Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengelolaan Kelompok Bermain

8620702289

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian, hakikat, ruang lingkup kelompok bermain (KB)

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami karakteristik anak kelompok bermain (KB)

PO - 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi prosedur pendirian lembaga kelompok bermain (KB)

PO - 4

Mahasiswa mampu membuat rencana program lembaga kelompok bermain (KB)

PO - 5

Mahasiswa mampu membuat lesson plan pengelolaan lembaga kelompok bermain (KB)

PO - 6

Mahasiswa mampu memahami proses evaluasi program lembaga kelompok bermain (KB)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, hakikat, ruang lingkup, karakteristik anak KB sekaligus memberikan penjelasan tentang proses pendirian lembaga KB, pengelolaan KB, proses pembelajaran KB, dan evaluasi KB. Tujuan dari mata kuliah ini untuk menumbuhkan sikap profesional menjadi pendidik dan pengelola KB. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam perkuliahan menggunakan studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.

Pustaka

Utama :

  1. Gapany, D., Murukun, M., Goveas, J., Dhurrkay, J., Burarrwanga, V., & Page, J. (2022). Empowering aboriginal families as their children’s first teachers of cultural knowledge, languages and identity at galiwin’ku FaFT playgroup. Australasian Journal of Early Childhood, 47(1), 20-31.
  2. Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature.
  3. Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
  4. Meilanda, L., Ramadhanty, N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Kelompok Bermain (Kb). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 316-327.
  5. Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.

Pendukung :

  1. Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.
  2. Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
  3. Heo, S., & Park, J. (2021). Are you satisfied or satiated by the games you play? An empirical study about game play and purchase patterns by genres. Telematics and Informatics, 59, 101550.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain

Mahaiswa dapat menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
Materi: Ruang lingkup kelompok bermain (KB)
Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain

Mahaiswa dapat menjelaskan tentang karakteristik anak usia kelompok bermain

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
Materi: Ruang lingkup kelompok bermain (KB)
Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan proses pendirian lembaga kelompok bermain (KB)

Mahaiswa dapat merinci proses pendirian lembaga kelompok bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pengelolaan pendirian lembaga kelompok bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pendirian lembaga kelompok bermain (KB)

Mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan pendirian lembaga kelompok bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
Materi: Pengelolaan pendirian lembaga kelompok bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang kurikulum kelompok bermain (KB)

Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang kurikulum kelompok bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
Materi: Kurikulum Kelompok Bermain
Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak kelompok bermain (KB)

Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak kelompok bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pembelajaran inovatif di kelompok bermain
Pustaka: Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mengelola lembaga kelompok bermain (KB)

Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mengelola lembaga kelompok bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning.
2 X 50
Materi: Pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga kelompok bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS (Ujian Tengah Semester)

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS (Ujian Tengah Semester)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang sangat baik

Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50
Tes Sumatif
2 X 50
Materi: Pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga kelompok bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Pembelajaran di KB
Pustaka: Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature.

Materi: Kurikulum di KB
Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang pembiayaan dalam mengelola lembaga Kelompok Bermain (KB)

Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang pembiayaan dalam mengelola lembaga Kelompok Bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Standar pembiayaan pengelolaan lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang sarana prasarana satuan lembaga Kelompok Bermain (KB)

Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang sarana prasarana satuan lembaga Kelompok Bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pengelolaan sarana prasarana di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Meilanda, L., Ramadhanty, N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Kelompok Bermain (Kb). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 316-327.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)

Mahasiswa dapat menyusun lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini
Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini
Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini
Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) yang dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi informasi

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini
Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal

Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) yang dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi informasi

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning
2 X 50
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.

Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini
Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.

Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB)
Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS (Ujian Akhir Semester)

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS (Ujian Akhir Semester)

Kriteria:
  1. 1 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang cukup baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang baik
  3. 3 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang sangat baik

Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Sumatif
2 X 50
Tes Sumatif
2 X 50
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.