|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Cabor Berkuda |
8520204670 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=3 |
ECTS=6.36 |
5 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mempraktikkan metode-metode pelatihan teknik Karate baik Kihon (teknik dasar), Kata (jurus), Kumite (teknik perkelahian), Ishodori (teknik bela diri praktis). Mempelajari sistem pertandingan karate dan praktik perwasitan. Filosofis Karate-Do pun dalam kajian diskusi. Model –Model dan media pembelajaran peningkatan prestasi saat ini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Perry Paul. 1992. Bebas Cidera Karate . Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
- Prayitno Kwat dan P. Rahmadi Guruh. 2007. Karate Kata. Jombang: K-Media.
- Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
- Yulfadinata Afifan dan Wisnu Hari. 2017. Buku Ajar Mahasiswa Beladiri Karate . Surabaya: Unesa University Press.
|
Pendukung : |
|
- Sujito J.B. 2006. Teknik Oyama Karate . Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
25% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengetahui reviu, konsep, dan makna Karate-Do |
- Mampu mereviu makna karate-do - Mengetahui konsep dari karate-do - Mengetahui makna dari karate-do |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah,tanya-jawab dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Pardijono, dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |