapat menyusun teks monolog dan dialog menggunakan elemen-elemen mendasar dalam komunikasi tertulis (kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dalam tema perkenalan.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend
  5. ungenuegend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
300 menit

Materi: Guten Tag
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Guten Tag
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu memperkenalkan diri sendiri secara tertulis menggunakan kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  2. Mahasiswa mampu memperkenalkan orang lain secara tertulis menggunakan kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  1. Mahasiswa mampu menyebutkan identitas diri sendiri, meliputi nama, kota atau negara asal, umur, bahasa yang dikuasai untuk memperkenalkan diri sendiri secara tertulis menggunakan kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif formal dan tidak formal dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan identitas diri seseorang, meliputi nama, kota atau negara asal, umur, bahasa yang dikuasai untuk memperkenalkan orang lain secara tertulis menggunakan kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif formal dan tidak formal dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).Dapat menuliskan kata ganti orang yang didengarkan dalam bahasa Jerman.
  3. Mahasiswa dapat menuliskan ungkapan untuk menyatakan salam dalam email atau pesan singkat di gawai (secara formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman.
  4. Mahasiswa dapat menuliskan ungkapan untuk menyatakan salam penutup dalam email atau pesan singkat di gawai (secara formal dan tidak formal) dalam bahasa Jerman.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend
  5. ungenuegend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: Guten Tag
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Guten Tag
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami kosakata, gramatika, ungkapan komunikatif dalam konteks kegiatan sehari-hari dan hobi bersama teman serta mampu berkomunikasi secara tertulis baik monolog maupun dialog dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).

  1. Mahasiswa dapat menuliskan paling sedikit 10 macam hobi dalam bahasa Jerman dengan benar.
  2. Mahasiswa dapat menuliskan paling sedikit 10 macam kegiatan sehari-hari dalam bahasa Jerman dengan benar.
  3. Mahasiswa dapat menuliskan nama-nama hari dan bulan dalam bahasa Jerman dengan benar.
  4. Mahasiswa dapat menuliskan nama-nama pekerjaan dalam bahasa Jerman dengan benar.
  5. Mahasiswa dapat mengisi bagian yang rumpang dalam formulir tentang identitas diri dan aktifitas sehari-hari atau hobi dalam bahasa Jerman dengan benar.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: Freunde, Kollegen und ich
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Freunde, Kollegen und ich
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara tertulis tentang suatu kota dengan tempat-tempat atau gedung-gedung pentingnya dengan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).

  1. Mahasiswa mampu menuliskan kota Hamburg di Jerman beserta minimal 5 tempat dan gedung penting di kota tersebut dalam bahasa Jerman.
  2. Mahasiswa mampu menulis kalimat untuk menjelaskan kota Hamburg dan satu kota lain beserta tempat-tempat atau gedung-gedung pentingnya dengan gramatika dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan kota Hamburg dan satu kota lain beserta tempat-tempat atau gedung-gedung pentingnya dengan secara tertulis dengan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  4. Mahasiswa mampu berkomunikasi (bertanya dan menjawab) secara tertulis tentang suatu kota dengan tempat-tempat atau gedung-gedung pentingnya dengan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: In Hamburg
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: In Hamburg
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara tertulis dalam tema makanan dan minuman dengan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).

  1. Mahasiswa mampu menuliskan kosakata makanan, minuman khas negara Jerman berbentuk singular dan plural dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara monolog dan dialog tentang makanan kesukaan secara tertulis menggunakan kalimat sederhana dengan gramatika dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara monolog dan dialog tentang kegiatan berbelanja bahan makanan dan minuman secara tertulis menggunakan kalimat sederhana dengan gramatika dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dengan benar.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: Guten Appetit
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Guten Appetit
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara tertulis dalam tema makanan dan minuman dengan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).

  1. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara monolog dan dialog tentang makanan kesukaan secara tertulis menggunakan kalimat sederhana dengan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara monolog dan dialog tentang kegiatan berbelanja bahan makanan dan minuman secara tertulis menggunakan kalimat sederhana dengan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) dengan benar.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: Guten Appetit
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Guten Appetit
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu berkomunikasi secara tertulis dalam tema kegiatan sehari-hari dalam kehidupan keluarga dengan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).

  1. Mahasiswa mampu menuliskan kosakata terkait aktivitas sehari-hari dalam keluarga dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  2. Mahasiswa mampu menuliskan kosakata untuk menyatakan keterangan waktu (jam, hari, bulan, tahun) untuk membuat janji dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  3. Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan komunikatif untuk membuat janji dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
  4. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara tertulis menggunakan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif untuk membuat janji dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1).
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pendekatan Komunikatif menggunakan metode bermain peran, games, tanya jawab, menyimak, praktik memproduksi teks tertulis secara individual atau berkelompok
150 menit

Materi: Alltag und Familie
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.

