Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Cabor Berkuda

8520204670

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=3

ECTS=6.36

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-6
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mempraktikkan metode-metode pelatihan teknik Karate baik Kihon (teknik dasar), Kata (jurus), Kumite (teknik perkelahian), Ishodori (teknik bela diri praktis). Mempelajari sistem pertandingan karate dan praktik perwasitan. Filosofis Karate-Do pun dalam kajian diskusi. Model –Model dan media pembelajaran peningkatan prestasi saat ini.

Pustaka

Utama :

  1. Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2. Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
  3. Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.
  4. Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
  5. Yulfadinata Afifan dan Wisnu Hari. 2017. Buku Ajar Mahasiswa Beladiri Karate . Surabaya: Unesa University Press.

Pendukung :

  1. Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Dosen Pengampu

Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
25%

2

Minggu ke 2

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

9

Minggu ke 9

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do

- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do

Kriteria:

tugas dan praktek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi
4 X 50

Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran
Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.25%
3. Penilaian Portofolio 6.25%
4. Praktik / Unjuk Kerja 21.25%
5. Tes 6.25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.