|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengelolaan Kelompok Bermain |
8620702289 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang pengertian, hakikat, ruang lingkup kelompok bermain (KB)
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami karakteristik anak kelompok bermain (KB)
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi prosedur pendirian lembaga kelompok bermain (KB)
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu membuat rencana program lembaga kelompok bermain (KB)
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu membuat lesson plan pengelolaan lembaga kelompok bermain (KB)
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami proses evaluasi program lembaga kelompok bermain (KB)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, hakikat, ruang lingkup, karakteristik anak KB sekaligus memberikan penjelasan tentang proses pendirian lembaga KB, pengelolaan KB, proses pembelajaran KB, dan evaluasi KB. Tujuan dari mata kuliah ini untuk menumbuhkan sikap profesional menjadi pendidik dan pengelola KB. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam perkuliahan menggunakan studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gapany, D., Murukun, M., Goveas, J., Dhurrkay, J., Burarrwanga, V., & Page, J. (2022). Empowering aboriginal families as their children’s first teachers of cultural knowledge, languages and identity at galiwin’ku FaFT playgroup. Australasian Journal of Early Childhood, 47(1), 20-31.
- Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature.
- Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57.
- Meilanda, L., Ramadhanty, N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Kelompok Bermain (Kb). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 316-327.
- Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7.
|
Pendukung : |
|
- Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.
- Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725.
- Heo, S., & Park, J. (2021). Are you satisfied or satiated by the games you play? An empirical study about game play and purchase patterns by genres. Telematics and Informatics, 59, 101550.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain |
Mahaiswa dapat menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
Materi: Ruang lingkup kelompok bermain (KB) Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pentingnya mata kuliah pengelolaan KB, Ruang lingkup kelompok bermain, Karakteristik anak usia kelompok bermain |
Mahaiswa dapat menjelaskan tentang karakteristik anak usia kelompok bermain |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
Materi: Ruang lingkup kelompok bermain (KB) Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses pendirian lembaga kelompok bermain (KB) |
Mahaiswa dapat merinci proses pendirian lembaga kelompok bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pengelolaan pendirian lembaga kelompok bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pendirian lembaga kelompok bermain (KB) |
Mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan pendirian lembaga kelompok bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
Materi: Pengelolaan pendirian lembaga kelompok bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang kurikulum kelompok bermain (KB) |
Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang kurikulum kelompok bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
Materi: Kurikulum Kelompok Bermain Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak kelompok bermain (KB) |
Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak kelompok bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pembelajaran inovatif di kelompok bermain Pustaka: Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mengelola lembaga kelompok bermain (KB) |
Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang pendidik dan tenaga kependidikan yang mengelola lembaga kelompok bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning. 2 X 50 |
Materi: Pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga kelompok bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS (Ujian Tengah Semester) |
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS (Ujian Tengah Semester) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang baik
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang sangat baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Materi: Pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga kelompok bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Pembelajaran di KB Pustaka: Man, D. M. (2022, January). Reflections on Applying Innovative Project-Based Learning: Shadow Play in OBTL Classroom. In Emerging Technologies for Education: 6th International Symposium, SETE 2021, Zhuhai, China, November 11–12, 2021, Revised Selected Papers (Vol. 13089, p. 150). Springer Nature. Materi: Kurikulum di KB Pustaka: Yuliana, E., & Wulandari, R. (2023). PENGELOLAAN KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01 Juni), 1-7. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang pembiayaan dalam mengelola lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang pembiayaan dalam mengelola lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Standar pembiayaan pengelolaan lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mendiskusikan tentang sarana prasarana satuan lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Mahasiswa dapat mendiskusikan tentang sarana prasarana satuan lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pengelolaan sarana prasarana di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Meilanda, L., Ramadhanty, N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Kelompok Bermain (Kb). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 316-327. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Mahasiswa dapat menyusun lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) yang dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi informasi |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) berdasarkan konteks kearifan lokal |
Mahasiswa dapat menyampaikan hasil penyusunan lesson plan pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) yang dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi informasi |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan sangat baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
studi kasus, ceramah, diskusi grup, dan problem based learning 2 X 50 |
Materi: Pendirian lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Septiani, V. T., Maharani, E., & Zakia, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIRIAN KELOMPOK BERMAIN (KB). JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 46-57. Materi: Karakteristik dan Kebutuhan Anak Usia Dini Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. Materi: Pembelajaran inovatif di lembaga Kelompok Bermain (KB) Pustaka: Wade, B., & Piccinini, T. (2020). Teaching scenario planning in sustainability courses: The creative play method. Journal of Management Education, 44(6), 699-725. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS (Ujian Akhir Semester) |
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UAS (Ujian Akhir Semester) |
Kriteria:
- 1 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang cukup baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang baik
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab soal dengan analisis yang sangat baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Sumatif 2 X 50 |
Tes Sumatif 2 X 50 |
|
5% |