Materi: Alltag und Familie
Pustaka: Dengler, Stefanie dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Arbeitsbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu membuat teks komunikatif menggunakan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) 2 di antara tema kehidupan sehari-hari, meliputi 1) Perkenalan,2) kegiatan sehari-hari dan hobi, 3) Kota Hamburg, 4) makanan dan minuman, 5) kehidupan sehari-hari dalam keluarga minimal 60% benar untuk menyelesaikan soal dalam UTS.

Mahasiswa mampu membuat teks komunikatif dalam bentuk email menggunakan kosakata, gramatika dan ungkapan komunikatif dalam bahasa Jerman tingkat dasar (A1) 2 di antara tema kehidupan sehari-hari, meliputi 1) Perkenalan,2) kegiatan sehari-hari dan hobi, 3) Kota Hamburg, 4) makanan dan minuman, 5) kehidupan sehari-hari dalam keluarga minimal 60% benar untuk menyelesaikan soal dalam UTS.

Kriteria:
  1. mendapat nilai A jika jawaban benar 90-100%
  2. mendapat nilai A- jika jawaban benar 85-90%
  3. mendapat nilai B jika jawaban benar 75-85%
  4. mendapat nilai B jika jawaban benar 70-75%
  5. mendapat nilai B- jika jawaban benar 65-70%
  6. mendapat nilai C jika jawaban benar 60-65%
  7. mendapat nilai C jika jawaban benar 55-60%
  8. mendapat nilai D jika jawaban benar 50-55%

Bentuk Penilaian :
Tes
menyelesaikan soal secara tertulis secara individual
150 menit

Materi: Lektion 1-6
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
20%

9

Minggu ke 9

Memahami wacana tentang pekerjaan sehari-hari dalam tema Arbeitsalltag.

  1. Dapat menuliskan pekerjaan sehari-hari dari seseorang.
  2. Dapat menggambarkan urutan kegiatan dengan benar.
  3. Dapat membalas surat secara tertulis.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif, pendekatan komunikatif, bermain peran, tanya jawab
2 X 50

Materi: Arbeitsalltag
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
3%

10

Minggu ke 10

Memahami wacana tentang kesehatan dalam tema Fit und gesund

  1. Dapat menuliskan nama-nama bagian tubuh dalam bahasa Jerman dengan benar.
  2. Dapat menuliskan kembali instruksi dalam bahasa Jerman dengan benar.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
150 menit

Materi: Meine Wohnung
Pustaka:

Materi: Meine Wohnung
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2022. Netzwerk neu A1 Kursbuch. Stuttgart : Ernst Klett Sprachen.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami wacana tentang kesehatan dalam tema Fit und gesund.

  1. Dapat menuliskan dialog percakapan di dokter.
  2. Dapat menuliskan tips kesehatan dalam bahasa Jerman dengan benar.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
150 menit

Materi: Fit und gesund
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
6%

12

Minggu ke 12

Memahami wacana tentang tempat tinggal dalam tema Meine Wohnung.

  1. Dapat mendeskripsikan tempat tinggal dalam bahasa Jerman dengan benar.
  2. Dapat merencanakan secara tertulis perabot rumah tangga dalam bahasa Jerman.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
150 menit

Materi: Meine Wohnung
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
4%

13

Minggu ke 13

Memahami wacana tentang tempat tinggal dalam tema Meine Wohnung.

  1. Dapat menyatakan secara tertulis hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam menempatkan perabot.
  2. Dapat menulis sebuah teks tentang sebuah tempat tinggal.
Kriteria:

sehr gut (100-90); gut (80-70); befriedigend (70-60); ausreichend (50-40)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
150 menit

Materi: Meine Wohnung
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
6%

14

Minggu ke 14

Memahami wacana tentang studi dan pekerjaan dalam tema Studium und Beruf.

  1. Dapat menggambarkan rutinitas sehari-hari dalam bahasa Jerman.
  2. Dapat menuliskan kalimat menggunakan waktu lampau dalam bahasa Jerman.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
150 menit

Materi: Studium und Beruf
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
4%

15

Minggu ke 15

Memahami wacana tentang studi dan pekerjaan dalam tema Studium und Beruf.

  1. Dapat menceritakan secara tertulis tentang peristiwa pada suatu hari.
  2. Dapat mengisi pada bagian yang rumpang sebuah dialog dalam telefon.
  3. Dapat menulisan lamaran pekerjaan secara sederhana dalam bahasa Jerman.
Kriteria:
  1. sehr gut
  2. gut
  3. befriedigend
  4. ausreichend

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif, pembelajaran langsung, pendekatan komunikatif
2 X 50

Materi: Studium und Beruf
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Dapat menjawab soal UAS

Kriteria:
  1. 100-90: jawaban benar 100%
  2. 89-80: jawaban benar 85%
  3. 79-70: jawaban benar 70%
  4. 69-60: jawaban benar 55%
  5. 59-50: jawaban benar 40%

Bentuk Penilaian :
Tes
Menjawab soal UAS
150 menit

Materi: Lektion 7-10
Pustaka: Dengler, Stefani dkk. 2019. Netzwerk A1 Kursbuch. Berlin : Langenscheidt.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51.5%
2. Penilaian Portofolio 3.5%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.