Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi S1 Pendidikan Bisnis
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
8721103049
T=3
P=0
ECTS=4.77
0
22 November 2024
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.
Model Pembelajaran
Project Based Learning
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang manajemen berbasis sekolah. supervisi klinis dan memfasilitasi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk Matakuliah Program Pengelolaan Pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku. Mahasiswa dituntut untuk menghasilkan produk berupa Perangkat Pembelajaran Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, dan refleksi
Pustaka
Utama :
Arend, Richard I. 2012. Learning to Teach. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Arend, Richard I. and Kilcher Ann. 2010. Teaching for Student Learning, Becoming an Accomplished Teacher. New York: Taylor & Francis.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Mata Pelajaran TATA NIAGA ATAU MANAJEMEN BISNIS. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar,Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
_______. 2013. Panduan Supervisi Klinis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
_______. 2014. Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan RI.
_______. 2014. Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan RI.
Pendukung :
Dosen Pengampu
Minggu Ke-
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot Penilaian (%)
Indikator
Kriteria & Bentuk
Luring (offline)
Daring (online)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Minggu ke 1
0%
2
Minggu ke 2
0%
3
Minggu ke 3
0%
4
Minggu ke 4
0%
5
Minggu ke 5
0%
6
Minggu ke 6
0%
7
Minggu ke 7
0%
8
Minggu ke 8
0%
9
Minggu ke 9
0%
10
Minggu ke 10
0%
11
Minggu ke 11
0%
12
Minggu ke 12
0%
13
Minggu ke 13
0%
14
Minggu ke 14
0%
15
Minggu ke 15
0%
16
Minggu ke 16
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
No
Evaluasi
Persentase
0%
Catatan
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.